Now Reading
Waspada Banjir di Musim Hujan, Siapkan 9 Hal Ini

Waspada Banjir di Musim Hujan, Siapkan 9 Hal Ini

Dhevita Wulandari
waspada banjir

Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan dan sejumlah wilayah pun rentan banjir. Siapkan beberapa hal ini sebagai bentuk waspada terhadap banjir.

Berdasarkan prediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), hujan maksimal dan merata di Indonesia diperkirakan terjadi pada Desember 2021. Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan tahun 2021-2022 terjadi pada Januari 2022 dan Februari 2022.

Namun, saat ini hujan sudah sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Jika curah hujan tinggi, kemungkinan banjir pun dapat terjadi. Sebagai upaya waspada banjir terjadi, berikut 9 hal yang dapat dilakukan.

  1. Selalu pantau informasi cuaca

Mengetahui informasi terbaru mengenai perkiraan cuaca setiap harinya penting dilakukan saat musim hujan. Informasi cuaca dapat dicari dan diakses melalui berbagai platform seperti media sosial, salah satunya di akun BMKG di @infoBMKG.

Memiliki radio AM/FM dengan baterai–bukan digital–juga bisa menjadi sumber informasi yang akan membantu saat musim hujan.

BACA JUGA: Waspada Serangan Bakteri Leptospirosis di Musim Hujan

  1. Persiapkan tas siaga bencana

Sering dianggap sepele sehingga tidak dipersiapkan dengan baik, tas siaga bencana ternyata memiliki peran yang sangat penting jika tiba-tiba terjadi banjir atau bencana. Tas siaga bencana (TSB) menjadi cara awal bertahan hidup sebelum bantuan datang. Usahakan menggunakan TSB yang waterproof atau anti air untuk mencegah isi tas rusak terendam air ketika banjir.

  1. Letakkan barang berharga di tempat yang tinggi

Apabila daerah tempat tinggal rawan banjir, jangan tunggu musim hujan tiba, segeralah letakkan barang-barang berharga di tempat yang tinggi seperti di atas lemari. Jika memiliki rumah bertingkat, lebih baik lagi jika barang-barang berharga diletakkan di lantai atas yang lebih aman kalau sewaktu-waktu terjadi banjir.

  1. Simpan dokumen penting di tempat aman

Dokumen seperti akta kelahiran, lisensi, kartu jaminan, akta tanah, bukti alamat, asuransi, pas foto, dan surat-surat penting lainnya sebaiknya dimasukkan dalam wadah yang kedap udara dan kedap air untuk mencegahnya rusak jika terjadi banjir. Simpan di tempat yang aman atau bisa dibawa di dalam tas siaga bencana.

BACA JUGA: Waspada, Nyamuk Penyebab Demam Berdarah Giat Berkembang Biak di Musim Hujan

  1. Persiapkan air putih dalam botol

Saat banjir, sumber air bersih dapat terkontaminasi kuman, virus, dan bakteri. Oleh sebab itu, ia tidak aman bagi kesehatan tubuh, terutama jika menggunakannya untuk minum, masak, dan mandi. Sediakan beberapa botol air minum atau gunakan wadah air yang besar jika sewaktu-waktu  banjir terjadi dan sumber air terkontaminasi.

  1. Sediakan uang tunai

Ketika terjadi banjir, kemungkinan anjungan tunai mandiri (ATM) juga ikut terendam banjir atau bisa terjadi mati listrik sehingga tidak dapat mengakses dan mengambil uang saat itu juga. Sebaiknya, sediakan uang tunai yang kira-kira cukup untuk berjaga-jaga sampai keadaan normal dalam wadah yang kedap udara dan kedap air agar menghindari uang tunai basah terendam air saat banjir.

  1. Bawa obat-obatan

Untuk mengantisipasi mengalami sakit saat banjir terjadi, sebaiknya sediakan dan bawa obat-obatan yang sesuai kebutuhan terutama jika memiliki penyakit khusus. Bawa juga obat-obatan umum seperti obat demam, batuk, dan flu untuk membantu memulihkan kondisi tubuh saat banjir terjadi. Jika bingung, bisa konsultasikan ke dokter terlebih dulu kira-kira obat apa saja yang wajib disediakan jika banjir terjadi di musim hujan.

BACA JUGA: Waspada, Mommies. Ini Dia 5 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

  1. Siapkan pakaian dan perlengkapan mandi

Jika banjir terjadi dan terpaksa harus mengungsi, persediaan pakaian dan perlengkapan mandi yang sudah dipersiapkan akan sangat membantu karena mungkin saja di tempat pengungsian belum ada saluran bantuan dari pemerintah dan masyarakat lainnya.

  1. Siapkan pengisi daya atau power bank

Mati listrik kemungkinan besar dapat terjadi saat hujan besar yang mengakibatkan banjir. Tentunya kondisi ini akan menyulitkan komunikasi dengan menggunakan handphone, sehingga menyediakan pengisi daya atau power bank akan sangat berguna setidaknya sambil menunggu listrik hidup kembali. Jangan lupa sediakan juga pelindung handphone tahan air agar menjaga tetap aman jika terendam banjir.

Semoga di daerah tempat tinggal Mommies aman dan terhindar dari banjir, ya. Ingat untuk tetap selalu waspada banjir karena bisa datang tiba-tiba. Always stay safe!

Cover: Photo by Pixabay on Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top