Now Reading
12 Alasan Mengapa Hubungan Suami Istri Bisa Merenggang

12 Alasan Mengapa Hubungan Suami Istri Bisa Merenggang

Hubungan suami istri Anda dan pasangan merenggang? Di sini, Anda bisa cari tahu penyebab dan langkah pencegahannya.

Beberapa hubungan dengan mulus bertahan melewati beragam ujian dan waktu. Tapi yang lainnya, perlahan tapi pasti mulai memudar dan merenggang, sebelum akhirnya hancur berantakan. Sedihnya, seringkali itu terjadi tanpa disadari sampai semuanya terlambat.

Baca 12 alasan ini untuk tahu mengapa sebagian besar pasangan memilih untuk berpisah dan semoga, Anda lebih siap mengantisipasinya atau jadi tergerak memperbaiki hubungan yang saat ini mulai terasa bermasalah.

# 1 Masalah komunikasi

Inilah aspek terbesar yang bisa menyatukan atau memisahkan pasangan. Orang berubah seiring waktu dan Anda mungkin menganggap Anda tahu segalanya tentang pasangan. Tapi kemungkinan besar, pasangan kita telah berubah, bukan lagi orang yang sama seperti yang kita kenal dulu. Ketika mulai mengabaikan pentingnya menjalin komunikasi yang sehat dan mesra, hanya masalah waktu sebelum hal buruk yang tak terhindarkan menghancurkan hubungan.

Baca juga: Cara Mengecek Sehat Atau Tidak Komunikasi Kita dengan Pasangan

Photo by Icons8 Team on Unsplash

#2 Emosi yang tertekan

Banyak pasangan berpisah, bukan karena mereka tidak saling mencintai, tetapi karena lelah memendam perasaan dan merasa tak dianggap. Anda nggak perlu bicara dengan nada tinggi atau mengucapkan kata-kata kasar agar didengar. Justru, sampaikan perasaan dengan lembut dan kalimat singkat. Buat dia paham bahwa Anda pun punya keinginan sendiri dan cobalah mencari jalan tengahnya.

Photo by Tengyart on Unsplash

#3 Ketidakcocokan

Seiring berjalannya waktu, manusia memang bisa berubah, tapi komitmen terhadap pernikahan tetap nomor satu. Bertumbuh bersama selama perkawinan adalah masa untuk saling merawat, menjaga, saling menerima, sekaligus saling memperbaiki karena nggak ada manusia yang selalu benar. Lupakan gagasan tentang membentuk pasangan yang sempurna.

#4 Ego yang membengkak

Saat Anda berdua bertengkar atau berdiskusi, pernahkah salah satu sesekali mengalah demi kebahagiaan yang lain? Dalam beberapa hubungan, ego memainkan peran yang lebih besar daripada hubungan itu sendiri. Jika Anda lebih suka memberi pasangan silent treatment daripada mencoba bicara dan berbaikan, kemungkinan besar, ego Andalah alasan mengapa Anda berdua kini saling menjauh. Berargumentasi itu baik untuk suatu hubungan, tetapi hanya jika dilakukan dengan cara yang benar.

Baca juga: 3 Jenis Konflik yang Harus Ada di Dalam Pernikahan

#5 Selingkuh emosional

Kesibukan kerja memaksa Anda menghabiskan banyak waktu di kantor dan tanpa disadari, Anda mulai dekat dengan rekan kerja lawan jenis. Anda mungkin tidak menyadari ketika mulai lebih percaya kepada seorang teman dan berhenti menganggap pasangan sebagai sahabat terbaik. Ingat, hanya ada batas tipis antara persahabatan dan selingkuh emosional.

Baca juga: 5 Alasan Suami Berselingkuh, Di luar Urusan Seks

Bagaimana dengan 6 alasan lainnya penyebab hubungan suami istri merenggang? Nomor 11 sering terjadi tanpa di sadari

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top