banner-detik
LIFESTYLE

10 Jenis Tanaman yang Bisa Menyaring Asap Rokok, Cocok Sebagai Pembersih Udara

author

gitalarasw14 Oct 2021

10 Jenis Tanaman yang Bisa Menyaring Asap Rokok, Cocok Sebagai Pembersih Udara

Tanaman ini diketahui bisa menyaring asap rokok. Dengan begitu, Mommies bisa memanfaatkannya untuk membersihkan udara jika ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok. 

Apakah di rumah Mommies ada anggota keluarga yang merokok? Diketahui bahwa asap rokok menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Dilansir dari situs Life Green Group, bagi perokok pasif, dosis kecil dari karbon monoksida saja dapat menyebabkan gejala flu.

Melihat hal tersebut, Mommies sebaiknya menemukan cara untuk menghalau asap rokok yang membuat udara tidak enak dihirup. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman hijau yang memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari debu dan karbon monoksida asap rokok.

Tanaman tersebut bisa diletakkan di area rumah yang kerap menjadi tempat merokok. Selain bagus untuk membersihkan udara, ia juga bisa menjadi tanaman hias yang mempercantik rumah.

BACA JUGA: 7 Tanaman Indoor yang Menjadi Tren, Manakah Favorit Anda?

Berikut 10 rekomendasi tanaman yang bisa menyaring asap rokok di rumah:

1. Walisongo hijau

Selain nama latin Schefflera arboricola, tanaman walisongo hijau juga dikenal  dengan umbrella tree dalam bahasa Inggris. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dalam ruangan dan daunnya yang hijau tua memiliki kilau seperti lilin. Tidak hanya menyaring asap tembakau, tumbuhan ini juga menyaring benzena, formaldehida, dan toluena.

2. Palem kuning

Tanaman bamboo palm atau palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens) cukup umum di Indonesia sehingga Mommies tidak akan kesulitan menemukannya. Palem kuning juga salah satu tanaman indoor yang paling terkenal dan sempurna untuk rumah yang memiliki perokok aktif.

3. Sirih gading

Tanaman Sirih gading (Epipremnum aureum) atau golden pathos termasuk tanaman merambat yang dapat menjalar di dinding ataupun rak. Sirih gading dapat tumbuh di ruangan bersuhu dingin dan cahaya rendah sehingga lebih mudah untuk merawatnya!

BACA JUGA: Pilihan Tanaman Rambat untuk Mempercantik Tampilan Rumah

4. Karet merah

Karet merah (Ficus elastica) sangat ideal untuk menyerap karbon monoksida di kantor atau rumah. Namun, Mommies harus meletakannya di area luas karena karet merah bisa tumbuh menjadi sangat besar.

5. Lili paris

Memiliki bentuk seperti kaki laba-laba, Lili paris (Chlorophytum comosum) juga dikenal dengan nama spider plant. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini juga dipercaya ramah lingkungan karena dapat menyaring asap rokok.

Untuk jenis tanaman lainnya, simak di halaman selanjutnya yuk, Mommies!

Share Article

author

gitalarasw

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan