banner-detik
EDUCATION

Berencana Kuliah di Korea? Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

author

Dhevita Wulandari10 Feb 2022

Berencana Kuliah di Korea? Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Ingin kuliah di luar negeri sekaligus merasakan vibe K-Drama? Berikut ini 5 universitas terbaik di Korea Selatan yang bisa dipilih.

Korea Selatan tidak hanya diminati di dunia hiburannya saja dengan K-Pop dan K-Drama yang menjadi ikonnya, namun juga dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2018 lalu, Korea Selatan berada di peringkat ke-7 dengan skor masing-masing 514, 526 dan 519 dalam Membaca, Matematika dan Sains. Jika dibandingkan dengan skor PISA di Indonesia, secara berturut-turut adalah 371, 379, dan 396 untuk Membaca, Matematika, dan Sains. Dengan hasil ini, Indonesia hanya menempati peringkat ke-74 dari 79 negara.

Kebiasaan belajar para siswa yang tekun dan rajin inilah salah satu alasan yang membuat tingginya kualitas pendidikan di Korea Selatan. Jika Mommies atau anak tertarik melanjutkan pendidikan di Negeri Ginseng ini, berikut 5 universitas terbaik di Korea Selatan yang dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022.

BACA JUGA: Gita Putri Damayana: Beasiswa Datang Saat Saya Menjalankan Peran Domestik Sebagai Ibu

1. Seoul National University (SNU)

Seoul National University (SNU)

Sumber gambar: Seoul National University

Untuk Mommies pecinta K-Drama pasti sudah tidak asing lagi dengan universitas yang satu ini. Sering disebut di berbagai drama, SNU adalah universitas yang paling bergengsi dan memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Sesuai namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, yaitu Seoul.

Letak kampus yang strategis dan memiliki banyak kerja sama tingkat internasional, membuat SNU menarik perhatian banyak orang, terutama penggiat edukasi. SNU memiliki 16 perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan 10 sekolah pascasarjana profesional yang menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD. Jaringan alumni SNU juga dikenal sebagai yang terkuat di Korea Selatan, sehingga akan memudahkan perjalanan karir alumni baru di masa depan.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sumber gambar: Study in Korea

KAIST menjadi universitas pertama yang berfokus pada sains dan teknologi. Berdirinya universitas ini disebut sebagai “pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi”. Menariknya lagi, KAIST menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, sehingga penerimaan mahasiswa baru ditentukan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi.

Calon mahasiswa baru dari luar Korea Selatan tidak perlu khawatir, karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST dibawakan dalam Bahasa Inggris. Berada di pusat kota Daejeon, universitas ini sudah menghasilkan berbagai penemuan dalam teknologi.

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

universitas terbaik di korea selatan

Sumber gambar: SKKU

SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam Bahasa Inggris secara penuh. SKKU juga menjadi universitas terbaik ketiga di Korea Selatan dan memiliki 2 kampus di tempat berbeda. Kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, lalu kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

Sudah berdiri sejak era Dinasti Joseon dan menjadi universitas tertua, SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal. Dari kalangan artis ada Song Joong-ki, Cha Eun-woo, dan Krystal Jung.

BACA JUGA: 25 Kursus untuk Ibu Bekerja, Cocok untuk Menambah Daya Saing

4. Yonsei University (Kampus Seoul)

universitas terbaik di korea selatan

Sumber gambar: Namsan Korean Course

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Universitas Yonsei memiliki banyak mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Hal ini membuat universitas mengadakan tiga program khusus yang dapat dipilih oleh para mahasiswa internasional, yaitu Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei

Tidak hanya itu, ada lebih dari 100 klub bagi mahasiswa, atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Universitas Yonsei juga memiliki alumni yang merupakan salah satu tokoh terkenal dan berpengaruh di Korea Selatan, yaitu Park Jin-young, pendiri JYP Entertainment.

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

universitas terbaik di korea selatan

Sumber gambar: Times Higher Education (THE)

Baru diresmikan pada 2019, UNIST menjadi salah satu universitas terbaik di Korea Selatan yang terbilang sangat muda. Terletak di Ulsan yang terkenal sebagai pusat industri Korea Selatan, UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi. Universitas ini memiliki kelas terbanyak di jurusan teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya. 

Seluruh kelas dibawakan dalam Bahasa Inggris, hal ini menjadikan UNIST sebagai satu-satunya universitas yang menerapkan Bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya. 

Meskipun sebagian dari 5 universitas di atas menyampaikan materi perkuliahan dalam Bahasa Inggris, ada baiknya juga calon mahasiswa bisa menguasai Bahasa Korea dasar jika ingin serius menempuh pendidikan di Korea Selatan. Kemampuan dan pemahaman Bahasa Korea ini nantinya akan sangat berguna saat calon mahasiswa harus berinteraksi dengan warga lokal, membaca petunjuk jalan, hingga memahami informasi yang disampaikan dalam Bahasa Korea. 

BACA JUGA: 7 Tempat Les Bahasa Inggris untuk Anak di Jakarta dan Kisaran Biayanya

Selain itu, mempelajari bahasa asing juga dapat memberikan beberapa keuntungan tambahan, seperti peningkatan kemampuan kognitif, perluasan wawasan dan pergaulan, menambah nilai diri, hingga terbukanya kesempatan untuk menambah penghasilan dengan menjadi guru. 

Jika Mommies dan anak tertarik untuk mempelajari Bahasa Korea, coba ikuti kelas yang seru dan asik seperti di “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS” yang berisi live class bersama tutor lokal dan native speaker dari Korea Selatan. Materi belajar yang digunakan diambil dari buku “Learn! KOREAN with BTS” yang dibuat berdasarkan kurikulum yang dikembangkan langsung oleh HYBE EDU. Belajar Bahasa Korea pasti akan menjadi lebih fun. 

Cover image: Photo by Armin Rimoldi on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan