banner-detik
PARENTING & KIDS

5 Rekomendasi Penginapan yang Ramah Lingkungan untuk Liburan Keluarga

author

Katharina Menge05 Jun 2022

5 Rekomendasi Penginapan yang Ramah Lingkungan untuk Liburan Keluarga

Saat liburan adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan anak pada alam dengan berlibur di penginapan ramah lingkungan. Berikut beberapa rekomendasinya!

Menikmati liburan bersama anak bisa disisipi dengan mengenalkan mereka pada alam lewat kegiatan menginap di penginapan yang ramah lingkungan. Selain menikmati waktu luang tanpa beban pekerjaan, Anda dan keluarga bisa menghirup udara segar serta melakukan berbagai aktivitas yang menjaga bumi.

Mommies Daily pun mengumpulkan beberapa penginapan yang bisa masuk daftar tempat liburan Anda bersama keluarga. Intip di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Tips Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Rekomendasi Penginapan Ramah Lingkungan

1. Omah Lor Projects – Yogyakarta

Penginapannya unik dengan dominasi kayu serta bambu, tanpa AC dan akses langsung ke alam terbuka. Terletak di pinggir sungai, Omah Lor Projects benar-benar menawarkan penginapan dengan konsep yang ramah lingkungan. Makanannya juga serba organik dan sehat, banyak tanaman-tanaman serta binatang berkeliaran, seperti anjing, kucing serta ada ayam.  Di sini juga menawarkan Permaculture Design Course bagi Anda yang berminat.

IG: @Yayasanbringin

 

2. Kabin Kebun – Cisarua, Bandung Barat

Tak hanya aman untuk lingkungan, penginapan ini punya interior yang sangat cantik, disertai taman dan pemandangan gunung yang indah memanjakan mata. Penginapan ini hanya dibuka di akhir pekan untuk keluarga yang mencintai alam dan ingin mencoba menerapkan gaya hidup slow living. Uniknya, tidak ada staff atau ART sehingga semua tamu harus melayani dirinya sendiri, mulai dari memilah sampai, cuci piring, hingga memasak. Rasanya seperti menginap di rumah saudara.

IG: @kabinkebun

penginapan ramah lingkungan

3. Leuweung Geledegan Ecolodge – Ciapus, Bogor

Terletak di kawasan hutan konservasi kaki Gunung Salak, penginapan ala glamping atau lodge ini mengusung konsep bernuansa pegunungan yang asri dan ramah lingkungan. Leuweung Geledegan Ecolodge punya luas sekitar 3,1 hektar dan luas outbound 1 hektar. Liburan keluarga pasti akan sangat menyenangkan dengan kegiatan outdoor yang menantang di tengah alam terbuka yang asri dan indah,

IG: @lge_bogor

4. Lodges Ekologika – Cicurug, Jawa Barat

Lodges Ekologika on Portibi Farm bukan penginapan biasa. Ternyata penginapan ini masuk ke dalam daftar 10 hotel berkelanjutan terbaik yang di kawasan Asia Tenggara. Penginapan ini mengusung bentuk bungalow yang ramah lingkungan karena terbuat dari kayu jati yang didaur ulang. Setiap kamarnya air hujan yang dikumpulkan, tenaga surya, air kelabu yang dapat didaur ulang, dan produk organik dari pertanian sendiri. Semua bahan makanannya juga diambil dari kebun organik yang ada di area penginapan.

IG: @lodgesekologika

penginapan ramah lingkungan

5. Janur Bungalow – Magelang, Jawa Tengah

Selain Lodges Ekologika, satu lagi penginapan ramah lingkungan yang masuk dalam daftar 10 hotel berkelanjutan terbaik yang di kawasan Asia Tenggara adalah Janur Bungalow. Penginapannya terbuat dari kayu bekas yang berasal dari raumah kayu rosewood berusia ratusan tahun. Anda bisa menikmati pemandangan sawah dan pegunungan Menoreh yang indah saat berlibur bersama keluarga.

IG: @janurbungalow

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Kamar Mandi si Kecil Bersih & Ramah Lingkungan

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan