Now Reading
Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah dengan 6 Bahan Ini

Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah dengan 6 Bahan Ini

Jika Mommies mendapati tanda-tanda pertumbuhan jamur di dinding rumah, segera ambil tindakan sebelum menyebar. Berikut bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di dinding.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengatasi sumber masalah untuk mencegah pertumbuhan jamur. Kemudian, berdasarkan luas area yang terkena dan tingkat kesulitan, Mommies bisa memutuskan untuk membersihkannya sendiri atau menyewa jasa profesional.

Kalau hanya mengenyahkan jamur di area yang kecil, itu mudah. Mommies bisa menggunakan bahan-bahan seperti boraks, cuka, soda kue, tea tree oil, pemutih, dan hidrogen peroksida. Namun, jika area yang terkena jamur cukup luas dan tampak siginifikan, sewalah jasa profesional yang bersertifikat, dilatih secara khusus, dan punya pengetahuan yang benar untuk mengatasi jamur.

BACA JUGA: Tanda-tanda Rumah Kekurangan Sinar Matahari

Kenali tanda-tandanya

Tanda-tanda yang jelas bahwa ada masalah dengan jamur di dinding rumah meliputi:

  • Bau apek dan lembap.
  • Cat retak dan mengelupas.
  • Pertumbuhan jamur terlihat di dinding atau langit-langit rumah.
  • Gejala alergi yang diperburuk jika berada di dalam ruangan.

Penelitian menunjukkan bahwa paparan jamur dapat menyebabkan reaksi alergi dan kesehatan yang buruk. Mommies mungkin mengalami pilek, iritasi mata, dan kesulitan bernapas.

Cara menghilangkan jamur di dinding rumah

Selama hanya menutupi area kecil, jamur di dinding umumnya akan hilang sendiri. Namun, jika Mommies melihat pertumbuhan jamur begitu cepat dan meluas, harus segera diatasi. Karena ada potensi bahaya jika berusaha menghapus sendiri jamur yang muncul, maka sebelum membersihkannya dengan produk atau bahan-bahan apa pun, kenakan alat pelindung seperti kaca mata pengaman, masker, dan sarung tangan karet.

Pastikan juga semua pintu dan jendela dalam keadaan terbuka lebar ketika bersih-bersih dimulai. Atau, hubungi ahlinya untuk menghilangkan jamur di rumah dengan aman dan efektif.

Mommies bisa menggunakan bahan-bahan berikut untuk membersihkannya:

Boraks

Campurkan satu cangkir boraks dengan 1 galon air panas di dalam sebuah wadah. Pasang tutupnya, kocok hingga boraks larut. Tuang larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang terkena. Gosok jamur dengan sikat lalu bersihkan dan biarkan mengering. Tidak perlu membilasnya. Boraks akan membantu mencegah jamur kembali muncul, asalkan Mommies juga mengatasi sumber masalahnya.

Cuka dan soda kue

Cuka merupakan bahan yang aman dan sangat efektif untuk membunuh jamur pada semua jenis dinding, baik yang berpori atau tidak. Penelitian menunjukkan bahwa cuka putih membunuh 82% spora jamur. Cuka putih mampu menembus bahan berpori dan membunuh jamur hingga ke akarnya.

Tuangkan sedikit cuka suling putih ke dalam botol semprot tanpa mengencerkannya. Semprotkan cuka ke dinding dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya, bersihkan area tersebut dengan air hangat.

Setelah membersihkan dinding dengan cuka, Mommies bisa menggosok jamur dengan larutan soda kue. Soda kue adalah desinfektan alami yang dapat digunakan untuk membunuh jamur. Selain itu, soda kue mampu menghilangkan bau tak sedap yang disebabkan oleh jamur.

Untuk membuat larutan soda kue, campurkan 1 sendok teh soda kue dan 2 cangkir air ke dalam botol semprot, lalu kocok hingga larut. Semprotkan ke area yang ditumbuhi jamur lalu gunakan sabut atau sikat untuk menggosoknya.  Kemudian, bilas area tersebut dengan air hangat untuk menghilangkan sisa jamur dari permukaan. Terakhir, semprotkan larutan cuka atau soda kue ke dinding sekali lagi untuk memastikan semua jamur mati. Oh iya, jangan mencampurkan dua bahan ini di dalam satu wadah ya, Mommies.

Tea tree oil

Bahan ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membuatnya unggul dalam menghilangkan jamur.
Mulailah dengan menambahkan 1 sendok teh tea tree oil dan 2 cangkir air ke dalam botol. Semprotkan larutan ke area yang terkena jamur dan gunakan kain bersih untuk menyeka jamur.

Mommies tidak perlu membilasnya karena meninggalkan tea tree oil di permukaan akan membunuh jamur dan mencegahnya kembali. Metode ini direkomendasikan untuk menghilangkan jamur dan lumut pada dinding yang dicat dan dilapisi wallpaper.

Ekstrak biji jeruk bali

Ekstrak biji jeruk bali adalah pembunuh jamur alami yang sangat efektif. Asam sitrat dari jeruk bali menyerang dan membunuh jamur secara alami. Ia juga bertindak sebagai desinfektan dan pewangi.

Buat larutan dalam botol semprot menggunakan perbandingan seperti berikut: 10 tetes ekstrak biji jeruk bali dengan 1 cangkir air. Kocok botol untuk mencampur larutan dan semprotkan ke area yang terkena. Setelah beberapa menit, gunakan kain bersih untuk menyeka jamur dan larutan.

Membiarkan ekstrak biji jeruk bali bersentuhan dengan jamur lebih lama akan membunuhnya. Itu juga memastikan jamur tidak tumbuh lagi. Mommies bisa mengulangi proses ini setiap dua hingga tiga hari untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Pemutih

Pemutih efektif membunuh jamur pada dinding yang tidak berpori. Pemutih tidak bisa menembus dan membunuh akar jamur pada permukaan berpori. Meski begitu, sebelum mulai membersihkannya, tes larutan pemutih pada bagian dinding yang tidak kelihatan untuk memastikannya tidak akan merusak dinding.

Campur pemutih dan air, dengan perbandingan 1:3. Selanjutnya, oleskan ke dinding yang berjamur. Biarkan selama 10 menit, lalu gosok jamur dengan kuas. Bilas dengan air bersih dan keringkan area yang baru dibersihkan dengan kain bersih.

Perlu diingat: saat menggunakan pemutih, pastikan Mommies membuka jendela dan pintu, dan memakai masker pengaman. Pemutih menghasilkan asap beracun yang bisa sama berbahayanya dengan menghirup jamur itu sendiri.

BACA JUGA: Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Rumah?

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida bersifat antijamur, antivirus, dan antibakteri, yang berarti sangat bagus untuk membunuh jamur. Hidrogen peroksida dapat digunakan pada dinding berpori dan tidak berpori.

Tuangkan hidrogen peroksida konsentrasi 3 persen dan tidak diencerkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang terkena. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu gosok dinding dengan sikat untuk menghilangkan jamur.

Itulah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di dinding. Selamat mencoba, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top