Now Reading
25 Kata Bahasa Korea Beserta Artinya di Drakor, Wajib Tahu

25 Kata Bahasa Korea Beserta Artinya di Drakor, Wajib Tahu

Dhevita Wulandari
bahasa korea

Sering mendengar kata-kata dalam bahasa Korea saat nonton drakor tapi tidak tahu artinya? Cek artinya di sini biar semakin fasih bakor yuk, Mommies!

Bahasa Korea beberapa tahun belakangan semakin banyak diminati. Sepanjang masa pandemi, peminat drakor atau drama Korea menjadi semakin meningkat. Tak heran, semakin banyak pula orang yang sering mengucapkan kata-kata dalam bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari.

Meski sudah cukup familiar dengan kata-kata yang sering disebutkan dalam bahasa Korea, seringkali kita tidak mengerti dan tidak mengetahui artinya. Namun sekarang tidak lagi, dong! Ini beberapa kata dalam bahasa Korea beserta artinya yang Mommies wajib tahu agar semakin jago bahasa Korea.

1. Annyeonghaseyo

Annyeonghaseyo adalah ucapan formal yang memiliki beberapa arti, seperti hai, apa kabar, selamat pagi, selamat siang, selamat malam. Untuk sehari-hari, bisa mengucapkan “Annyeong” saja. Tentunya “Annyeong” digunakan untuk orang yang seusia atau lebih muda, dan tidak boleh digunakan pada orang yang lebih tua karena akan dianggap tidak sopan.

2. Kamsahamnida

Kamsahamnida artinya terima kasih dan merupakan kata formal dan halus.

3. Gomawoyo

Gomawoyo artinya terima kasih. Bedanya dengan Kamsahamnida adalah kata ini biasanya ditujukan untuk merespon atau menjawab orang yang sudah dekat atau akrab. Gomawoyo juga menunjukkan bahwa kita merespon orang lain dengan halus dan sopan. Untuk lebih akrab ke orang yang seusia atau lebih muda bisa gunakan “Gomawo” tanpa “yo”.

4. Jinjja

Jinjja, dibaca Jinca, memiliki arti benarkah atau serius. Kata ini biasanya diucapkan seseorang saat kaget dan terkejut ketika berbicara dengan orang lain. Kata ini juga bisa berarti “beneran” ketika seseorang ingin meyakinkan orang lain dengan apa yang ingin sampaikan. Jinjja juga tidak bisa digunakan sembarangan karena bersifat informal dan tidak sopan jika diucapkan kepada orang yang lebih tua. Untuk orang lebih tua sebaiknya ucapkan “Jinjjayo”.

5. Jeongmal

Jeongmal artinya sungguh atau betulkah. Kata ini kurang sopan jika diucapkan ke yang lebih tua. Sehingga, lebih cocok dikatakan ke orang yang seusia, dekat, dan akrab.

6. Juseyo

Juseyo artinya tolong. Kata ini diucapkan ketika kita meminta bantuan orang lain. Biasanya terdapat imbuhan kata kerja di depannya. Misalnya, “allyeo juseyo” yang artinya tolong beritahu.

7. Saranghaeyo

Kata yang satu ini pasti sudah sering Mommies dengar. Saranghaeyo artinya aku mencintaimu. Saranghaeyo merupakan kata yang sopan dan halus. Untuk orang terdekat dan akrab bisa katakan “Saranghae” saja.

8. Jogiyo

Jogiyo artinya permisi. Umumnya digunakan untuk memanggil seseorang yang kita tidak tahu namanya.

9. Jagiya

Jagiya artinya sayang. Biasanya digunakan untuk memanggil orang yang kita sayangi seperti pacar. Bisa juga untuk sahabat.

10. Jal meokkesseumnida

Jal mokke seumnida artinya terima kasih untuk makanannya. Sering kali diartikan sebagai ucapan “selamat makan”.

BACA JUGA: Berencana Kuliah di Korea? Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

11. Jjangkaman

Jjangkaman artinya sebentar atau tunggu.

12. Ppali

Kata yang satu ini juga sering terdengar saat sedang nonton drama korea. Ppali artinya cepat. Digunakan untuk orang seusia dan akrab. Untuk orang yang lebih tua bisa ucapkan “Ppaliyo”.

13. Omo

Omo artinya astaga. Umumnya diucapkan saat seseorang sedang kaget atau terkejut.

14. Aigo

Aigo artinya aduh. 

15. Chingu

Chingu berarti teman. 

16. Mianhaeyo

Mianhaeyo artinya maaf. Kata ini termasuk informal tapi sopan, namun lebih sopan dan formal dengan mengucapkan “Mianhamnida”. Untuk mengucapkan maaf ke orang seusia dan lebih muda bisa dengan “Mianhae” saja.

17. Eotteokhae

Eotteokhae artinya gimana nih atau bagaimana. 

18. Johta

Johta artinya bagus. Diucapkan ketika suasana hati sedang senang atau ketika melihat sesuatu yang disuka.

19. Ga ja

Ga ja artinya ayo. Biasanya diucapkan ketika mengajak orang lain pergi dari tempat saat ini ke tempat lain.

20. Molla

Molla artinya tidak tahu. Kata ini bersifat informal dan kurang sopan, sehingga hanya bisa diucapkan pada orang seusia atau lebih muda. Untuk lebih sopan dan untuk diucapkan ke orang yang lebih tua bisa dengan mengatakan “Mollayo”.

21. Bogoshipeoyo

Bogoshipeoyo adalah frasa yang memiliki arti aku rindu kamu. Bisa juga diucapkan hanya “Bogoshipeo” saja, namun ditujukan untuk pasangan, anak, teman dekat, orang seusia dan lebih muda.

22. Yeoboseyo

Yeoboseyo artinya halo. Digunakan saat mengangkat atau berbicara di telepon.

23. Andwaeyo

Andwaeyo artinya jangan atau tidak boleh. Termasuk kata yang informal tapi sopan. Untuk orang yang seusia atau lebih muda bisa katakan “Andwae”.

24. Hwaiting

Hwaiting artinya semangat.

25. Joesonghamnida

Joesonghamnida artinya maaf. Kata ini bersifat formal dan sopan.

BACA JUGA: Inspirasi Makeup dan Gaya Rambut Ala Drama Korea yang Bisa Anda Contoh

Featured image: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top