Now Reading
7 Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas

7 Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Dhevita Wulandari
olahraga yang aman

Bertambahnya umur bukan menjadi alasan untuk malas berolahraga. Jaga tubuh tetap bugar dengan 7 olahraga yang aman untuk usia 40 tahun ke atas berikut.

Berolahraga secara teratur disarankan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, meski olahraga baik untuk kesehatan, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukannya, apalagi jika Mommies sudah berusia 40 tahun ke atas.

Mommies sebaiknya melakukan olahraga ringan, membatasi waktu berolahraga sekitar 30 menit per hari, serta mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar, dan terhindari dari berbagai penyakit.

BACA JUGA: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari di Usia 30 dan 40 Tahun Agar Selalu Sehat

Ya, kurangnya olahraga dapat memicu munculnya beberapa masalah fisik, seperti kenaikan berat badan, pemglihatan buram, berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Oleh sebab itu, jangan berhenti olahraga meskipun sudah berusia di atas 40 tahun. Coba olahraga yang aman berikut:

Berjalan kaki

Sebuah penelitian yang diujikan kepada orang-orang berusia 40 tahun ke atas membuktikan bahwa berjalan kaki minimal 8.000 langkah per hari dapat berpotensi memperpanjang umur seseorang. Sering berjalan kaki juga dapat meningkatkan fungsi penglihatan, menenangkan pikiran, mencegah penyakit seperti diabetes dan jantung, serta menambah kekuatan otot kaki.

Jogging atau lari kecil

Tidak perlu lari yang kencang dan banyak mengeluarkan tenaga, cukup dengan lari kecil, santai dan ringan saja sudah dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Contohnya meningkatkan detak jantung, menjaga stamina yang baik, memperbaiki kualitas pernapasan, hingga melancarkan aliran darah.

Berenang

Berenang membuat hampir seluruh tubuh bergerak. Hal ini baik untuk tubuh karena akan membuat tubuh tidak gampang mengalami nyeri otot, terutama pada bagian punggung yang emang sering dikeluhkan oleh orang usia 40 tahun ke atas. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga orang yang melakuka kegiatan benerang dapat tidur dengan nyenyak setelahnya, serta dapat mengatasi saraf kejepit. Tidak perlu melakukan gaya yang sulit, cukup lakukan gerakan yang dikuasai saja.

Bersepeda

olahraga aman untuk usia 40

Gambar dari Unsplash.

Selain sedang populer, olahraga ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan dapat dilakukan dengan aman untuk usia 40 tahun ke atas. Bersepeda bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menumbuhkan pikiran yang sehat, menghindari stres, menjaga otot dan persendian tetap sehat, dan menurunkan risiko kanker.

Zumba

Berbeda dengan aerobik, zumba memiliki variasi gerakan yang lebih banyak dan memiliki tempo musik yang cenderung cepat. Tujuannya selain untuk membuat semangat dan fun saat melakukannya, ternyata zumba juga dapat mengurangi tingkat stres. Melakukan zumba juga dapat menjaga berat badan karena gerakannya yang energik atau penuh semangat, menjaga tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA: 5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Main HP dan Rebahan

Yoga

Lebih kalem dan tenang, yoga juga baik untuk membantu meningkatkan suasana hati, melawan kecemasan dan depresi, mengurangi sakit punggung, membakar lemak dalam tubuh, dan meningkatkan kebugaran tubuh. Tidak harus pergi ke tempat yoga, coba mulai dengan melakukan gerakan ringan yang dapat dilihat dari internet atau video YouTube.

Plank

Orang dengan usia 40 tahun ke atas pasti sering mengalami sakit punggung. Dengan rutin dan rajin melakukan plank selama 90 detik dapat mengatasi masalah sakit punggung.Tidak perlu terlalu sering melakukannya, cukup sekitar 3 kali dalam seminggu. Gerakan plank ini baik untuk melatih otot perut, dada, dan tulang belakang.

Mana yang menjadi favorit Mommies?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top