Now Reading
Mencegah Ular Masuk ke Rumah Saat Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Mencegah Ular Masuk ke Rumah Saat Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Saat musim hujan, banyak laporan mengenai kemunculan beberapa hewan berbahaya seperti ular. Lakukan hal ini untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. 

Di musim hujan, hewan-hewan, terutama reptil, berusaha menemukan cara untuk masuk ke kehidupan manusia. Diketahui bahwa selama musim hujan, banyak reptil yang terlihat di area rumah, termasuk ular. Karena hujan memenuhi habitat mereka dengan air, ular biasanya keluar dari sarangnya. Mereka mencari tempat yang dapat melindungi dari hujan dan akhirnya berakhir masuk ke dalam rumah kita.

Jika Mommies dan keluarga mengalaminya, pertama-tama jangan panik. Dan apabila tidak memahami bagaimana cara menangani ular, sebaiknya hubungi petugas atau pawang ular.

BACA JUGA: Waspada Banjir di Musim Hujan, Siapkan 9 Hal Ini

Untuk mencegah ular masuk ke rumah di musim hujan, ada beberapa cara yang bisa Mommies lakukan.

Tips mencegah ular masuk ke rumah

Hilangkan genangan air

Sebelum hujan datang, periksa genangan air di halaman atau kebun rumah. Terutama di area-area tersembunyi seperti dekat pagar atau wilayah yang lebih rendah. Dengan menghilangkan genangan air ini, ular akan mencari tempat lain untuk bersarang.

Jangan sampai ada tikus

Tikus merupakan salah satu sumber makanan bagi ular. Jenis reptil ini menggunakan lidahnya untuk mengendus dan melacak keberadaan mangsanya. Jika ular menangkap aroma tikus di dalam rumah Mommies, itu akan membawa mereka masuk. Oleh sebab itu, pastikan rumah Mommies tidak ada tikus.

Agar rumah bebas tikus, sebaiknya selalu jaga lingkungan tetap bersih, buang makanan sisa, serta tambal tembok atau pintu yang berlubang agar tikus tidak bisa masuk.

leptospirosis

Eliminasi tempat yang berpotensi menjadi sarang ular

Ular senang berlindung dari predator di tempat yang terlindungi dan hangat. Melihat hal tersebut, penting untuk melenyapkan area di halaman yang memungkinkan jadi sarang ular. Misalnya, tumpukan selang, tempat penyimpanan kayu bakar, hingga semak belukar.

Tutup lubang

Sebelum hujan tiba, tutup lubang-lubang di halaman. Ini karena ular dapat menggunakannya untuk bersembunyi. Jika Mommies menemukan lubang, isi dengan kerikil atau tanah, untuk mencegah ular membuat sarang.

Memangkas rumput

Pastikan rumput tetap pendek karena ini akan mencegah ular merayap di dekat rumah. Ular sering menggunakan rumput tinggi untuk bersembunyi dan agar tidak terlihat oleh predator seperti burung besar atau anjing liar. Dan karena ular berdarah dingin, mereka menggunakan semak-semak sebagai tempat istirahat agar tetap sejuk saat matahari terbit.

Menutup akses keluar masuk ular

Mommies harus menutup semua akses yang memungkinkan ular masuk ke dalam rumah, seperti ventilasi, serta retakan pada dinding dan pondasi.

Bersihkan timbunan

Membersihkan timbunan di sekitar rumah juga menjadi tugas penting yang harus dilakukan untuk menghindari ular menetap di dekat atau bahkan di dalam rumah. Bereskan barang-barang yang tidak terpakai dan jangan biarkan berserakan di halaman atau rumah.

declutter

BACA JUGA: 8 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Pasang pagar atau tembok tinggi

Jika rumah Mommies berdekatan dengan rawa-rawa atau hutan, maka risiko munculnya ular lebih tinggi. Untuk melindungi diri dari kemungkinan datangnya ular, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memasang pagar keliling atau dinding tinggi di sekitar rumah sebagai garis pertahanan.

Itu dia hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah saat musim hujan. Selalu waspada ya, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top