Now Reading
Sambut Puasa, Ini 5 Peralatan Rumah Tangga untuk Meringankan Beban Ibu Bekerja

Sambut Puasa, Ini 5 Peralatan Rumah Tangga untuk Meringankan Beban Ibu Bekerja

Dhevita Wulandari
peralatan rumah tangga

Pekerjaan rumah akan bertambah karena harus mempersiapkan makanan sahur dan buka puasa? Tenang, ini 5 peralatan rumah tangga yang dapat memudahkan beban Mommies.

Saat bulan puasa, biasanya beban pekerjaan ibu akan bertambah. Misalnya pada ibu bekerja, selain harus bekerja setiap weekdays, mengurus anak yang masih setengah school from home dan setengah PTM, juga harus menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa untuk keluarga.

Tentunya hal ini bukan hanya tugas perempuan saja sebagai istri dan ibu rumah tangga, namun juga laki-laki sebagai suami, kepala keluarga dan juga seorang ayah. Tugas rumah saat bulan puasa nanti setidaknya bisa dibicarakan terlebih dulu antara suami dan istri, agar beban yang ditanggung masing-masing orangnya tidak terlalu berat.

Namun, selain berdiskusi dan berbagai tugas dengan pasangan, ada juga cara lain yang bisa memudahkan pekerjaan rumah tangga untuk meringankan beban ibu bekerja. Salah satunya adalah dengan menggunakan peralatan-peralatan dapur dan rumah yang lebih inovatif, canggih, dan modern, tapi tetap dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa peralatan rumah tangga ini dapat menjadi solusi untuk meringankan beban di saat bulan puasa.

Alat pemotong sayuran

Untuk mempersiapkan makanan sahur dan buka puasa, Mommies tentu perlu menggunakan bahan-bahan seperti sayuran-sayuran yang harus diiris dan dipotong-potong. Alat pemotong sayuran tentu dapat menjadi solusi yang memudahkan dan meringkas waktu.

Dengan satu alat ini, Mommies dapat mengiris, menyimpan, dan memotong bahan-bahan masak seperti wortel, bawang, dan lain-lain. Kotak penyimpanannya biasa memiliki kapasitas yang besar. Waktu memasak juga akan lebih cepat dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga Mommies.

BACA JUGA: Bikin Kue Tanpa Oven dan Mixer? Bisa! Ini 8 Peralatan Wajib Punya

Air fryer

Selain menjadi solusi masak karena harga minyak goreng sedang naik dan lebih mahal daripada biasanya, Mommies juga dapat menggunakan air fryer untuk menggoreng bahan makanan saat sahur dan buka puasa, seperti memasak ayam goreng, kentang goreng, nugget, dan lainnya.

Menggunakan air fryer tentunya dapat memudahkan memasak sambil mengerjakan hal lain ketika menunggu masakan matang dari air fryer. Tentunya, dapat menghasilkan makanan yang lebih sehat tanpa minyak.

Portable juicer

Meminum jus buah untuk sahur dan smoothies untuk berbuka puasa pasti terasa segar. Jika membuatnya dengan menggunakan blender biasa, Mommies perlu membuatnya terlebih dulu, kemudian barulah menuangkannya ke gelas dan meminumnya.

Jika ingin lebih cepat dan praktis, Mommies dapat gunakan portable juicer yang sudah hype beberapa tahun belakangan. Alat ini dapat membuat jus dengan cepat, mudah, dan praktis. Mommies juga tidak perlu repot menuangkan jus ke dalam gelas, karena dapat langsung meminumnya langsung dari gelas portable juicer-nya.

Robot vacuum cleaner

Menjadi salah satu alat yang banyak digemari ibu-ibu, robot vacuum cleaner menjadi salah satu peralatan rumah yang dapat memudahkan pekerjaan Mommies di rumah ketika bulan puasa. Menggunakan robot vacuum cleaner membuat Mommies tidak perlu menyapu mengelilingi seluruh area rumah, sebab alat ini akan mengerjakan semuanya hingga bersih.

Kelebihan lainnya yang tidak sama seperti sapu konvensional, robot vacuum cleaner ini dapat menyedot debu halus dan membersihkan lantai rumah tanpa membuat debu-debu naik dan terhirup.

Ketika robot vacuum cleaner sedang melakukan tugasnya, Mommies bisa melakukan pekerjaan lain atau istirahat sejenak. Nantinya jika alat sapu otomatis ini sudah selesai melakukan tugasnya, ia akan dengan sendirinya kembali ke dock-nya.

Spray mop

Selain menyapu rumah, mengepel lantai rumah juga menjadi pekerjaan rumah yang melelahkan, apalagi di bulan puasa. Jika menggunakan alat pel biasa, Mommies harus berulang kali mencelupkan pel ke dalam ember berisi air yang sudah dicampur dengan cairan pembersih lantai. Tidak hanya menguras tenaga, tapi menggunakan pel model lama ini tentunya menyita waktu lebih.

Berbeda jika Mommies menggunakan alat pel yang sudah memiliki semprotan cairan pembersih lantai seperti spray mop. Tinggal tekan di bagian pegangan pel, air akan otomatis menyemprot ke lantai. Pekerjaan mengepel pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

BACA JUGA: 5 Peralatan Dapur Super Gemas dan Instagramable

Cover image: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top