Now Reading
Ketahui Cara Mencuci Wajah yang Benar Menurut Ahli Dermatologi

Ketahui Cara Mencuci Wajah yang Benar Menurut Ahli Dermatologi

Dhevita Wulandari
cara mencuci wajah

Membersihkan dan mencuci wajah tidak boleh asal. Berikut ini beberapa cara mencuci wajah yang benar dari para ahli dermatologi yang bisa dicontoh.

Mencuci wajah menjadi basic skincare dan merupakan langkah pertama dalam membersihkan segala kotoran yang menempel pada wajah sebelum mengaplikasikan produk perawatan wajah yang lain. Mencuci wajah pun kerap dianggap sebagai langkah yang sepele karena dapat dilakukan dengan mudah.

Padahal, mulai dari cara mencuci wajah, seberapa sering mencuci wajah, hingga jenis produk pembersih wajah harus diperhatikan dengan serius dan detail. Penggunaan teknik dan produk yang salah dapat berakibat fatal pada wajah. Seperti munculnya jerawat karena pori-pori tersumbat.

BACA JUGA: 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kulit

Dikutip dari Prevention, Mona Gohara, MD, dokter kulit bersertifikat dan wakil presiden Women’s Dermatology Society mengatakan, “Tidak mencuci (wajah) dengan benar dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Ini juga dapat menghalangi produk lain untuk menembus dan melakukan tugasnya.”

Agar tidak merusak kulit, berikut beberapa cara mencuci wajah yang benar menurut ahli dermatologi.

Perhatikan kuantitas mencuci wajah

Menurut ahli dermatologi, membersihkan wajah setidaknya harus dilakukan dua kali sehari.

Saya Obayah, MD, dokter kulit bersertifikat yang berlokasi di Austin, Texas, mengatakan, “Anda harus mencuci wajah baik pagi dan malam karena kulit menghasilkan sebum dan minyak sepanjang hari.”

Ia juga menambahkan, jika sedang dalam cuaca dingin sebaiknya hanya mencuci wajah sekali saja karena kulit akan menjadi kering. Saat kulit kering, Obayah menyarankan untuk meningkatkan kelembapan kulit dengan menggunakan krim, serum, dan masker.

Selain waktu membersihkan wajah produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit juga harus diperhatikan dan dipilih dengan baik.

Perhatikan jenis kulit

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali sehari. Ahli dermatologi menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang memiliki bahan dasar air dengan asam hialuronat yang dapat menambah hidrasi pada kulit.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Mengetahui Produk Skincare Cocok untuk Wajah? Ketahui Tandanya

Untuk cara mencuci wajah yang benar selengkapnya dapat Mommies baca di halaman selanjutnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top