Now Reading
7 Film Indonesia Tentang Sekolah yang Bisa Menginspirasi Anak-anak

7 Film Indonesia Tentang Sekolah yang Bisa Menginspirasi Anak-anak

Film Indonesia tentang sekolah bisa jadi tontonan anak yang menginspirasi dirinya untuk terus bersemangat mengenyam pendidikan.

Film Indonesia tentang sekolah ada banyak, termasuk yang bisa jadi tontonan mendidik bagi anak-anak usia sekolah dasar. Beragam pelajaran bisa dipetik dari cerita yang disajikan. Mungkin Anda sudah menonton deretan film ini sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya menonton lagi bersama si kecil.

Memberikan tontonan film tentang sekolah sudah menjadi langkah bagus. Akan lebih bagus lagi jika Anda juga hadir untuk mendampinginya. Sehingga Anda bisa membantu menjelaskan alur cerita atau pesan yang disampaikan dalam film agar sampai ke anak dengan baik.

BACA JUGA: 5 Hal Penting Untuk Didiskusikan Bersama Anak Setelah Menonton Film YUNI

Daftar Film Indonesia Tentang Sekolah

Intip daftar film Indonesia tentang sekolah di bawah ini!

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

film indonesia tentang sekolah

Sumber gambar: iMDB

Keinginan kuat untuk sekolah seringkali tidak didukung dengan kondisi sekolah yang memadai. Hal ini diangkat dalam film Denias, Senandung di Atas Awan. Ketika guru favoritnya harus kembali ke Jawa, Denias yang tinggal di kaki pegunungan Jayawijaya harus bertualang mencari sekolah baru dengan banyak aral melintang. Meski begitu semangatnya tidak patah untuk mendapatkan pendidikan yang layak!

2. Laskar Pelangi (2008)

Pernah viral pada masanya, film Laskar Pelangi tidak adakan pernah terasa membosankan untuk ditonton kapan pun, bahkan sampai saat ini. Perjuangan Ikal dan teman-temannya mempertahankan agar sekolah mereka tidak ditutup sungguh sangat menyentuh. Keseharian geng Laskar Pelangi menjalani sekolah dan saling mendukung dijamin bisa membuat semangat belajar si kecil jadi membara usai menontonnya.

3. Serdadu Kumbang (2011)

Film Indonesia tentang sekolah ini berkisah tentang Amek, seorang siswa SD yang tidak lulus ujian. Dengan bantuan sang kakak yang pintar, Amek terus belajar. Di balik sifatnya yang introver, Amek punya kelebihan di bidang berkuda. Sayang, dia merasa tidak percaya diri karena kondisi dirinya yang mengalami bibir sumbing. Lewat film ini, si kecil akan melihat bahwa keterbatasan diri bukan halangan mengejar mimpi.

4. 5 Elang (2011)

film indonesia tentang sekolah

Film dengan sentuhan tema petualangan ini tidak hanya mengajak anak-anak bergabung bersama Baron cs mencari teman-temannya yang diculik saat perkemahan pramuka. Mereka juga akan lebih mengenak tentang kegiatan pramuka serta cara beradaptasi saat harus pindah ke lingkungan baru, seperti yang dialami Baron.

5. Di Timur Matahari (2012)

film indonesia tentang sekolah

Keterbatasan sumber daya manusia untuk pendidikan di daerah Indonesia Timur memang sering diangkat dalam film, termasuk dalam film Di Timur Matahari. Ketika anak-anak semangat belajar, malah tidak ada guru yang datang. Para siswa pun mencari sendiri pelajaran dari lingkungan sekitar. Akan ada bumbu permasalahan daerah yang membuat kondisi belajar anak-anak terbengkalai. Meski begitu, anak akan banyak belajar dari film ini, termasuk untuk tidak main hakim sendiri.

6. Sokola Rimba (2013)

Sumber gambar: Netflix USA

Bertekad ingin belajar membaca demi menyelamatkan desanya, seorang anak rela menempuh perjalanan selama 7 jam untuk bisa bersekolah langsung dari Butet Manurung (Prisia Nasution), seorang guru yang mengajarkan baca tulis anak-anak masyarakat suku dalam atau Orang Rimba. Masalah pun dihadapi ketika keinginan untuk mendidik bertentangan dengan adat istiadat daerah.

7. Jembatan Pensil (2017)

film indonesia tentang sekolah

Untuk bisa sampai ke sekolah gratis, Ondeng dan teman-temannya harus melalui perjalanan belasan kilometer dan melewati sebuah jembatan rapuh. Di tengah kekurangan dirinya, Ondeng punya cita-cita besar untuk bisa membangun sebuah jembatan yang layak agar teman-temannya bisa ke sekolah dengan nyaman. Tentu saja untuk bisa mencapai itu ada banyak halangan dan cobaan yang harus dia hadapi.

BACA JUGA: Belajar dari Film Terbaru Disney “Encanto”, 4 Sifat yang Harus Dimiliki Anak

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top