Now Reading
Jenis Pekerjaan Perempuan di Drakor, Di Sini Ada Nggak, Ya?

Jenis Pekerjaan Perempuan di Drakor, Di Sini Ada Nggak, Ya?

RachelKaloh

Dari hakim, actor trainer, sampai kurir, ini jenis pekerjaan perempuan yang ada di drakor, adakah di sini?

Pecinta drakor, yuk, merapat! Kali ini, saya mau ngebahas deretan pekerjaan perempuan yang diangkat dengan sangat menarik. Yang mana, nih, yang jadi favorit Mommies?

Peneliti Bahan Makanan

Drakor Business Proposal, mengangkat kisah Shin Ha-ri, tim peneliti bahan makanan di perusahaan bernama GO Food (beneran, namanya Go-Food!). Dia punya proposal bisnis yang menurut CEO-nya, sangat menarik dan out of the box.

Kepala Divisi Perkiraan Cuaca 

Forecasting Love and Weather menggambarkan keseharian pegawai BMKG, betapa bahayanya kalau ngasih perkiraan cuaca yang salah ke masyarakat. Sosok Jin Ha Kyung digambarkan sebagai pemimpin perempuan yang kompeten. Meski naik jabatannya karena atasan sebelumnya sakit, Ha Kyung membuktikan bahwa ia memang mampu dan kredibel.

Hakim

Juvenile Justice. Di sini, sosok perempuan yang menjadi hakim (Sim Eun Seok) digambarkan tegas, arogan, bertatapan tajam dan sering mengeluarkan kalimat sarkas. Membuat dirinya ditakuti oleh anak-anak pelaku kriminal. Serial ini menggambarkan bahwa perempuan bisa menduduki posisi tinggi dalam hukum, yakni sebagai hakim. 

Pengacara

Oh My Venus, Lawless Lawyer, Witch’s Court, Judge vs Judge, The Good Wife, Suspicious Partner. Drama-drama ini mengangkat kisah para perempuan yang menjadi pengacara. 

Polisi, Detektif, Intel

Flower of Evil, Vagabond, Designated Survivor 60 Days, Inspector Koo, Police Unversity, The Devil Judge, Voice 4, Catch The Ghost. Drakor-drakor ini mengangkat kisah perempuan yang menjadi polisi, intel, detektif. Masing-masing drama menawarkan cerita yang beragam. Mommies tinggal pilih saja mau nonton kisah siapa duluan. 

Baca juga: 7 Sosok Working Women di Drakor yang Patut Jadi Panutan

Penyiar, Jurnalist, Copywriter

Di Fight for My Way, Choi Ae Ra yang tadinya karyawan department store, berubah profesi menjadi seorang penyiar. Sementara Kang Dan I di Romance is A Bonus Book, tadinya seorang ibu rumah tangga, bercerai dan harus mandiri secara finansial. Tidak ada pilihan selain kerja keras sampai berhasil menjadi copywriter. 

Tim Production House (PH), Script Writer, dan Sutradara

Drakor Be Melodramatic mengisahkan tiga perempuan yang berkecimpung di dunia produksi. Ada yang menjadi sutradara, scriptwriter dan bagian dari tim produksi. Drakor ini juga ngasih lihat proses produksi drama-drama Korea yang selama ini kita tonton. Dari pencarian naskah, diskusi di meja sutradara, presentasi naskah di depan direktur stasiun TV. Mencari tim kreatif, bahkan struggle ketika mencari rumah produksi yang mau diajak kerjasama, sampai perusahaan recording buat bikin soundtrack-nya. Semua dibungkus dengan sangat menarik dalam serial ini.

Act Trainer

Meski kisahnya bikin ambyar, Chan Young adalah pelatih acting yang berjasa bagi para aktor dan calon bintang. Ia melatih para artis-artis muda, nggak hanya untuk menghafal naskah, tapi juga untuk memiliki rasa percaya diri tampil di depan camera. 

Baca juga: Kenapa, Sih, Harus Banget Nonton Drakor 39?

Dokter 

Dari Dae Jang Geum, Descendants of The Sun, Hometown Cha Cha Cha, Hospital Playlist, Dr Romantic, kita bisa melihat sosok dokter perempuan yang menginspirasi. Mulai dari cara mereka meracik obat di jaman Joseon, sampai keseharian di ruang praktik rumah sakit modern.  

Kurir pengantar barang

Bukan drakor baru, sih, tapi Strongest Delivery Man mengangkat kisah para kurir dengan sangat menarik, salah satunya Lee Dan Ah, karakter perempuan yang strong will, mau jadi apa saja selama bisa menghasilkan uang, termasuk menjadi kurur pengantar barang. Ia bahkan nggak punya waktu untuk memikirkan kehidupan asmara saking fokus mencari uang dan menjalani pekerjaannya ini. 

Melihat para perempuan ini bekerja dengan penuh semangat dan ambisi, bisa kita jadikan inspirasi. Kita juga bisa melihat sisi dunia yang sudah menerapkan #BreakTheBias karena memang, #PerempuanBisaBerdaya!

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top