Now Reading
10 Perawatan Rumahan untuk Wajah Glowing di Hari Lebaran

10 Perawatan Rumahan untuk Wajah Glowing di Hari Lebaran

Dhevita Wulandari
glowing di hari lebaran

Ingin glowing di hari lebaran tanpa perawatan ke klinik atau dokter kecantikan? Bisa banget! Ini 10 cara yang bisa Mommies lakukan.

Memiliki wajah yang cantik, bersih, dan glowing di hari penting pasti menjadi keinginan setiap wanita. Untuk mendapatkan wajah glowing tersebut, kebanyakan orang lebih memilih perawatan di klinik kecantikan. Padahal, Mommies juga bisa mendapatkan perawatan di rumah dengan cara yang mudah!

Mengutip dari Healthline, ada 10 gaya hidup yang dapat Mommies terapkan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan dan perawatan kulit hanya dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Memudarkan Bintik Hitam, Sudah Terbukti!

Cara ini juga bisa Mommies lakukan untuk mendapatkan wajah glowing di hari lebaran secara alami. Apa saja?

1. Menenangkan kulit dengan minyak kelapa murni

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Tetapi, tidak semua jenis kulit akan cocok menggunakan minyak kelapa di wajah. Jika Mommies mempunyai alergi, sebaiknya jangan gunakan..

Namun, jika Mommies dapat menerapkannya tanpa iritasi, ada beberapa cara yang dapat digunakan, seperti:

  • Untuk membersihkan riasan wajah atau makeup.
  • Untuk menenangkan skin barrier.
  • Untuk menghasilkan kulit yang terlihat dewy dan sehat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak kelapa adalah pelembab yang baik. Cobalah untuk memijat wajah dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, biarkan meresap selama beberapa menit sebelum dicuci dengan pembersih biasa.

2. Gunakan lidah buaya untuk menjaga kulit tetap kuat dan sehat

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Lidah buaya juga juga mampu menenangkan dan melembapkan tanpa menyumbat pori-pori. Mengaplikasikan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit glowing dengan sehat.

Tidak semua orang bisa menggunakan lidah buaya. Jika Mommies punya kemungkinan alergi terhadap lidah buaya, sebaiknya uji terlebih dulu dengan mengoleskan sedikit di lengan bawah. Apabila tidak ada reaksi dalam 24 jam, maka aman untuk digunakan.

3. Melembabkan dengan benar setelah mencuci muka

Foto: Canva

Untuk mendapatkan kulit glowing dan awet muda, kulit perlu dilembapkan dengan produk yang mengunci kelembapan, meningkatkan penyembuhan, dan memiliki sifat antioksidan. Jangan melakukan eksfoliasi saat kulit terasa kering, dan jangan lewatkan gunakan pelembap hanya karena wajah terasa berminyak.

Mommies dapat mengoleskan pelembap ke kulit saat masih basah setelah mandi atau dari setelah membilas wajah. Hal ini dapat membantu untuk mengunci kelembapan ekstra, daripada harus melakukan cara lain yang lebih kasar untuk membuat wajah terasa halus.

4. Gunakan sunscreen setiap hari

Menggunakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Menjaga kulit terlindung dari sinar UV yang berbahaya juga dapat melindungi kulit dari photoaging, yang merupakan proses penuaan kulit.

Patikan untuk menggunakan sunscreen setiap pagi, bahkan pada hari-hari mendung atau hujan

5. Temukan rutinitas membersihkan wajah yang cocok

Mommies tentu tidak ingin menghilangkan kelembapan kulit dengan terlalu sering mencucinya dan malah membuat pori-pori terlalu banyak memghasilkan minyak.

Mencuci wajah setelah berolahraga dan berkeringat adalah hal pertama yang harus dilakukan di pagi hari dan sebelum tidur biasanya menjadi waktu yang tepat untuk menghasilkan kulit yang sehat.

BACA JUGA: 5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

6. Hindari asap rokok

Ketika kulit terkena asap rokok, wajah akan terkena segala macam racun kimia. Hal ini dapat meningkatkan stres oksidatif ke dalam sel-sel kulit yang bisa menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.

Jika Mommies adalah seorang perokok, sebaiknya pertimbangkan kesehatan kulit Mommies sebagai alasan untuk berhenti.

7. Minum lebih banyak air

Foto: Pressfoto on Freepik

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Sebuah studi pada tahun 2015 menyimpulkan, ada hubungan kuat antara minum lebih banyak air dengan memiliki kulit yang lebih sehat. Setidaknya minum 8 gelas air per hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

8. Makan makanan yang sehat untuk menyehatkan kulit

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran akan meningkatkan vitamin dan antioksidan dalam tubuh. Menurut Mayo Clinic, makan lemak sehat seperti minyak ikan dan menghindari makanan olahan dengan banyak pengawet mungkin memiliki hubungan langsung dengan kulit yang tampak lebih sehat.

9. Konsumsi probiotik

Menurut sebuah studi pada tahun 2014, probiotik dapat berkontribusi selain untuk rambut yang sehat, tapi juga untuk kulit yang glowing. Selain itu,s suplemen probiotik juga dapat meningkatkan sistem imun, memperbaiki pencernaan, serta mengurangi kembung dan peradangan di saluran pencernaan.

10. Persingkat waktu mandi

Uap dan panas dapat membuka pori-pori sekaligus membuang racun. Namun, mengalirkan air panas ke kulit selama lebih dari beberapa menit pada suatu waktu malah dapat menghilangkan minyak alami dari kulit yang akan membuat kulit terlihat lelah dan kusam.

Sehingga, sebaiknya Mommies mengurangi terlalu lama terkena uap dan air panas pada kulit. Mommies juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan suhu air yang dingin di akhir waktu mandi untuk meningkatkan sirkulasi. Hal ini dapat membantu membuat wajah terlihat lebih kencang dan awet muda, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Eye Cream untuk Usia 40-an, di Bawah Rp200 Ribu!

Cover image: Photo by PNW Production on Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top