Now Reading
Berencana Pindah Kerja Di 2022? 7 Perusahaan Ini Ramah Untuk Perempuan

Berencana Pindah Kerja Di 2022? 7 Perusahaan Ini Ramah Untuk Perempuan

Sisca Christina
Perusahaan Ramah untuk Perempuan

Galau karena kantor sudah mulai menerapkan WFO dan terpikir untuk pindah kerja? Yuk, tilik beberapa perusahaan yang ramah untuk perempuan berikut. Siapa tahu ada yang jodoh.

Tahun baru, kartu nama baru? Kenapa enggak? Apapun alasan di balik rencana ingin pindah kantor, baik ingin mencoba tantangan baru, ingin naik level, atau mencari kenyamanan untuk bisa bekerja sekaligus merawat anak di rumah, setiap pekerja perempuan berhak untuk memilih perusahaan yang dipandang ramah untuknya.

Pertanyaannya, apakah semua perusahaan di Indonesia sudah ramah untuk perempuan? Yaaa pastinya belum, ya. Tapi setidaknya, ada tujuh perusahaan yang dikenal ramah untuk perempuan yang bisa dipertimbangkan untuk ditilik-tilik.

Beberapa Perusahaan Ramah untuk Perempuan

1. Blibli

Tepat pada peringatan hari ibu lalu, Blibli membuat kebijakan baru yaitu semua perempuan di Blibli diperbolehkan untuk mengambil cuti pada 22 Desember. Ini dilakukan Blibli untuk mengapresiasi kaum perempuan yang kerap menjalani multiperan baik di pekerjaan maupun di keluarga. Selain itu, setelah melahirkan, para ibu boleh memilih WFH selama setahun! Menjawab kebutuhan para ibu yang dilema meninggalkan anak ke kantor pasca melahirkan, nih. Apalagi hari gini sulit banget mencari pengasuh. Benar-benar sesuai campaign yang diusung tahun ini oleh blibli, bahwa #KarenaKeluargaNo1

2. Gojek Indonesia

Perusahaan teknologi yang satu ini punya komitmen tinggi untuk mempromosikan kesetaraan dan keragaman gender di perusahaannya. Selain punya kebijakan seperti bisa meminta cuti dadakan untuk keperluan mendesak, fasilitas ruangan untuk tidur siang (cocok buat para ibu yang lagi sering begadang menyusui), playground untuk para karyawan, ruangan untuk bermain game, fitness dan kamar mandi, Gojek Indonesia juga kerap mengadakan berbagai pelatihan buat para karyawan perempuan untuk bisa mengembangkan potensinya.

3. Nutrifood

Ibu mana yang nggak ingin kerja di tempat yang memberlakukan cuti haid, cuti bersalin 6 bulan (dengan ketentuan 3 bulan unpaid), mengizinkan WFH jika diperlukan dan Izin Meninggalkan Pekerjaan (IMP) selama 2 jam untuk mengurus keperluan mendesak seperti anak sakit atau lainnya? Kalau sederet kebijakan ini yang mommies butuhkan, tak ada salahnya melamar ke Nutrifood.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Ibu Bekerja di 2021, dari WFH, WFO hingga WFH lagi

4. Garuda Indonesia

Salah satu BUMN incaran banyak pekerja ini punya budaya kerja yang mengedepankan kesetaraan gender. Artinya, karyawan perempuan juga punya kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi dan karirnya di perusahaan. Nggak heran kalau, maskapai besar Indonesia ini meraih predikat Best Workplace for Woman Award 2021 pada ajang Indonesia Best Workplace Award 2021: Building an Inclusive Future. Tertarik mencoba?

5. P&G Indonesia

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau sejak 2009 P&G sudah menerapkan WFH, dan ini berlanjut selama pandemi. Asiknya lagi, kantor ini juga menerapkan flexible working hours, lho. Mommies diijinkankan untuk mengatur jam kerjanya sendiri sesuai kondisi di rumah selama pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Di kantornya sendiri, P&G Indonesia menyediakan fasilitas kids playground atau daycare untuk menitipkan anak selagi bekerja. Soal cuti? Nggak usah khawatir, seperti perusahaan lainnya, P&G Indonesia mengijinkan cuti dadakan jika anak sakit atau keperluan mendesak lainnya.

6. Johnson & Johnson Indonesia

Johnson & Johnson Indonesia punya kebijakan Global Parental Leave, yaitu memberikan hak cuti melahirkan 3,5 bulan bagi para ibu, dan 2 bulan untuk para ayah. Ini adalah wujud dari komitmennya untuk mendukung para tua baru agar bisa memberikan waktu yang berkualitas bagi anak-anaknya. Jadi, mommies bisa mendapat pendampingan penuh dari suami di bulan-bulan pertama mengasuh bayi saat lagi repot-repotnya. Oya, Johnson & Johnson juga terus berkomitmen untuk mendukung perempuan agar berhasil di tempat kerja. Jadi, bisa dipastikan ada jenjang karir juga untuk para perempuan.

7. AIA Financial Indonesia

Nggak hanya punya kebijakan cuti dan fasilitas penunjang kerja bagi para ibu, AIA Financial Indonesia juga mendukung perkembangan karir bagi karyawan perempuan. Ibu bekerja bisa menitipkan anaknya di daycare kantor setiap hari, ada ruang menyusui dan klinik, dan ada medical check-up rutin dimana perempuan bisa lakukan pap smear dan vaksin serviks juga. Belum selesai sampai situ, kantor ini juga menyediakan berbagai aktivitas yang bisa mendukung kewarasan karyawannya seperti kelas olahraga, komunitas hobi karyawan, kelas meditasi dan konseling.

Ada perusahaan ramah untuk perempuan lainnya yang mau mommies tambahkan?

Baca juga: Hiburan Ibu Bekerja: Coba Tonton 7 Film Ini!

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top