Now Reading
Merk Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM RI, Waspada dan Hindari!

Merk Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM RI, Waspada dan Hindari!

Melalui laman Instagram-nya, BPOM RI merilis daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Ketahui merk apa saja yang berbahaya berikut sehingga Mommies bisa menghindarinya. 

Memiliki kulit wajah yang cerah dan tidak kusam menjadi impian banyak orang. Salah satu untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan skincare dan produk kosmetik. Mulai dari sabun pembersih wajah, pelembap siang dan malam hari, toner, serum, dan yang lainnya. Namun, Mommies perlu berhati-hati saat memilih produk tersebut. Pasalnya, ada beberapa skincare dan kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya. Jika tidak diperhatikan dengan baik, itu justru merusak kulit kita.

Belum lama ini, melalui laman instagramnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI (BPOM RI) mengumumkan daftar komestik berbahaya yang mengandung merkuri. Merkuri sendiri telah lama disebut-sebut sebagai bahan berbahaya untuk kulit karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya membuat lapisan kulit menipis, itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf dan ginjal.

BACA JUGA: 3 Ciri-ciri Skincare Aman dan Tidak Berbahaya

Kandungan Skincare Berbahaya - Mommies Daily

Untuk menemukan kosmetik berbahaya ini, BPOM melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmestika bermerkuri di Indonesia. Mereka mengungkapkan, pemetaan ini dilakukan lewat beberapa tahapan. Dimulai dari mengidentifikasi nama produk kosmetika yang mengandung merkuri berdasarkan Public Warning Badan POM tahun 2003-2020 serta meneliti data Sistem Informasi Pelaporan Terpadu (SIPT) 2.0 Badan POM tahun 2017-2019.

Selanjutnya, BPOM melakukan identifikasi produk kosmetika yang mengandung merkuri berdasarkan data kerawanan kejahatan yang dilaporkan oleh Balai Besar Loka POM pada periode 1 Januari 2018-15 September 2020.

BACA JUGA: Banyak Dijual di Pasaran, Ini 8 Ciri Krim Wajah Berbahaya yang Harus Anda Tahu

Berikut beberapa produk kosmetik berbahaya dan mengandung merkuri yang paling banyak beredar di Indonesia.

1. Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening Cream – Night
2. Natural 99 Vitamin E
3. HN
4. SP Special UV Whitening Cream
5. Pemutih Dokter

Ingin mengetahui daftar kosmetik berbahaya lainnya? Simak selengkapnya DI SINI.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top