Now Reading
13 Cara Menjaga Payudara Tetap Kencang di Usia 40

13 Cara Menjaga Payudara Tetap Kencang di Usia 40

Berikut cara menjaga payudara tetap kencang ketika memasuki usia 40 tahun. Tenang Mommies, ini bukan operasi plastik.

Ada banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk menjaga payudara tetap kencang di usia memasuki 40 tahun. Mulai dari melakukan perubahan gaya hidup, menjaga postur tubuh, dan rutin olahraga yang fokus pada otot-otot dada untuk membuat bentuk payudara menjadi lebih indah.

Baca juga: Kenali 9 Bentuk Payudara dan Cara Merawatnya

Berikut 13 cara menjaga payudara tetap kencang

Berenang beberapa putaran

Berenanglah beberapa putaran karena olahraga ini oke banget untuk mengencangkan payudara Anda.

Lakukan push-up untuk melatih otot dada dan tubuh bagian atas

Photo by Monika Kabise on Unsplash

Push-up adalah cara mudah untuk meningkatkan daya tahan otot tanpa peralatan tambahan. Saat repetisi terus ditingkatkan, otot-otot di dada dan otot inti Anda akan menguat dan kencang, membuat payudara terangkat. Saat push up, punggung Anda harus lurus. Untuk membentuk otot, Anda bisa mulai melakukan push-up dengan bertumpu pada lutut, kemudian secara bertahap tambah kemampuan dengan melakukan push-up biasa.

Lakukan bench presses dengan beban

Photo by Alora Griffiths on Unsplash

Bench presses adalah gerakan mengangkat beban dalam posisi berbaring menghadap langit-langit, di atas bangku dengan kaki menginjak tanah/ubin. Beban berguna untuk memberikan kekuatan pada otot dada dan bahu, dan mengangkat payudara. Anda bisa menggunakan dumbbell atau bar. Mulailah dengan berbaring telentang di bangku latihan dan pegang beban dengan kedua tangan. Jaga agar punggung tetap rata, dorong beban ke udara. Tarik napas saat Anda menurunkan beban kembali ke dada, dan ulangi prosesnya 10 kali.

Latihan dumbbell-fly tingkat lanjut

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Setelah membentuk otot dengan bench presses, lanjut latihan dumbbell-fly. Ini cara mudah untuk menargetkan otot ekstra dan bisa dilakukan sambil berdiri. Saat mendorong beban ke atas, buang napas, dan rentangkan tangan seperti sayap sampai beban sejajar dengan bahu. Jaga agar lengan tetap lurus, angkat beban ke atas, lalu turunkan beban kembali ke dada. Jangan memulai latihan dengan beban terlalu berat karena pergelangan tangan dapat terkilir.

Latihan meremas bola ukuran kecil

Photo by Shubham Dhage on Unsplash

Tekan bola di antara telapak tangan Anda. Bola harus pas dan nyaman saat ada di antara telapak tangan. Anda berjongkok, lutut ditekuk pada sudut 90 derajat, dengan jari-jari kaki mengarah ke luar.

Tekuk siku dan bawa bola ke dada Anda. Kemudian rentangkan tangan di atas kepala, remas bola dengan kencang sambil secara bersamaan sedikit lebarkan jarak kedua lutut.

Kaki kembali ke posisi jongkok. Kemudian dengan cepat lakukan lompatan kecil dan cepat ke atas saat membawa bola kembali ke dada Anda. Gerakannya hampir seperti pantulan kecil, lalu kembali ke posisi awal.

Baca juga: 10 Makanan Pembesar Payudara, Tidak Ada Salahnya dicoba!

Delapan cara tambahan ini hanya bermanfaat menjaga payudara tetap kencang jika dibarengi dengan berolahraga

Kenakan sports bra saat berolahraga

Photo by bruce mars on Unsplash

Payudara memantul dan meregang setiap kali Anda melompat bahkan melangkah. Jadi, pastikan untuk mengenakan bra olahraga yang pas sebelum jogging. Memilih bra olahraga yang tepat akan mengurangi tekanan pada jaringan payudara dan otot dada.

Ganti bra Anda saat talinya mulai meregang

Ukuran payudara dapat berubah sesuai hormon, fluktuasi berat badan, dan kehamilan. Jadi segera ganti ketika tali mulai merenggang dan kaitnya nggak pas lagi.

Hindari kulit dada terpapar sinar matahari terlalu lama

Berjemur terlalu lama tanpa atasan dan tabir surya, dapat mengeringkan jaringan di sekitar payudara dan menyebabkan payudara kehilangan elastisitasnya.

Punggung tetap lurus dan badan tegak

Photo by Jake Noren on Unsplash

Membiasakan postur tubuh membungkuk akan mengendurkan otot-otot dada dan menyebabkan payudara melorot. Jika terjadi terus menerus, gravitasi secara alami akan mulai menarik payudara ke bawah.

Tidur telentang

Photo by MILAN GAZIEV on Unsplash

Dengan tetap telentang, Anda bisa menjaga kedua payudara lebih kencang, tapi jangan kenakan bra saat tidur karena dapat menyebabkan payudara mengalami kerusakan jangka panjang. Mengenakan bra di malam hari, terutama bra dengan kawat akan mengurangi kemampuan alami payudara mengangkat dirinya.

Hindari turun naik berat badan karena diet yo-yo

Diet yo-yo dapat menyebabkan stretch mark dan kulit kehilangan elastisitasnya. Saat berat badan bertambah, kulit di sekitar payudara meregang. Jika berat badan turun lagi dengan cepat, payudara akan mengendur. Jika kondisi ini berulang akan menyebabkan kulit kehilangan kekenyalannya.

Berhenti merokok untuk meminimalkan peregangan jaringan dan kerusakan kolagen

Nikotin memecah elastin, yang merupakan jaringan ikat elastis di kulit sekitar payudara, dan kolagen, yang bertanggung jawab untuk membuat payudara kencang. Berhenti merokok dapat membalikkan kerusakan yang sudah terjadi pada elastin dan kolagen, sehingga proses mengendur tidak memburuk.

Siram dada dengan air dingin

Air dingin atau bahkan es dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit di sekitar payudara. Setelah selesai mandi dengan air hangat, bilas payudara Anda dengan air dingin.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top