banner-detik
HEALTH & NUTRITION

7 Makanan yang Membantu Kekebalan Tubuh Anda dan Si Kecil di Musim Hujan

author

Dhevita Wulandari21 Nov 2021

7 Makanan yang Membantu Kekebalan Tubuh Anda dan Si Kecil di Musim Hujan

Asupan makanan dengan nutrisi tinggi perlu dikonsumsi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh di musim hujan. Berikut 7 daftar makanannya.

Memasuki musim hujan, penting untuk menjaga imunitas tubuh Mommies dan Si Kecil. Ini karena ketika musim hujan, risiko terserang virus, bakteri, dan jamur menjadi semakin tinggi yang akhirnya dapat menyebabkan kekebalan tubuh melemah.

Untuk menghindarinya, konsumsi makanan yang dapat membantu menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh seperti yang dilansir dari Healthshots berikut ini.

Bayam

Bayam dikenal mengandung vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, bayam juga kaya akan antioksidan dan beta karoten yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Bayam dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan, mencegah anemia dan kanker, serta dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko gangguan jantung.

BACA JUGA: Waspada Banjir di Musim Hujan, Siapkan 9 Hal Ini

Bit

Mengandung segudang nutrisi, bit bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, memelihara kesehatan pencernaan, meningkatkan kinerja fisik tubuh, dan membantu kerja saraf dan otot. Selain itu, bit juga dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat baik pada permasalahan rambut dan kulit.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Dapat dikonsumsi secara mentah dan matang, kandungan vitamin A dan C pada brokoli bermanfaat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, antioksidan yang dapat mendetoksifikasi radikal bebas, dan mencegah kanker. Brokoli juga mengandung zat besi, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan berbagai vitamin B.

Delima

Mempunyai warna merah yang khas, buah delima atau pomegranates kaya akan vitamin C dan serat yang dapat membantu membangun kekebalan tubuh dan mengembalikan energi. Buah delima juga mengandung antioksidan yang sudah dikonsumsi sejak dulu untuk memperlancar pencernaan dan dapat melawan infeksi virus dan bakteri.

BACA JUGA: 8 Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik dan antioksidan yang dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi jeruk setiap harinya dapat membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh, meningkatkan produksi kolagen, dan melindungi sel dari kerusakan. Jeruk juga dapat membantu tubuh melawan infeksi dan flu.

Semangka

Semangka mengandung banyak nutrisi yang terdiri dari karbohidrat, serat, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari sinar UV. Semangka juga mengandung 92% air dan antioksidan yang dapat membantu menjaga sel-sel dalam tubuh. Dengan semua nutrisi yang dimiliki, mengonsumsi semangka saat musim hujan dapat mengurangi risiko terinfeksi penyakit selama musim hujan.

Yogurt rendah lemak

Mengandung probiotik atau bakteri baik, yogurt rendah lemak dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Yogurt juga terdiri dari vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menyehatkan saluran cerna.

Nah itu dia beberapa makanan yang dapat menjaga kekebalan tubuh selama musim hujan. Ada yang menjadi favorit, Mommies?

Cover: Photo by Ella Olsson on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS