Now Reading
8 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

8 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Musim hujan memberikan tantangan tersendiri dalam merawat tanaman hias. Ini yang bisa dilakukan agar tumbuhan di rumah tumbuh dengan baik.

Dengan rendahnya suhu dan munculnya kelembapan, membuat musim hujan menjadi waktu terbaik bagi tanaman untuk tumbuh. Tanaman dapat menyerap kelembapan udara dan sinar matahari yang didapatkan sebelumnya dengan baik.

Meski begitu, pada musim hujan, Mommies juga harus memberikan perhatian ekstra pada tanaman hias. Mulai dari penyiraman hingga pemupukan. Ini karena musim hujan juga memiliki risiko membuat tanaman busuk. Apa yang harus dilakukan untuk menghindarinya?

Berikut tips merawat tanaman hias di musim hujan:

1. Jangan menyiram berlebihan

Kita tahu bahwa hal yang berlebihan tidak baik. Well, ini juga berlaku kepada tanaman hias. Melakukan penyiraman secara berlebihan dapat memengaruhi kesuburan tanah dan mungkin membuat tanaman tidak bertahan lama. Memberikan air terlalu banyak, terutama di musim hujan, membuat akar tanaman cepat membusuk dan akhirnya menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, sebaiknya batasi penyiraman di musim hujan. Beri air kepada tanaman hanya ketika bagian atas tanah mulai kering atau ada daun layu.

BACA JUGA: 10 Penyebab Tanaman Mendadak Layu dan Cara Mengatasinya

2. Pindahkan pot agar tanaman tidak terpapar air hujan

Selain mengurangi penyiraman, hal yang perlu Mommies lakukan adalah memindahkan pot agar tidak terus-terusan terpapar air hujan. Paparan air hujan—terutama jika sangat deras—dapat merusak tanaman.

3. Pastikan pot memiliki drainase yang baik

Jika Mommies melihat air tergenang di dalam pot, cek lagi sistem drainasenya. Jika bagian bawah pot tidak dilengkapi dengan lubang, maka Mommies harus mengecek dan membuang air secara teratur. Sebab, air yang menggenang di dalam pot bisa meningkatkan risiko berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah.

4. Perhatikan cacing pada tanaman

Musim hujan mengundang serangga dan cacing untuk menghampiri tanaman. Oleh sebab itu, Mommies harus rajin memperhatikannya. Namun, jika melihat cacing tanah, sebaiknya biarkan saja karena mereka membantu proses aerasi dan nitrasi tanah.

5. Beri pupuk pada tanaman

Akibat hujan, tumbuhan mungkin akan kehilangan nutrisinya. Ide yang bagus untuk menggunakan pupuk organik pada masa-masa ini agar tanaman tetap sehat.

6. Gunakan penyangga jika perlu

Karena angin kencang, beberapa tanaman mungkin membutuhkan penyangga tambahan seperti ranting pohon atau stik es krim. Ini digunakan untuk menahan tanaman agar tidak mudah patah.

BACA JUGA: 7 Tanaman Indoor yang Menjadi Tren, Manakah Favorit Anda?

7. Cek secara berkala

Munculnya bercak pada daun yang disebabkan oleh jamur menunjukkan bahwa tanaman sudah terinfeksi. Sebelum terlalu parah, cek tanaman secara berkala. Jika sudah ada tanda-tanda pembusukan—meskipun masih sedikit—harus segera dicari solusi agar tanaman tidak layu sepenuhnya.

8. Ventilasi cukup

Ventilasi yang tepat memungkinkan udara yang lembab dan panas diganti dengan udara kering yang lebih dingin. Ini membantu mempertahankan tingkat kelembaban yang ideal.

Itu dia 8 cara yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman hias di musim hujan. Semoga membantu ya, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top