banner-detik
WORK & CAREER

25 Kursus untuk Ibu Bekerja, Cocok untuk Menambah Daya Saing

author

Dhevita Wulandari25 Jan 2022

25 Kursus untuk Ibu Bekerja, Cocok untuk Menambah Daya Saing

Sebagai ibu bekerja, keterampilan dan kemampuan dalam beradaptasi dan bersaing juga perlu ditingkatkan. Berikut ini 25 rekomendasi kursus untuk ibu bekerja yang bisa diikuti.

Menjadi seorang ibu bekerja, baik itu di kantor, usaha rumahan, bisnis di luar rumah, dan apapun jenisnya sudah semestinya menjadi suatu kebanggaan dan prestasi yang patut diacungi jempol. Sebab, selain menjadi ibu rumah tangga yang harus mengurus suami dan anak-anak setiap hari, ibu bekerja juga membuktikan bahwa ia bisa mandiri untuk dirinya dan bisa mengatur waktu dengan baik untuk keluarga.

Tidak mudah lho menjadi seorang wanita yang bertanggungjawab mengurus keluarga, sekaligus mengurus pekerjaan. Dan untuk menjadi ibu bekerja tidak kalah saing, dibutuhkan juga keterampilan tambahan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Berikut ini 25 rekomendasi kursus untuk ibu bekerja yang bisa diambil untuk menambah daya saing dan keterampilan Mommies. Simak yuk!

BACA JUGA: Ibu Bekerja Usia 35 Tahunan, Nggak Perlu Insecure Kalau Mau Pindah Kerja

1. Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy menyediakan berbagai kelas untuk kalangan umum, Prakerja, serta perusahaan (for Enterprise). Untuk umum, terdapat tujuh kategori yang bisa Mommies pilih, mulai dari pengembangan diri, bisnis dan keuangan, bahkan pemasaran yang bisa diikuti oleh siapapun.

Kemudian, kelas Prakerja dapat diikuti oleh Mommies yang mempunyai usaha atau yang sebelumnya terdampak layoff akibat pandemi dari perusahaan. Untuk kelas ini, Mommies wajib sudah mempunyai Kartu Prakerja, ya. Mulai dari belajar Content Marketing, belajar foto produk untuk online shop, memulai usaha salon kecantikan, dan masih banyak lagi. Mommies bisa melihat kelas-kelas ini di kategori Prakerja.

Berbeda dengan kelas Prakerja, kelas Enterprise bisa diikuti dengan mendaftarkan tim di divisi atau perusahaan tempat Mommies bekerja untuk mengikuti pelatihan di Skill Academy bersama-sama. Pelatihan yang dapat diikuti seperti bisnis dan keuangan, pemasaran, pengembangan diri, hingga teknologi dan software. Harga kursus pada semua kelas mulai dari Rp 250.000.

2. MauBelajarApa

MauBelajarApa adalah platform workshop yang menyediakan pelatihan online yang memudahkan para pembelajar untuk mencari dan mendaftar ke kelas-kelas yang sudah dibuat oleh para pengajar. Ada beberapa kategori kelas yang paling populer di antaranya kelas bisnis, masak, seni, dan IT. Selain itu, terdapat juga kelas fashion, masak, bunga, hingga baking. Cocok banget kan untuk Mommies sebagai ibu bekerja yang memiliki usaha sendiri. MauBelajarApa juga memiliki kelas rekomendasi bagi pemegang Kartu Prakerja.

3. Coursera

Coursera adalah pelatihan yang disediakan oleh universitas-universitas dan perusahan-perusahaan di seluruh dunia. Coursera sudah bermitra dengan lebih dari 200 universitas dan perusahaan terkemuka untuk menghadirkan pembelajaran online yang fleksibel, terjangkau, dan relevan dengan pekerjaan kepada individu dan organisasi di seluruh dunia. Coursera menawarkan berbagai kesempatan belajar seperti hand-on-projects, kursus langsung hingga sertifikat siap kerja, dan program gelar. Mulai dari kelas gratis hingga berbayar dapat Mommies temukan di sini. Kelas yang tersedia mulai dari business, information technology, language learning, health, personal development, dan masih banyak lagi.

4. TED Masterclass

TED Masterclass adalah kelas public speaking resmi yang dimiliki TED untuk mengajarkan Mommies mengenai cara mengidentifikasi ide-ide terbaik, mengembangkannya menjadi narasi yang menarik, dan membagikan ide tersebut kepada banyak orang untuk mereka dengarkan. Kelas ini cocok untuk Mommies yang pekerjaannya mengharuskan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Selain bisa untuk individu, TED Masterclass juga dapat diikuti untuk bisnis dan organisasi pendidikan.

5. Skillshare

Skillshare merupakan komunitas pembelajaran online dengan ribuan kelas untuk orang-orang yang kreatif dan ingin tahu. Mulai dari kelas animasi, desain, ilustrasi, gaya hidup, foto dan film, bisnis, hingga menulis tersedia di sini. Setiap kelas diajarkan langsung oleh para kreator yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya. Mereka akan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan tips kepada para peserta.

6. TechInAsia EDU

TechInAsia EDU atau TIA EDU menyediakan akses kelas online dengan sistem bayar sekali untuk selamanya. Materi juga dibuat agar peserta siap praktik dan menyerupai kasus profesional sehari-hari. Tentu saja setiap kelas akan diajarkan secara langsung oleh para mentor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Pemilik Kartu Prakerja juga dapat mengikuti kelas di TIA EDU ini. Kelas yang tersedia mulai dari kelas desain grafis, website, Google Analytics, dan masih banyak lagi. Harga kelas mulai dari Rp 100.000 .

7. FutureLearn

FutureLearn menyediakan berbagai kelas untuk seorang profesional atau hanya untuk sekedar menemukan hobi baru, bahkan dapat melanjutkan pembelajaran dengan program dan gelar online. Diajarkan langsung oleh para ahli dan pendidik dari universitas dan institusi budaya terkemuka yang akan berbagi pengalaman mereka melalui video, artikel, kuis, dan diskusi.

8. EDX

EDX membuka ruang kelas melalui pembelajaran online dan memberdayakan jutaan peserta untuk membuka potensi yang mereka miliki dan membuatnya menjadi perubahan. Pelatihan diberikan oleh lebih dari 160 universitas dunia seperti Harvard University, Berkeley University of California, Boston University, dan masih banyak lagi. Kursus yang disediakan juga beragam mulai dari arsitektur, komunikasi, edukasi, bahasa, hingga sains.

9. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning merupakan sebuah platform pembelajaran online yang disediakan oleh LinkedIn dan dirancang untuk pelatihan karyawan dan pengembangan profesional. Kursus yang tersedia meliputi bisnis, kreatif, dan teknologi dengan video yang diajarkan oleh pakar industri dalam bidang software, kreatif, dan keterampilan bisnis.

10. Meta Blueprint

Berganti nama dari sebelumnya Facebook Blueprint menjadi Meta Blueprint, kursus ini dapat dipelajari sendiri dan memiliki tutorial langkah demi langkah yang dapat membantu Mommies membangun pengetahuan digital marketing dan menciptakan bisnis secara online. Kelas yang disediakan seperti memahami kebijakan konten, mempromosikan bisnis di Facebook Page, menggunakan Ads Manager, dan banyak lagi.

11. English For Business (E4B)

English for Business (E4B) merupakan penyedia jasa pembelajaran Bahasa Inggris untuk membantu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan mengenai bisnis. E4B mengkhususkan diri dalam Business English dan menyediakan kursus mulai dari General English, Writing for Business, English for specific purposes, dan lain-lain. Memiliki teknologi pembelajaran terbaru dan paling inovatif yang tersedia, E4B mempunyai komitmen untuk menjadikan peserta pelatihan menjadi lebih percaya diri dalam rapat, presentasi, dan korespondensi tertulis.

12. Techno Center Indonesia

Techno Center Indonesia merupakan pusat pelatihan berbasis komputer yang bisa Mommies ikuti jika tertarik menjadi programmer, operator, dan designer. Pelatihan yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari pelatihan 1 tahun, pelatihan reguler, pelatihan instansi, pelatihan 1 semester, dan pelatihan workshop dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

13. Greatology Indonesia

Greatology Indonesia menyediakan solusi pembelajaran inovatif, dan konsultasi, serta pengembangan karir end-to-end. Memiliki pelatih karir bersertifikat dan pakar industri, kursus ini dapat diikuti secara individu maupun organisasi/komunitas. Pada kelas individu, terdapat kelas belajar strategi mengelola Quarter Life Crisis, transisi karier, dan emerging skills untuk bisa menunjukkan performa yang optimal.

14. Magenta Permata Jaya

Magenta Learning Development Consulting Center menyediakan pendidikan dan pengembangan manajemen untuk meningkatkan kompetensi diri. Program edukasinya juga selalu update dengan metode pembelajaran interaktif dan sesuai teknologi masa kini. Kursus ini lebih ditujukan pada peningkatan pengembangan karyawan dalam perusahaan dengan pelatihan secara tatap muka dan digital learning. Sehingga, pelatihan ini lebih cocok untuk ibu bekerja yang bekerja di perusahaan.

15. JFC Plus

Masih mengenai ibu bekerja yang bekerja di perusahaan, pelatihan dari JFC Plus yang bergerak dalam bidang People Development ini ditujukan pada karyawan perusahaan agar dapat mengembangkan kualitas dan produktivitas. Kursus yang tersedia mulai dari Industry Analysis, Banking Audit, Soft Skill Training, hingga Business Coaching untuk menunjang perkembangan bisnis perusahaan dan perkembangan dalam diri seseorang yang unggul dan kompeten. 

BACA JUGA: 7 Persiapan Ibu Bekerja Kembali ke Kantor Usai Cuti Melahirkan

Sumber gambar: Unsplash

16. C&G Training Network

Pelatihan dari C&G Training Network diperuntukkan untuk ibu bekerja yang bekerja di perusahaan. Para pelatih merupakan profesional dan praktisi di bidang manajemen, komunikasi, dan sumber daya manusia. Tidak hanya memberikan training, namun juga lebih memfokuskan pada pengalaman praktis, tips, dan diskusi kasus. Kelas yang disediakan pun beragam, seperti Business Communication, Finance Management, Marketing and Sales Skills, hingga Personal Development.

17. I Love Craft Workshop

I Love Craft Workshop ditujukan pada orang-orang yang suka mendesain dan mengecat sepatu sendiri. Pelatihan ini akan mengajarkan Mommies semua dasar-dasar tentang melukis di atas sepatu kanvas. Jika Mommies belum pernah punya pengalaman seni sebelumnya juga tetap bisa mengikuti pelatihan ini, kok.

18. Apiary Coworking Space

Apiary adalah ekosistem bisnis satu atap yang membantu orang memulai dan mengembangkan karir dan bisnis melalui 3 pilar yaitu pembelajaran, solusi bisnis, dan komunitas. Apiary juga memiliki Apiary Academy untuk memberikan pelatihan keterampilan digital sesuai permintaan yang bisa diikuti individu dan perusahaan. Pelatihan yang disediakan antara lain Manajemen Produk, Pemasaran Digital, dan Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM). Para pelatih merupakan ahli dan profesional di bidangnya masing-masing dan berasal dari perusahan-perusahaan besar.

19. MasterClass

MasterClass adalah platform streaming yang memungkinkan siapa saja untuk menonton dan mendengarkan ratusan video pelajaran yang diajarkan oleh lebih dari 100 orang terbaik dunia. Member MasterClass akan mendapatkan akses tidak terbatas ke lebih dari 100 kelas yang diajarkan oleh para pakar termasuk Seni dan Hiburan, Kepemimpinan, Fotografi, Bisnis, Desain dan Gaya, Olahraga dan Permainan, Menulis, dan banyak lagi. Setiap kelas mencakup sekitar 20 pelajaran dalam bentuk video yang rata-rata berdurasi 10 menit.

20. TransforMe

TransforMe merupakan perusahaan pendidikan untuk membantu individu dan organisasi untuk go global. Pelatihan ini cocok untuk Mommies yang ingin menambah skill berbahasa Inggris dengan kelas listening, reading, tes IELTS, strategi untuk mendapatkan beasiswa, hingga belajar Public Speaking. 

21. DailySocial id

DailySocial merupakan sebuah blog teknologi yang memuat berita, analisis, dan opini terkini tentang perusahaan teknologi yang berbasis internet dan seluler, industri telekomunikasi, dan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. Blog ini cocok sekali untuk Mommies yang ingin mengetahui lebih banyak tentang “tech startups” dan perkembangannya di Indonesia. DailySocial juga berkontribusi membentuk ekosistem dengan mengadakan Sparxup tahunan, berbagai acara pemrograman, dan kegiatan Humas.

22. Rivguru Indonesia

Rivguru cocok untuk Mommies yang ingin mengambil keterampilan baru dengan cepat dalam project team leadership. Di sini peserta pelatihan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti Business Analytics, Finance/Syariah, Entrepreneurship, Programming, dan lain-lain.

23. Kontan Academy

Kontan Academy merupakan bagian dari Kontan yang khusus menyelenggarakan workshop, seminar, dan pelatihan untuk korporasi dan profesional. Pelatihan yang diberikan juga beragam seperti pendalaman Excel, negosiasi dan mediasi penagihan, cara berkomunikasi sesuai kepribadian, Leadership, hingga Digital Marketing. 

24. Jobhun Academy

Jobhun Academy adalah sebuah pelatihan skill intensif yang membahas berbagai topik dalam dunia kerja. Mommies akan diajarkan tidak hanya secara teori saja, tapi juga dengan praktik untuk menghasilkan portofolio terbaik untuk karier. Para peserta juga akan diberikan persiapan karier sesuai dengan minat dan bisa menambah skill di berbagai bidang untuk meningkatkan karier, mengubah karier, atau menjadi seorang entrepreneur. Kelas yang dapat diikuti mulai dari Business Development, Content Writer, Copywriter, Digital Marketer, SEO Specialist dan masih banyak lagi.

 25. Effion Creator School

Effion Creator School merupakan bisnis edukasi yang bertujuan untuk menciptakan para Content Creator dengan konten positif yang dapat membuat dampak positif bagi Indonesia. Program yang disediakan juga beragam, mulai dari Creator Workshop, Creator Academy, Creator E-Learning, Creator Corporate, Creator Coaching, dan lainnya yang bisa Mommies pilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Suncreen Lokal untuk Ibu Bekerja di Bawah Rp300 Ribu

Cover: Unsplash

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-

banner-detik

POPULAR ARTICLE

banner-detik
banner-detik

COMMENTS