Now Reading
Tanda-tanda Rumah Kekurangan Sinar Matahari

Tanda-tanda Rumah Kekurangan Sinar Matahari

Dhevita Wulandari
rumah kekurangan sinar matahari

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tidak semua rumah mendapatkan hal tersebut. Berikut tanda-tanda rumah kekurangan sinar matahari.

Cahaya atau sinar matahari memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Penting bagi sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah agar tercipta rumah yang sehat pula. Membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan dapat membantu membunuh bakteri serta membuat penghuni yang tinggal di dalamnya terbebas dari masalah pernapasan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, sinar matahari juga ternyata dapat memengaruhi suasana hati orang-orang yang tinggal di dalam ruangan. Namun nyatanya, masih banyak rumah yang kekurangan sinar matahari. Berikut tanda-tanda rumah kekurangan sinar matahari.

BACA JUGA: 11 Cara Menghilangkan Bau yang Sering Hadir di Dalam Rumah

Ventilasi buruk

Pencahayaan alami harusnya masuk dan bersirkulasi secara beriringan ke dalam ruangan rumah. Jika rumah tidak memiliki Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR) untuk menyalurkan udara yang masuk dan keluar, maka kemungkinan rumah tidak akan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penting untuk memperhatikan ventilasi, misalnya dengan mengatur tata letaknya, menambahkan lampu di atap, mempertimbangkan opsi untuk meningkatkan penggunaan kaca, atau dengan menambahkan kaca bi-lipatan.

Ruangan rumah terlihat gelap dan kecil

rumah kekurangan sinar matahari
Gambar dari iStockPhoto

Jika ruangan dalam rumah terlihat gelap dan kecil, kemungkinan tata letak dalam ruangan dan penempatan kaca tidak efektif sehingga hal ini harus diperbaiki. Ruangan yang gelap biasanya terletak di tengah sehingga menjadi ketergantungan dengan pencahayaan buatan. Meskipun cara itu bisa dilakukan, tetapi akan menyebabkan tagihan listrik menjadi lebih tinggi.

Penghuni rumah merasa tidak bahagia dan tertekan

Selain baik untuk kesehatan tubuh, ada banyak manfaat kesehatan lainnya yang berkaitan dengan cahaya alami. Misalnya, dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus, memperbaiki kualitas tidur hingga menyehatkan secara psikologis. Jika sinar matahari yang masuk ke rumah tidak cukup, cobalah pertimbangkan untuk mengganti jendela dengan yang lebih besar. Cara tersebut juga membuat kita mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

BACA JUGA: 3 Fakta tentang Sampah Rumah Tangga yang Wajib Anda Tahu

Warna cat yang digunakan tidak terang

Penggunaan cat juga berpengaruh pada sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Sebaiknya, gunakan warna-warna terang untuk dinding, lantai, dan juga furnitur dalam ruangan agar dapat memantulkan sinar matahari dengan baik. Warna yang bisa menjadi pilihan misalnya krem dan nila muda. Warna-warna terang tersebut juga dapat menghidupkan suasana ceria dan memberi kesan cerah.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top