banner-detik
CAREER

5 Trik Psikologi Ini Dapat Bantu Memajukan Karier Anda

author

Fannya Gita Alamanda03 Jan 2022

5 Trik Psikologi Ini Dapat Bantu Memajukan Karier Anda

Bukan rahasia lagi jika tujuan seseorang bekerja bukan hanya tentang eksistensi diri, tapi juga mampu menapaki jenjang karier hingga berada di posisi puncak. Nah, 5 trik psikologi ini bisa mendukung Anda meraih cita-cita dan tujuan impian di dunia kerja.

Karier yang gilang gemilang tentu erat kaitannya dengan penghasilan yang besar sehingga nggak heran jika banyak orang ingin punya prestasi bagus di bidang pekerjaan masing-masing. Tapi apakah keahlian khusus yang Anda peroleh di sekolah dan universitas serta bekal attitude saja cukup untuk membantu Anda melesat? Jawabnya, tidak.

Untuk bisa lebih maju dalam dunia kerja ataupun karier, Anda membutuhkan keterampilan-keterampilan lain. Dikutip dari Yahoo Finance, ada beberapa trik psikologi yang dapat membantu seseorang lebih maju dalam kariernya. Simak 5 triknya di bawah ini.

BACA JUGA: 4 Pekerjaan di Rumah Ini Bisa Buat Hidup Kaya Raya dan Bahagia

Ajukan Pertanyaan

Tahukah Mommies bahwa bahwa penelitian yang dilakukan oleh Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang banyak mengajukan pertanyaan selama percakapan dan rapat kantor, terlebih lagi pertanyaan yang cerdas, maka ia akan dianggap menyenangkan.

Hal mengajukan pertanyaan ini berlaku tidak hanya saat melakukan percakapan online, tapi juga offline. Adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menjadi pertanda bahwa Anda tidak sekadar mendengarkan tetapi juga menyimak, tertarik dengan topik yang sedang dibahas, dan mau melibatkan diri.

Tetapkan Ekspektasi yang Tinggi

Berbeda dengan saran kebanyakan orang untuk jangan menetapkan harapan terlalu tinggi agar tidak kecewa nantinya, penulis buku ‘ How Rich People Think‘ Steve Siebold justru mengungkapkan bahwa orang-orang yang sukses menetapkan ekspektasi yang sangat tinggi dan siap menghadapi tantangan apa pun.

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan bahwa tidak ada satu orang pun yang akan menjadi kaya dan berhasil mewujudkan impian tanpa memiliki harapan besar. Banyak orang memutuskan untuk membatasi hidup mereka pada kelas menengah biasa-biasa saja sebagai upaya untuk melindungi diri dari kegagalan.

Mencoba Bersabar Saat Negosiasi

Negosiasi tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia kerja. Ketika berada pada situasi Anda perlu mengajukan pertanyaan atau penawaran kepada seseorang dan seseorang tersebut lambat merespon, cobalah untuk bersabar dan tidak merasa kesal.

Tetap tenang dan menunggu bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Pendiri Talent Smart, Travis Bradberry mengungkap bahwa keheningan yang terjadi dalam negosiasi seringkali membuat seseorang merasa seolah-olah mereka harus berbicara.

Terlebih lagi dalam negosiasi ataupun percakapan yang sulit. Namun sebaiknya, tahanlah keinginan untuk melanjutkan percakapan tersebut sampai Anda benar-benar mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang Anda ajukan.

Buat Asosiasi Visual untuk Mengingat Nama Orang

Menggunakan nama seseorang dalam percakapan dapat menunjukkan rasa hormat, penerimaan, dan keramahan. Namun terkadang, mengingat nama memang nggak gampang, Mommies.

Untuk bisa menguatkan ingatan akan nama seseorang, cobalah untuk membuat asosiasi visual. Sebagai contoh, misal Mommies sudah pernah berkenalan dengan seorang teman bernama Jonathan atau Siska, coba Mommies upayakan untuk mengaitkan nama-nama ini dengan aksesori yang sering atau selalu mereka kenakan atau gaya berpakaian, seperti kacamata, jam tangan, rok span, celana pensil, atau model rambut. Mommies akan mengingat Jonathan dengan kacamata besar dan Siska dengan model rambut bob. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengingat nama-nama.

Menganggukkan Kepala untuk Membuat Seseorang Setuju

Trik psikologi yang satu ini juga bisa diterapkan. Cobalah untuk membuat orang lain mengikuti cara berpikir Anda sambil menganggukkan kepala Anda ketika berbicara.

Ternyata ada alasan di balik hal ini yaitu orang-orang secara tidak sadar mencerminkan bahasa tubuh orang lain yang ada di sekitar mereka untuk lebih memahami apa yang orang lain itu rasakan.

Ketika Anda menganggukkan kepala saat sedang berbicara, orang lain akan cenderung menunjukkan sikap setuju dengan apa yang Anda katakan.

BACA JUGA: Berencana Pindah Kerja di 2022? 7 Perusahaan Ini Ramah Untuk Perempuan

Jadi, Anda sudah siap menjalankan 5 trik psikologi ini di hari pertama masuk kantor?

Cover image: Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan