banner-detik
GARDENING

7 Tanaman Pengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah Saat Musim Hujan

author

Dhevita Wulandari29 Nov 2021

7 Tanaman Pengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah Saat Musim Hujan

Musim hujan, ular menjadi salah satu hewan berbahaya yang sering terlihat berkeliaran. 7 tanaman pengusir ular ini dapat menjadi penangkal alami untuk ditanam di area rumah.

Sering terdengar baik dari berita ataupun sosial media bahwa banyak ular yang sering muncul di musim hujan. Hal ini disebabkan oleh volume air yang meningkat saat hujan, baik di dalam tanah maupun di permukaan. Sehingga, hewan-hewan yang tinggal di tanah seperti ular akan muncul ke luar karena tempat tinggalnya terendam air.

Musim hujan juga menjadi musimnya telur-telur ular untuk menetas. Sehingga tidak menutup kemungkinan rumah bisa kemasukan ular selama musim hujan, karena jenis binatang reptil satu ini menyukai tempat yang hangat dan lembap.

Tentunya hewan seperti ular akan sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam rumah. Maka dari itu, salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan menanam tanaman pengusir ular di halaman sekitar rumah, baik di depan, samping, maupun di belakang rumah. Tanaman pengusir ular umumnya memiliki bentuk yang tajam dan bau yang menyengat. Kedua hal ini sangat tidak disukai oleh ular.

Berikut beberapa tanaman pengusir ular yang bisa Mommies tanam di area rumah, terutama saat musim hujan.

BACA JUGA: 6 Tanaman Penghasil Oksigen Terbanyak, Bikin Rumah Lebih Sejuk!

1. Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi sebagai salah satu tanaman yang dapat mengusir ular. Dikutip dari New Vision, David Nkwanga mengatakan, “Ular tidak suka melewati bau bawang dan memutuskan untuk pergi ke tempat lain.”

Tempatkan tanaman bawang putih di dekat pagar untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Aroma bawang putih yang menyengat tidak disukai oleh ular.

2. Marigold

Selain bawang putih, marigold juga menjadi tanaman yang tidak disukai oleh ular, karena tanaman ini memiliki akar yang mengeluarkan aroma kuat sehingga bisa mengusir banyak hama dan binatang di kebun. Selain itu, warna marigold yang cantik tentu akan mewarnai dan mempercantik halaman rumah.

3. Lidah mertua

Lidah mertua tidak disukai ular karena daunnya yang tahan membuat ular pergi. Selain itu, perawatan tanaman pengusir ular yang satu ini  juga terbilang mudah karena tidak perlu sering disiram air. Tanaman lidah mertua bisa Mommies tempatkan di dalam dan luar ruangan.

BACA JUGA: 10 Jenis Tanaman yang Bisa Menyaring Asap Rokok Sebagai Pembersih Udara

Untuk jenis tanaman pengusir ular lainnya dapat dibaca di halaman selanjutnya ya, Mommies!

Cover: Photo by GM Rajib on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan