banner-detik
EDUCATION

4 Permainan yang Bisa Meningkatkan Skill Matematika Si Kecil

author

Dhevita Wulandari06 Jun 2022

4 Permainan yang Bisa Meningkatkan Skill Matematika Si Kecil

Tidak hanya menyenangkan, beberapa permainan ini ternyata dapat meningkatkan skill matematika si kecil, lho. Bisa dicoba nih, Mommies!

Sebagai orang tua, bermain dengan anak pasti dilakukan setiap hari. Bukan sekadar menjadi kegiatan menyenangkan bagi si kecil, namun ternyata bermain juga dapat mendatangkan banyak manfaat dan meningkatkan kecerdasan serta perkembangan otak, salah satunya adalah kemampuan berhitung dan matematika.

Dikutip dari Raising Children, berhitung adalah kemampuan untuk mengenali dan menerapkan konsep matematika di semua bidang kehidupan. Keterampilan berhitung ini melibatkan beberapa aspek, mulai dari pemahaman angka, menghitung, memecahkan masalah angka, mengukur, memperkirakan, mengurutkan, memperhatikan pola, hingga menambah dan mengurangi angka.

BACA JUGA: 7 Permainan untuk Tingkatkan Daya Ingat Anak

Ada beberapa permainan seru yang memiliki manfaat dan bisa meningkatkan kemampuan atau skill matematika si kecil. Apa saja?

Tebak angka

Sebelum bisa berhitung, tentunya anak harus dikenalkan dengan angka terlebih dulu. Kemudian ketika anak sudah memahami dan mengenal urutan dan bentuk angka, barulah Mommies bisa ajarkan anak untuk menebak angka. 

Menebak angka bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti dengan gerakan jari tangan, hingga dengan hitung-hitungan mudah yang melibatkan media lain seperti kartu bergambar, menghitung makanan, dan sebagainya. 

Bernyanyi

Anak suka mendengar suara dan menikmati lagu dengan pengulangan, ritme, dan angka. Dengan bernyanyi lagu berhitung seperti “Satu-satu Aku Sayang Ibu”, “Bangun Pagi”, hingga “Balonku Ada Lima”, anak dapat belajar berhitung hingga belajar hal lainnya tanpa terlihat sedang belajar. 

Belajar dengan bernyanyi menurut psikologi dapat membantu anak cepat menyerap sesuatu yang diajarkan, menjadi stimulus yang baik, dapat membantu perkembangan otak anak. Kegiatan berhitung sambil bernyanyi dapat dilakukan tidak hanya saat bermain saja tapi juga pada saat makan, mandi, dan saat berjalan-jalan.

Bermain pasar-pasaran

Kegiatan main peran yang satu ini pada dasarnya disukai banyak anak. Dalam bermain peran, anak cenderung suka meniru cara orang dewasa, salah satunya saat berbelanja ke pasar. Dalam permainan ini, orang tua juga bisa membangun kedekatan dengan anak dengan berperan menjadi penjual atau pembeli.

Lalu sambil bermain, Mommies bisa sembari mengajarkan anak menghitung buah-buahan atau sayuran yang dibeli sambil belajar menghitung uang pembayaran dan kembaliannya.

Bermain ular tangga, ludo, dan monopoli

Bermain ular tangga, ludo, dan monopoli lekat sekali dengan hitung-hitungan dan matematika. Anak secara tidak sadar akan belajar menghitung langkah maju dan mundur sesuai dadu yang keluar, serta menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah, apartemen, atau membayar denda.

Selain belajar berhitung dan memperkuat skill matematikanya, memainkan tiga permainan ini juga dapat mengasah kemampuan menganalisa, membuat dan mengatur strategi agar bisa menang.

BACA JUGA: Matematika Kelas 6 SD, Yakin Masih Bisa Jawab?

Cover: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS