Now Reading
Apa Itu Aging Hair, Deretan Fakta, dan Aneka Produk Rekomendasinya!

Apa Itu Aging Hair, Deretan Fakta, dan Aneka Produk Rekomendasinya!

Mommies Daily
aging hair

Kenali apa itu aging hair dan cara pencegahannya supaya penampilan tetap awet muda. Cek juga produk-produk rekomendasinya di sini ya, Mommies!

Bagi wanita, rambut merupakan mahkota diri dan melambangkan kecantikan. Mau pendek atau panjang, hitam atau berwarna, asalkan sehat pasti jadi kebanggaan tersendiri. Anda harus tahu bahwa rambut terbuat dari untaian protein. Setipa helai rambut punya kehidupan normal sekitar dua sampai tujuh tahun.

Dikutip dari Cleveland Clinic, rata-rata rambut tumbuh 0,5 inci sebulan dan enam inci dalam setahun. Namun, seiring pertambahan usia, siklus hidup rambut semakin pendek, rambut lebih rapuh sehingga banyak menyebabkan kerontokan. Di saat inilah Anda mulai mengalami aging hair.

Apa Itu Aging Hair?

Aging hair adalah kondisi perubahan yang terjadi pada rambut karena bertambahnya usia. Banyak orang mengenal penuaan rambut adalah uban, padahal penuaan rambut lebih dari itu. Perubahan dan penuaan rambut ternyata dimulai di usia produktif, yaitu di usia 20an.

Dikutip dari Web MD, faktanya di usia 25 tahun, Anda mungkin mulai memperhatikan perbedaan tekstur rambut yang mulai terjadi. Seiring waktu, rambut Anda bisa menjadi berbeda. Ada yang jadi lebih kasar, berubah agak keriting, terasa tipis, menjadi lurus, atau malah bergelombang. Walau terkadang perubahannya kecil, tetapi kemungkinan rambut sudah semakin rapuh.

Satu fakta lagi, kemungkinan besar rambut sudah mulai akan kehilangan volume dan kurang bersinar. Tentu saja disusul dengan kerontokan parah yang jika dibiarkan malah membuat rambut semakin rusak. Ya, aging hair harus Anda atasi dengan benar.

Fakta terakhir, aging hair atau penuaan rambut terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Contohnya adalah pola makan yang buruk, kebiasaan membersihkan rambut yang tidak teratur, paparan asap rokok, ketidakseimbangan hormon, penumpukan produk rambut, terutama yang mengandung bahan kimia, polusi, dan juga paparan sinar matahari yang berlebihan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Shampoo Korea yang Terkenal Bisa Mengurangi Rambut Rontok!

Tanda-tanda Aging Hair

Ini dia beberapa tanda aging hair atau penuaan rambut yang bisa Anda alami!

1. Rambut beruban

Uban adalah salah satu tanda awal penuaan rambut yang disebabkan oleh kurangnya pigmen yang diproduksi di folikel rambut yang menua. Mungkin ada yang mengalami kondisi ini karena keturunan, tetapi kebanyakan kondisi ini ternjadi karena terjadi penuaan rambut.

2. Rambut kering

Rambut yang menua akan jadi lebih kering. Menurut Heather Hilary-Lloyd, seorang dokter kulit di Florida, Amerika Serikat, kondisi tersebut disebabkan karena menyusutnya kelenjar minyak yang membuat minyak alami tidak bisa mencapai rambut secara normal. 

3. Rambut rapuh

Seperti efek domino, akibat aging hair yang membuat rambut kering, maka rambut jadi tidak memiliki elastisitas untuk menahan gesekan dari sisir, ikat rambut, dan jepitan, sehingga bisa menyebabkan kerusakan. Rambut jadi rapuh dan mudah rusak.

4. Rambut menipis

Biasanya dalam sehari ada sekitar 100 helai rambut yang diproduksi, tetapi jika mengalami aging hair maka rambut lebih rapuh dan patah lebih cepat daripada pertumbuhannya, maka penipisan rambut dan volume rambut yang mengempis dapat terjadi.

5. Rambut kusam

Aging hair juga membuat rambut kurang bersinar dan kusam. Biasanya yang dapat menyebabkan kondisi ni adalah faktor lingkungan, seperti merokok, ketidakseimbangan hormon, penumpukan produk, polusi, atau paparan sinar matahari. 

Cara Mencegah Aging Hair

Seperti penuaan kulit, penuaan rambut atau aging hair tidak bisa dilawan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk mengimbangi perubahan alami tersebut sehingga penampilan bisa terlihat segar dan awet muda.

Anda bisa rutin lembapkan rambut dengan sampo dan kondisioner yang mengandung pelembut dan kaya protein. Setelah itu, tambahkan penggunaan serum atau minyak rambut. Wilma Bergfeld, MD., dokter kulit dari Cleveland Clinic juga menyarankan untuk tidak terlalu berlebihan keramas.

“Jangan berlebihan keramas, tetapi Anda minimal harus mencuci kulit kepala setidaknya dua kali seminggu dengan menggunakan jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, baik normal, berminyak, atau kering,” jelasnya, dikutip dari Cleveland Clinic.

Konsumsi juga makanan yang lengkap dan kaya protein. Kekurangan protein dikaitkan dengan kerontokan rambut. Bahkan wanita disarankan untuk makan sedikit daging merah rendah lemak beberapa kali seminggu. Konsumsi juga bayam, telur, buah beri, hingga avokado.

BACA JUGA: Inspirasi Makeup dan Gaya Rambut ala Drama Korea yang Bisa Anda Contoh

Produk Perawatan Aging Hair

Untuk menjaga rambut Anda tetap sehat, sehat, sekaligus mencegah aging hair semakin parah, Anda harus bisa memilih deretan produk perawatan yang tepat. Berikut beberapa produk rekomendasi untuk perawatan aging hair yang wajib Anda coba.

1. Kiehl’s Amino Acid Shampoo

Gambar dari Kiehl’s 

Mengandung Amino Acid, sampo dari Kiehl’s ini sangat lembut dan bisa membersihkan rambut dengan maksimal. Di dalamnya terkandung minyak kelapa untuk mengembalikan kesuburan rambut yang menurun akibat aging hair. Terdapat juga kandungan pelembap hydrolyzed wheat protein untuk atasi masalah rambut kering. Anda bisa beli di sini!

2. Sensatia Botanicals Hydrating Shampoo

Gambar dari Sensatia

Sensatia Botanicals Hydrating Shampoo mengandung zat aktif dari tumbuhan yang menutrisi kulit kepala dan rambut dan membantu membersihkan kotoran. Kandungan minyak lavendernya juga menenangkan kulit kering dan dapat membantu mengatasi ketombe. Ditambah minyak bunga kenanga yang melembabkan kulit kepala dan menguatkan rambut. Terakhir, ada ekstrak horsetail yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda agar lebih sehat. Anda bisa beli di sini!

3. TRESemmé Keratin Smooth Shampoo

Gambar dari TRESemmé

Diformulasikan dengan Hydrolyzed Keratin dan Micro-Smoothing Particle, TRESemmé Keratin Smooth Shampoo cocok untuk melembutkan dan merawat rambut kering akibat aging hair. Kekurangan protein pada rambut yang membuatnya mengalami penuaan bisa dipenuhi oleh sampo yang satu ini. Anda bisa beli di sini!

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top