Now Reading
Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak, Lakukan Langkah Berikut

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak, Lakukan Langkah Berikut

Mommies Daily
bayi tersedak

Menepuk punggung anak saat tersedak, ternyata hanya efektif saat makanan belum ditelan. Menangani anak tersedak pun berbeda sesuai usianya. Simak penjelasannya berikut.

Tersedak adalah kondisi ketika ada benda asing yang menghambat saluran pernapasan atau aliran udara di tenggorokan. Benda asing yang dimaksud bisa berupa makanan yang tidak dikunyah dengan baik dan bisa juga berupa cairan. Tentunya, keadaan tersedak ini dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan tenggorokan, bahkan bisa berakibat kematian.

Suka penasaran nggak sih, Mommies, kenapa tersedak bisa terjadi? Ternyata ini karena makanan atau minuman ‘lolos’ dari katup di saluran pernapasan. Dalam kondisi normal, katup di saluran pernapasan ini harusnya menutup saat ada makanan atau minuman yang masuk. Tersedak tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak.

Nah, jika itu terjadi, berikut cara mengatasinya.

Mengatasi tersedak pada bayi (usia di bawah 1 tahun):

ASI, air putih maupun makanan padat bisa saja menjadi penyebab anak tersedak. Hal ini bisa terjadi akibat aliran ASI yang terlalu deras sehingga bayi (biasanya pada bayi yang berusia di bawah 3 bulan) mengisap ASI dengan lahap dan tersedak saat bayi menarik napas. Posisi bayi saat menyusu juga bisa menjadi faktor penyebab bayi tersedak. Begitu pula dengan cara makan dan minum yang tidak sesuai usia bayi, termasuk potongan atau tekstur MPASI yang tidak sesuai dengan usianya.

mengatasi anak tersedak

Pertolongan pertama:

  1. Tengkurapkan bayi pada lengan depan, topang leher dan dagu bayi menggunakan jari-jari tangan. Posisi kepala bayi harus lebih rendah dari posisi dadanya.
  2. Tekan punggung bayi tepat di antara kedua bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan sebanyak 5 kali. Lakukan dengan gerakan cepat.
  3. Bila makanan tidak juga keluar, segera balik badan bayi dan letakkan bayi telentang pada meja atau lantai.
  4. Posisikan dua jari Anda tepat di tengah tulang dada dan sedikit di bawah puting, lalu tekan dengan gerakan cepat sebanyak 5 kali.
  5. Jika penyumbatan belum teratasi, ulangi gerakan menekan dari belakang dan depan hingga makanan yang menyumbat keluar atau hingga bayi bisa bernapas normal.

PENTING! Jangan guncang bayi saat ia tersedak! Hindari juga mengorek sembarangan ke dalam tenggorokannya untuk mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernapasan bayi.

BACA JUGA: Pertolongan Pertama pada Anak Sakit Saat Pandemi

Mengatasi tersedak pada anak usia di atas 1 tahun

Pada anak yang lebih besar, cara sederhana yang bisa dilakukan saat anak tersedak adalah dengan menepuk-nepuk punggung anak. Namun, ternyata, cara ini berhasil jika makanan belum berhasil ditelan anak. Jadi, masih terlihat bila anak membuka mulut.

Namun, bila makanan sampai menyumbat saluran pernapasan, maka cara sederhana ini tidak akan berhasil. Cobalah pelajari cara Heimlich maneuver, yaitu tindakan pertolongan pertama saat anak (di atas 1 tahun) tersedak.

mengatasi anak tersedak

*Image dari americatop10-wpengine.netdna-ssl.com

Cara melakukan Heimlich maneuver:

  1. Pangku anak dengan posisi Anda berada di belakangnya. Lalu, lingkarkan kedua lengan Anda di seputar pinggang anak.
  2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan letakkan sedikit di atas pusar, sementara tangan lain memegang erat lengan dari tangan yang mengepal.
  3. Hentakkan dengan gerakan cepat ke bagian perut anak. Gerakan hentakan menekan perut ini dirahkan ke ulu hati.

BACA JUGA: Catat! Ini Pertolongan Pertama Saat Gusi Anak Bengkak

Bila langkah-langkah pertolongan pertama tidak juga berhasil dan anak mulai kehilangan kesadaran, maka Mommies harus segera membawa anak ke rumah sakit. Ada baiknya, saat melakukan pertolongan pertama, minta orang lain untuk menghubungi ambulans. Selain itu, meskipun benda yang menyangkut sudah berhasil ke luar tenggorokan, Mommies tetap dianjurkan untuk membawa anak ke dokter untuk memeriksa apakah ia mengalami trauma atau tidak.

Selain itu, pertolongan pertama pada anak tersedak ini dapat dipahami dan diketahui oleh seluruh anggota keluarga, termasuk pengasuh Si Kecil. 

Ditulis oleh: Lariza Puteri

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top