banner-detik
EDUCATION

5 Rekomendasi Sekolah Bulu Tangkis untuk Anak di Indonesia

author

Dhevita Wulandari19 Jun 2022

5 Rekomendasi Sekolah Bulu Tangkis untuk Anak di Indonesia

Banyak mencetak atlet berbakat, berikut ini beberapa rekomendasi sekolah bulu tangkis di Indonesia yang cocok untuk si kecil yang ingin jadi atlet sukses.

Indonesia Open 2022 sedang berlangsung dan banyak menyita perhatian para pecinta bulu tangkis. Bulu tangkis atau yang juga dikenal dengan sebutan badminton adalah salah satu cabang olahraga yang menjanjikan yang bisa mengirimkan para atletnya ke dalam kompetisi tingkat nasional hingga internasional.

Melihat kesuksesan para atlet badminton yang banyak membawa prestasi dan mengharumkan nama Indonesia, tak jarang banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk mengikuti kursus atau sekolah bulu tangkis.

Di Indonesia, ada banyak sekolah bulu tangkis yang dengan prestasi baik. Jika Mommies berencana memasukkan anak ke sekolah bulu tangkis atau anak memang memiliki minat dan bakat dalam olahraga yang satu ini, beberapa rekomendasi sekolah bulu tangkis ini bisa menjadi pilihan.

PB Djarum

Memiliki visi dan misi untuk mengharumkan nama bangsa dan menjadi klub terbaik yang penuh dengan pemain-pemain bulu tangkis top dunia asal Indonesia, PB Djarum adalah salah satu sekolah bulu tangkis yang banyak diminati. Sejak dibangun pada 2006, PB Djarum memiliki gedung olahraga dengan 16 lapangan yang dilengkapi tribun penonton, asrama putra dan putri, serta bangunan penunjang lainnya. 

PB Djarum juga memiliki program beasiswa untuk kategori U-11 (8-10 tahun) dan U-13 (11-12 tahun). Program ini tentu memiliki tahapan seleksi meliputi faktor umur, tinggi badan, bakat, kemampuan intelektual, keseimbangan psikologisnya, kemampuan teknik dasar, serta sejauh mana dukungan diperoleh dari orangtua. 

Untuk pemain yang tidak mengikuti beasiswa kebanyakan berusia SD hingga SMA dan terdapat biaya yang harus dikeluarkan. Rincian biaya tidak terlampir di website, sehingga orang tua bisa langsung mengunjungi sekolah yang terletak di Jakarta, Kudus, cabang sekolah lainnya, atau klik di sini

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Les Renang Anak dan Kisaran Biayanya

Taufik Hidayat Arena (THA)

Siapa yang tak kenal namanya, Taufik Hidayat merupakan salah satu atlet bulu tangkis yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Ternyata, mantan atlet yang satu ini juga membangun sekolah bulu tangkis miliknya sendiri.

Terletak di Jakarta dengan nama SGS PLN THA, fasilitas yang dimiliki lengkap dan sudah berstandar internasional. Untuk program yang ditawarkan cukup beragam, ada Regular Class, Professional Class, dan Premium Package. Namun biasanya premium diperuntukkan untuk atlet asing. Sayangnya sejak Agustus 2021, THA tutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

Per 2021 lalu, berikut biaya sekolah yang harus dikeluarkan di Taufik Hidayat Arena.

  • Biaya pendaftaran: Rp100.000
  • SOS PLN THA – Regular Class
    – 4 Sessions (1x a week): Rp500.000
    – 8 Sessions (2x a week): Rp700.000
    – 12 Sessions (3x a week): Rp850.000
    – 16 Sessions (4x a week): Rp1.000.0000
    Latihan Sore (15.00-17.00), Senin s/d Jumat (Rabu libur)
  • SOS PLN THA – Professional Class
    – Rp2.000.000 – Rp4.000.000
    – Fasilita: Latihan pagi (08.00-10.00) dan sore (15.00-17.00), Senin s/d Jumat (Rabu libur)
    – Asrama 3x makan sehari.

SGS PLN Bandung

Sangkuriang Graha Sarana (SGS) menjadi klub bulu tangkis yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdiri sejak 1987, SGS kemudian bekerja sama dengan PLN (Perusahan Listrik Negara) sejak tahun 2004.

SGS PLN banyak membina pemain-pemain muda dengan bakat yang tidak diragukan lagi dan mengharumkan nama Indonesia. Salah satu yang paling sukses adalah Taufik Hidayat, diikuti dengan atlet lainnya seperti Fajar Alfian, Anthony Sinisuka Ginting, dan Richi Puspita Dili.

Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya

Berdiri sejak 1990 di Cengkareng, Jakarta Barat, Sekolah bulu tangkis Dwi Jaya sudah mendidik calon atlet masa depan sejak usia kanak-kanak. Ada empat kelas yang dimiliki, ytaitu Kelas Dasar untuk anak usia di bawah 12 tahun (TK-SD), Kelas Pertama untuk usia dibawah 16 tahun, Kelas Menengah untuk usia di bawah 21 tahun, dan Kelas Umum untuk usia 21 tahun ke atas.

Sekolah bulu tangkis yang satu ini juga melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah di Jakarta. Hal ini bertujuan dengan harapan anak-anak bisa menyalurkan hobinya dalam bulu tangkis dan dilatih oleh para pelatih dari Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya.

PB Tangkas

PB Tangkas juga menjadi sekolah badminton yang menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Di antaranya adalah Liliyana Natsir, Tantowi, Nova Widianto, Hendrawan, dan masih banyak lagi.

Terletak di Jakarta, sekolah badminton yang satu ini sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan sudah mengumpulkan banyak perhargaan dari para atletnya, mulai dari kejuaraan nasional, dunia, hingga Olimpic. 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Les Bahasa Korea untuk Anak dan Dewasa

Cover image: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS