banner-detik
SELF

Pengganti Detergen Konvensional, Ini 4 Rekomendasi Detergen Ramah Lingkungan

author

Dhevita Wulandari14 Jun 2022

Pengganti Detergen Konvensional, Ini 4 Rekomendasi Detergen Ramah Lingkungan

Selain banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan lingkungan hidup, beberapa rekomendasi detergen ramah lingkungan ini juga lebih hemat air dan kantong, lho!

Penggunaan detergen sebagai bahan pembersih sehari-hari memang tidak bisa lepas dan pasti dibutuhkan di setiap rumah. Detergen pada umumnya digunakan untuk mencuci dan menghilangkan kotoran pada pakaian dan alat rumah tangga lainnya. Namun, tahukah Mommies bahwa penggunaan detergen konvensional menjadi salah satu hal yang menyebabkan limbah hasil rumah tangga yang cukup besar di Indonesia. 

Dikutip dari Sustaination, penggunaan detergen konvensional setiap rumah tangga rata-rata sebesar 50 gram/hari. Selain itu, terdapat 720 ton detergen yang digunakan menjadi limbah cair dalam setahun.

Selain berdampak buruk pada lingkungan, detergen juga dapat memicu eutrofikasi dan pencemaran air, mengandung bahan yang sulit terurai, dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berdampak buruk pada kesehatan, hingga kemasan detergen yang tidak ramah lingkungan. Tidak hanya buruk bagi manusia, tapi juga dapat membahayakan kehidupan biota air.

Untuk mencegah hal-hal tersebut semakin memburuk, ada cara yang bisa kita lakukan dari rumah saja yaitu dengan mengganti detergen konvensional dengan detergen eco-friendly atau ramah lingkungan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Skincare Ramah Lingkungan dan Animal Cruelty Free

Detergen ramah lingkungan dapat membantu mengurangi pencemaran air akibat limbah busa yang dihasilkan dari kegiatan mencuci sehari-hari di rumah. Nah, beberapa detergen ramah lingkungan ini bisa jadi solusi pengganti detergen konvensional yang selama ini Mommies gunakan.

Greenwash Detergen

Gambar: HNI

Greenwash Detergen adalah produk detergen ramah lingkungan yang memiliki banyak manfaat. Mengandung Super High Concentrate yang dapat dengan maksimal membersihkan pakaian meski dengan pemakaian takaran yang sedikit dan memiliki Enzymes Technology yang lebih efektif dalam membersihkan noda. 

Selain halal, produk ini juga mengandung Active Oxygen yang dapat membersihkan pakaian hingga ke serat kain. Selain itu, Greenwash Detergen juga dapat mencerahkan warna pakaian, rendah busa, anti karat, mencegah kotoran yang sudah lepas menempel kembali, dan diformulasikan biogradable dengan bahan baku yang eco-friendly karena limbahnya dapat terurai dengan baik di tanah.

Harga: Rp42.000 – Rp50.000 (isi 20 sachet x 25gr)

Dr. Soap Fabric Care Wash Iris Green

Gambar: Dr. Soap

Dr. Siap Fabric Care Wash Iris Green memiliki Color Arrest Technology yang mengandung bahan surfaktan yang berasal dari tumbuhan yang dapat mengurangi risiko kehilangan warna asli pakaian dan membuat pakaian tidak mudah luntur. Sesuai namanya, detergen yang ramah lingkingan ini beraroma Iris Green yang berfungsi sebagai parfum aromatik yang khas untuk memberikan nuansa segar pada pakaian.

Detergen dari Dr. Soap ini sudah melewati tes lab, mendapatkan izin Kemenkes, halal, cruelty free, diformulasikan biodegradable, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, serta packaging yang bisa diisi ulang dan dapat didaur ulang. 

Harga: Rp49.000 (100ml)

PURO Premium Liquid Detergent

Gambar: PURO

Ramah lingkungan, detergen dari PURO diformulasikan biogradable dan bersifat low foam yang sangat kuat mengangkat noda, tidak menghilangkan warna, dan tidak menyebabkan kerut pada pakaian. Sifat low foam dalam detergen ini dapat membantu menghemat penggunaan air dalam membilas.

Tidak hanya itu, PURO Premium Liquid Detergent dapat digunakan pada semua jenis mesin cuci dan juga dapat digunakan untuk mencuci manual. Penggunaannya juga cukup hemat, karena hanya membutuhkan 5ml detergen untuk mencuci 1 kilogram pakaian. 

Harga: Rp89.000 (5 kg / 5 liter)

Purefyl

purefyl detergen ramah lingkungan

Gambar: Purefyl

Purefyl mengandung formula alami yang terbuat dari tumbuhan, mineral, dan air yang tentunya ramah lingkungan dibandingkan detergen konvensional. Meski ramah lingkungan, detergen ini dapat membersihkan dengan maksimal meski dengan sedikit cairan. 

Sebagai detergen ramah lingkungan yang terbuat dari bahan-bahan nabati, detergen ini tidak beracun, serta dapat melindungi kulit dan menghilangkan noda, bau keringat, hingga kotoran yang menempel pada pakaian. Detergen dari Purefyl ini juga aman bagi mereka yang memiliki alergi dan kulit sensitif, serta aman juga untuk anak dan hewan peliharaan.

Harga: Rp115.000 (1.000ml)

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Penginapan yang Ramah Lingkungan untuk Liburan Keluarga

Cover: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan