banner-detik
LIFESTYLE

Tips Membersihkan Kasur dan Rekomendasi Jasa Bersih Kasur Jabodetabek

author

Dhevita Wulandari05 Dec 2021

Tips Membersihkan Kasur dan Rekomendasi Jasa Bersih Kasur Jabodetabek

Kapan terakhir kali Anda membersihkan kasur? Jika belum dilakukan, berikut tips membersihkan kasur dan rekomendasi jasa membersihkannya di Jabodetabek.

Kasur menjadi tempat istirahat sekaligus investasi serius untuk kesehatan tubuh. Tentunya untuk menjaga tubuh tetap sehat, kasur harus dijaga supaya tetap dalam kondisi yang baik dan bersih karena kasur dapat menampung tungau debu, kulit mati, kotoran. Sehingga, kasur harus dibersihkan secara teratur, terutama jika Mommies memiliki hewan peliharaan, gemar ngemil di atas kasur, atau menderita alergi.

Kasur yang baik dan bersih dapat bermanfaat untuk meredakan stres, menjaga kesehatan tulang belakang, menjaga tidur yang nyaman dan berkualitas, serta mencegah alergi pada tubuh.

Untuk menjaga kasur tetap bersih, ada beberapa tips membersihkan kasur yang mudah untuk dilakukan seperti berikut ini.

BACA JUGA: Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Rumah?

Tips membersihkan kasur

1. Kumpulkan perlengkapan pembersih kasur

Sebelum membersihkan kasur, kumpulkan alat-alat dan perlengkapan pembersih kasur yang akan digunakan seperti vakumsabun cuci piring untuk menghilangkan noda atau bisa juga gunakan enzim penghilang noda dan bau. Siapkan juga deterjen, soda kue, kain pembersih, dan air dingin.

2. Lepaskan seprai dan cuci semua bagian tempat tidur

Mulailah dengan melepaskan seprai, sarung bantal dan guling. Lanjutkan dengan mencuci semua bagian kasur dengan air panas untuk membantu menyingkirkan tungau debu.

3. Vakum kasur

Gunakan penyedot debu dan telusuri seluruh bagian kasur, termasuk bagian pinggir dan sisi kasur. Hati-hati ketika akan menyedot bagian jahitan kasur. Lakukan secara perlahan dan seksama agar kotoran dan debu yang tersembunyi dapat disedot secara menyeluruh oleh vakum.

4. Bersihkan kasur dengan penghilang noda

Satu hal yang harus diperhatikan sebelum membersihkan kasur adalah jangan pernah merendam kasur, mengoleskan air atau larutan pembersih secara langsung ke permukaan kasur. Hal ini dikarenakan, ada jenis kasur tertentu yang tidak boleh basah sama sekali seperti pada kasur memory foam. 

Penghilang noda juga harus disesuaikan dengan jenis kasurnya. Untuk noda biologis, gunakan enzim penghilang noda. Caranya dengan menyemprotkannya ke kain putih bersih, lalu bersihkan area noda pada kasur dengan kain tersebut. Setelah itu, basahkan sedikit kain putih bersih lainnya dengan air dingin dan seka hingga noda hilang. Tujuannya adalah menggunakan produk sesedikit mungkin dan selembap mungkin. Cara ini sangat ideal digunakan untuk menghilangkan noda darah, keringat, urin, dan muntah.

5. Taburkan soda kue ke seluruh kasur

Gambar dari Brightside.me

Jika kasur tidak dapat dijemur di bawah sinar matahari dan udara segar secara langsung, cobalah untuk gunakan soda kue. Taburkan soda kue di atas seluruh bagian kasur dan diamkan selama beberapa jam. Soda kue berguna untuk memecah noda asam dan menyerap lembap atau bau. Semakin lama mendiamkan soda kue di atas kasur, akan semakin baik pula hasilnya. Saat soda kue sudah didiamkan di atas kasur, bukalah jendela dan pintu untuk membiarkan cahaya dan sinar matahari masuk. Sinar UV matahari yang masuk dapat membantu membunuh jamur dan bakteri yang terdapat pada kasur.

6. Ulangi vakum kasur

Setelah soda kue didiamkan semalaman, bersihkan kasur dengan menggunakan vakum .

7. Balikkan kasur

Satu sisi kasur sudah bersih, kemudian balik kasur dan lakukan hal yang sama dari mulai melakukan vakum hingga menaburkan soda kue dan diamkan semalaman. Hal ini dilakukan agar kedua sisi sama-sama bersih dan segar.

8. Lindungi kasur

Setelah selesai melakukan semua rangkaian dan memastikan kasur benar-benar kering, lindungi kasur dengan protector. Protector akan dapat lebih memudahkan dan menjaga kebersihan kasur karena dapat melindungi kasur di bawahnya dari tumpahan makanan dan minuman, kotoran, dan kutu kasur.

9. Gunakan seprai yang pas

Menggunakan seprai kasur yang pas dan dicuci secara teratur, dan menjaga area sekitar kasur tetap bersih, akan membantu melindungi kasur dari debu. Membersihkan kasur secara teratur dapat membuat kasur tahan lama dan membuatnya nyaman untuk tidur.

Meski butuh waktu sekitar 2 hari untuk membersihkan kedua sisi kasur, namun caranya cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Tapi, jika Mommies memang tidak mampu melakukannya sendiri atau tidak punya waktu lama untuk membersihkannya, Mommies bisa gunakan jasa bersih dan cuci kasur. Berikut rekomendasi jasa bersih kasur di Jabodetabek yang bisa Mommies coba.

BACA JUGA: Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah dengan 6 Bahan Ini

Rekomendasi jasa kasur

1. HydroClean Indonesia

HydroClean merupakan jasa pembersih kasur profesional yang menggunakan vakum dengan teknologi HydroAllergic System untuk membasmi tungau dan debu pada soft furniture seperti kasur, bantal dan sofa, serta dengan teknologi separator untuk hasil 100% kering dan bebas bahan kimia. Selain membersikan sofa dan kasur, HydroClean juga menyediakan jasa membersihkan gorden dan karpet yang akan dilakukan oleh HydroCleaner yang sudah mengikuti pelatihan teknis dan non-teknis dengan standar mutu tinggi oleh perusahaan. HydroClean juga memiliki Odour Busting Service yang dapat mengurangi bau hingga 70% pada soft furniture dengan bahan yang tergolong food grade. Tidak hanya tersebar di Jabodetabek, HydroClean juga tersedia di Medan, Surabaya, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Makassar, Bali, dan masih banyak lagi.

2. MaxiClean

Sebelumnya bernama MaxiClean, kini jasa pembersih dan cuci kasur ini rebranding menjadi BintaroClean. Jasa pembersih kasur yang satu ini memiliki tenaga kerja profesional yang telah melewati program training dan melalui proses evaluasi bulanan yang sangat ketat. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kualitas kerja yang sesuai dengan standar perusahaan. Para tenaga ahli juga dilengkapi dengan mesin modern yaitu mesin vacuum wet & dry yang dilengkapi dengan fasilitas blower. Sehingga, tenaga ahli dapat mencuci kasur dan sofa dengan sistem langsung kering, dengan proses kekeringan mencapai 95%. Selain itu, jasa yang satu ini memberikan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang ditawarkan. Area yang dilayani mencakup Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, dan Bekasi.

3. KliknClean

Jasa pembersih yang satu ini tidak hanya mencakup rumah, apartemen, dan kos, namun juga perkantoran. Harga yang ditawarkan pun beragam, tergantung dengan kebutuhan pelanggan. KliknClean juga menawarkan paket berlangganan dengan berbagai pilihan. Selain memiliki jasa cuci kasur, jasa yang satu ini juga dapat membersihkan sofa, karpet, AC, cuci mobil, dan fogging disinfektan. KliknClean sudah tersedia di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Batam, dan Medan.

4. Dokter Cleaning

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Dokter Cleaning sebagai jasa pembersih profesional dengan konsep detail cleaning dapat melayani panggilan ke rumah, apartemen, kantor, dan lain-lain. Jasa yang ditawarkan mencakup mencuci kasur dan sofa, kamar mandi, hingga penyemprotan disinfektan.

5. Clean Warrior

Tersedia di Jabodetabek dan Bandung, Clean Warrior menyediakan jasa pembersih kasur, sofa, dan berbagai soft furniture dari tungau, debu, dan mikroorganisme dengan menggunakan mesin HydroAllergenic Vacuum terbaik di bidangnya. Tersedia juga jasa cuci soft furniture untuk menghilangkan kotoran dan noda yang menempel, sehingga dapat terlihat bersih kembali seperti baru. Selain itu, ada juga jasa fogging disinfektan yang 99% sudah teruji lab dan ampuh membasmi bakteri dan virus. Dengan teknologi A+ Nano Mist, fogging disinfektan dapat menjangkau seluruh ruangan bahkan ke tempat yang sulit terjangkau. Tentunya tidak beracun, tidak menyebabkan iritasi, dan aman untuk lingkungan.

BACA JUGA: Tanda-tanda Rumah Kekurangan Sinar Matahari

Setelah mengetahui tips membersihkan kasur dan rekomendasi jasa pembersihnya, kira-kira Mommies lebih pilih membersihkan kasur sendiri atau pilih yang mudah saja dengan menggunakan jasa, nih?

Cover: Photo by cottonbro on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS