Now Reading
126 Kata-kata Manis untuk Bantu Memompa Semangat Anak

126 Kata-kata Manis untuk Bantu Memompa Semangat Anak

semangat anak

Mommies nggak perlu jadi pujangga untuk bisa merangkai kata penyulut semangat anak-anak. Kami pilihkan kata-kata positif berikut ini untuk membangun dan menyalakan kepercayaan diri mereka!

Kita hidup di dunia yang semakin hari kondisinya nggak bertambah baik, kacau, dan memicu stres. Sedihnya, anak-anak tidak kebal terhadap dampaknya. Tapi kabar baiknya, sebagai orang tua yang penyayang, masih ada yang bisa Anda lakukan untuk memompa semangat anak yang sedang kecil hatinya.

Orang tua dapat mendukung anak-anak dengan cara yang positif, sehingga mereka bisa punya mental yang kuat, percaya diri, dan punya rasa bangga yang sewajarnya terhadap diri sendiri sehingga tidak tergelincir menjadi pribadi yang angkuh. Mommies dapat menggunakan pujian dan kata-kata positif yang membesarkan hati anak tanpa menyanjung. Membuat anak merasa dicintai tanpa membuat mereka menjadi anak egois. Membangun harga dirinya tanpa membuat anak jadi gila pujian. Nah, untuk mempermudah, kami sudah bagi kata-kata untuk membangun semangat anak ke dalam beberapa kelompok.

Katakan Ini untuk Menunjukkan Cinta dan Rasa Percaya

  1. Mama bahagia jadi orangtuamu.
  2. Mama bahagia kamu hadir di hidup kami.
  3. Mama senang dipeluk kamu.
  4. Hidup Mama jadi lebih indah karena ada kamu.
  5. Suara ketawamu unik.
  6. Senyummu itu salah satu hal terbaik yang kamu punya.
  7. Mama bangga sama kamu.
  8. Mama suka kepribadianmu.
  9. Ada di dekatmu itu menyenangkan.
  10. Mama senang ngabisin waktu bareng kamu.
  11. Kamu membawa banyak kesenangan di keluarga kita.
  12. Mama hargai bantuanmu.
  13. Mama suka semua hal tentang kamu.
  14. Mama seneng denger kamu bicara.
  15. Mama sayang kamu.
  16. Kamu cute banget.
  17. Mama suka dengan caramu memandang dunia ini.
  18. Maafin Mama ya.
  19. Kamu tau banget cara bikin Mama ketawa.
  20. Mama ini penggemar beratmu.

BACA JUGA: 7 Film Indonesia Tentang Sekolah yang Bisa Menginspirasi Anak-anak

Katakan Ini untuk Membuat Anak Termotivasi Melakukan yang Terbaik

  1. Percayai instingmu.
  2. Kamu pasti bisa!
  3. Mama tetap percaya kamu, apa pun yang terjadi. 
  4. Mama suka caramu membantu Mama melihat banyak hal dengan cara berbeda.
  5. Ide-idemu kreatif banget.
  6. Mama nggak sabar lihat hasilnya.
  7. Kamu punya semua yang dibutuhkan.
  8. Kamu tahu caranya bekerja keras.
  9. Kamu harus bangga pada dirimu sendiri.
  10. Ini memang sulit, tapi kamu kan anak tangguh.
  11. Nak, hasil ujianmu nggak mengubah perasaan sayang Mama buatmu.
  12. Santai aja dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa.
  13. Yang terbaik dari dirimu, itu yang lebih penting.
  14. Nggak masalah kalau kamu punya pendapat yang beda dari Mama.
  15. Teruskan!
  16. Nggak apa-apa kalau kamu mau take a break dulu.
  17. Kamu bisa kok melakukan apa pun yang kamu mau.
  18. Kalau ini penting untukmu, jangan menyerah!
  19. Jangan lupakan sudah sejauh apa kamu berupaya.
  20. Ini memang sulit, tapi Mama yakin kamu bisa cari solusinya.

Sumber gambar: Unsplash

Katakan Ini untuk Bantu Anak Membangun Rasa Percaya Diri

  1. Merasa takut itu hal yang biasa.
  2. Berani bukan berarti nggak takut. Yang penting, kamu sudah berani mencoba.
  3. Itu pengamatan yang bagus.
  4. Menurutmu gimana?
  5. Kamu anak yang baik hati.
  6. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira.
  7. Bagaimana caramu melakukannyat?
  8. Bagaimana caranya kamu bisa tahu?
  9. Kamu pemimpin yang baik.
  10. Apa yang telah kamu lakukan itu baik dan sangat perhatian. 
  11. Kamu pandai menolong orang.
  12. Kamu cerdas banget.
  13. Terima kasih, Sayang.
  14. Mama suka setiap kali kamu mau cerita ide-idemu ke Mama. 
  15. Kamu sadar nggak betapa luar biasanya kamu?
  16. Mama percaya kamu.
  17. Mama suka caramu berpikir.
  18. Kamu benar.
  19. Kamu adalah contoh yang bagus.
  20. Kamu pandai menemukan hal-hal yang positif.
  21. Apa yang sudah kamu lakukan itu keren!
  22. Mungkin kamu nggak terlalu suka, tapi menurut Mama, kamu keren.
  23. Kamu itu cahaya terang buat orang-orang di sekitarmu.

Katakan Ini untuk Membesarkan Hatinya

  1. Apa yang kamu rasakan itu wajar.
  2. Semua akan baik-baik aja, Sayang.
  3. Sabar ya.
  4. Nggak apa kalau kamu mau nolak.
  5. Mama suka caramu mengatasi ini.
  6. Kita semua kadang merasa khawatir.
  7. Perasaanmu tidak menggambarkan kepribadianmu.
  8. Marah, sedih, kesal, boleh-boleh aja.
  9. Ini pasti sulit buatmu.
  10. Kamu boleh berubah pikiran kalau mau.
  11. Mama tahu ini berat, tapi pasti akan membaik.
  12. Besok adalah hari baru.
  13. Ini bukan akhir segalanya, Sayang.
  14. Selalu ada hal baik yang bisa kamu temukan, kamu cuma perlu mencarinya.
  15. Ada yang bisa Mama bantu?
  16. Mama paham perasaanmu.
  17. Mama ikut sedih, Nak.
  18. Nggak apa kalau kamu berbeda dari teman-temanmu. Kalau semuanya di dunia ini sama, hidup bakal ngebosenin.
  19. Mama bangga karena kamu berani pegang prinsip.
  20. Kapanpun kamu butuh ngobrol, kamu tahu Mama selalu ada buatmu.
  21. Kamu mengatasi ini dengan baik.
  22. Mama tahu ini sulit, tapi Mama percaya kamu bisa mengatasi ini.

Katakan Ini Saat Anak Menghadapi Kesulitan

  1. Jangan menyerah. Upayamu sudah sejauh ini.
  2. Kamu luar biasa.
  3. Mama lihat kok kamu sudah berusaha keras.
  4. Kamu pinter memahami sesuatu.
  5. Kamu selalu bisa mencoba lagi.
  6. Mama bangga sama kamu.
  7. Ini susah tapi kamu bisa. Kerja bagus, Nak!
  8. Mama bangga kamu sudah berani mencoba.
  9. Kamu hampir sampai tujuanmu!
  10. Kamu pasti bisa mengatasinya.
  11. Kamu bikin Mama kagum.
  12. Bagus untukmu.
  13. Betul! Memang seperti itu caranya!
  14. Kamu nggak nyerah dan itu luar biasa.
  15. Kamu nggak harus ahli dalam segala hal.
  16. Jangan terlalu banyak pertimbangan. Lakukan saja!
  17. Apa pun yang terjadi, Mama selalu ada buatmu.
  18. Nggak semua hal bisa berjalan seperti yang kita mau, Nak.
  19. Kamu memang pantang menyerah.
  20. Mama tahu kamu mampu!

Katakan Ini untuk Membantu Perkembangan Pola Pikir Anak

  1. Kamu banyak kemajuan nih.
  2. Mama yakin kamu sangat bersungguh-sungguh mengerjakan ini.
  3. Wow! Bener ini kamu kerjain sendiri? 
  4. Santai aja kalau kamu belum bisa memahami yang Mama maksud.
  5. Kamu itu pandai menyelesaikan masalah.
  6. Kerja kerasmu terbayar sudah, Nak!
  7. Bikin salah itu wajar. Kalau nggak begitu, kita nggak belajar, Nak.
  8. Dicoba aja!
  9. Kamu nggak bakal tahu kalau nggak berani nyoba.
  10. Kamu selalu bisa minta tolong.
  11. Kamu punya sikap yang baik.
  12. Belajar memang nggak gampang, tapi jangan menyerah.
  13. Mama selalu ada buatmu.
  14. Humm, itu pertanyaan cerdas.
  15. Apa pun yang terjadi,  kamu pasti kuat menghadapinya.
  16. Kamu nggak menyerah, bahkan saat keadaan bertambah sulit.
  17. Coba kita lihat, bisa nggak kita urai masalahnya supaya kita tahu harus ambil Langkah apa. 
  18. Jangan khawatir, kamu cuma perlu banyak latihan.
  19. Hei, harus ada yang berani memulai dan kamu berani.
  20. Ketika kamu fokus pada hal positif, bagian yang sulit akan terasa lebih mudah.
  21. Kamu tahu bersyukur dan itu adalah hal yang pantas dibanggakan.

BACA JUGA: 6 Pelajaran yang Bisa Diambil Anak Remaja dari Film Kadet 1947

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top