Now Reading
10 Aplikasi Buat Anak Bikin Konten: Dari Tulisan, Grafis, Video, Sampai Podcast

10 Aplikasi Buat Anak Bikin Konten: Dari Tulisan, Grafis, Video, Sampai Podcast

RachelKaloh

Aplikasi digital yang mendukung anak bikin konten, dari yang berbentuk tulisan, grafis, video, sampai podcast!

Anak-anak jaman sekarang pasti sudah terbiasa dengan computerized tools seperti aplikasi yang digunakan di gadgetnya maupun software yang digunakan di laptop. Bahkan, tidak jarang kemampuan mereka jauh di atas kemampuan kita. Untungnya, sekarang ini makin banyak aplikasi gratis yang dapat anak gunakan buat bikin tugas sekolah. Nggak hanya makalah seperti kita jaman dulu, Mommies, tapi dengan tools sini anak bisa bikin konten sendiri, dari yang bentuknya tulisan, grafis, video, sampai podcast!

  • Canva

Menyediakan ratusan bahkan mungkin ribuan template gratis yang bisa digunakan, dari template content Instagram, presentasi, undangan, poster, sampai CV. Dilengkapi berbagai tools pendukung, seperti elemen grafis, jenis teks (font), dan gambar yang bisa digunakan saat mendesain, semua bisa di-customize sesuai selera. Kalau mau lebih banyak pilihan, tinggal subscribe

  • Book Creator 

“Create. Read. Publish.” Book Creator adalah tools untuk anak membuat cerita, dengan menyusun teks, gambar, audio, bahkan video. Cerita dapat dibuat menjadi sebuat konten yang interaktif. Anak juga bisa mengumpulkan ceritanya menjadi digital portfolios, journals, poetry book, science reports, manuals, comic adventures dan masih banyak lagi. 

  • Go Daddy Studio

Aplikasi ini awalnya bernama Over, hampir mirip dengan Canva, anak-anak bisa mendesain content dengan beragam format. Banyak juga pilihan gambar, font, dan template gratisan yang bisa dipakai. 

Baca juga: 5 Aplikasi Masa Kini untuk Bikin Materi Presentasi

  • Adobe Spark

Aplikasi keluaran Adobe yang dapat digunakan untuk membuat multimedia content, baik untuk social media, undangan, materi marketing seperti logo, flyer, banner, sampai halaman website sendiri. Mudah digunakan dan tools yang tersedia di dalamnya cukup lengkap.

  • MySimpleShow

Aplikasi yang bisa digunakan sebagai alternatif dari PowerPoint. Di mana, anak-anak dapat membuat sebuah video profesional, termasuk menulis skrip video sendiri, mencari gambar yang sesuai, sampai merekam voice over (VO) menggunakan suara mereka sendiri atau menggunakan audio. MySimpleShow juga menyediakan berbagai template edukasi yang umumnya dibutuhkan anak-anak.

  • Storybird

Storybird adalah aplikasi yang menggabungkan creative tools untuk menulis, membaca, dan bercerita dalam latar pendidikan. Anak-anak dapat membuat cerita sendiri layaknya penulis “beneran” dan menghidupkan fantasi mereka.  

Baca juga: Yuma Soerianto, Anak Cerdas Pembuat 9 Aplikasi

  • Padlet

Aplikasi ini dapat digunakan oleh murid maupun guru. Seperti post it board online, anak-anak bisa brainstorming dengan teman-teman sekelasnya, memasukkan ide mereka dalam notes tersebut. Cocok ketika membuat class project di mana guru yang mengumpulkan ide anak-anak kemudian memproses ide tersebut bersama-sama hingga hasil akhir projek tersebut terealisasi.

  • Tellagami

Siap memasuki Meta Universe? Anak-anak bisa latihan dulu dengan menggunakan Tellagami yang dapat menghidupkan pesan. Aplikasi ini menggabungkan antara foto, suara, karakter 3D, sampai kepribadian, untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Kaya kita dulu, Mommies, kalau yang senang main The Sims.

  • Meme Generator

Meme seringkali dianggap sebagai konten yang receh, tapi bukan artinya negatif. Anak-anak bisa membuat meme menjadi sesuatu yang luar biasa, misalnya ringkasan pelajaran yang disusun sedemikian rupa hingga terlihat lucu dan menyenangkan untuk dipelajari. Tools yang satu ini membantu anak untuk membuatnya.

  • Spreaker

Anak Anda senang berbicara dan bercerita? Tools satu ini bisa mereka gunakan untuk membuat podcast. Anak tinggal merekam suara mereka ketika me-review film, games, atau bercerita mengenai pengalaman mereka dan membungkusnya dalam beberapa bagian episode. Anak-anak bisa juga streaming langsung, lho! 

Adakah tools lain yang belum disebutkan di atas? Share di comments, ya, Mommies!

Kids tablet photo created by freepik – www.freepik.com

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top