Now Reading
Catat! Ini Pertolongan Pertama Saat Gusi Anak Bengkak

Catat! Ini Pertolongan Pertama Saat Gusi Anak Bengkak

RachelKaloh

Gusi bengkak itu sangat tidak nyaman. Anak bisa jadi rewel seharian dan nggak mau makan. Segera lakukan pertolongan pertama ini, ya, Mommies!

Buat Mommies yang pernah mengalami drama gusi bengkak pada anak pasti tahu banget betapa nggak nyamannya hari-hari yang harus anak (dan kita) lewati. Serba salah, mau makan, nggak nyaman, mau tidur, terganggu karena rasa sakit yang dialami. Hampir sama, lah, dengan rasa sakit ketika gigi berlubang. Sudahlah lagi PPKM begini, nggak bisa segera lari ke dokter gigi untuk berobat. Itulah pentingnya mencatat pertolongan pertama berikut ini, supaya saat kejadian, kita bisa membantu anak mengurangi ketidaknyamanannya. 

Apa, sih penyebab gusi bengkak pada anak?

Sebelum menanggulanginya, Mommies perlu tahu dulu apa saja yang bisa menyebabkan gusi bengkak pada anak, karena gusi bengkak pada dasarnya merupakan masalah mulut yang umum terjadi. Biasanya, ditandai dengan jaringan lunak gusi yang berwarna kemerahan, terlihat menonjol keluar, menjadi sensitif terhadap rangsangan, terasa nyeri maupun nyut-nyutan yang seringkali tidak tertahankan.

Dilansir Hellosehat, berikut penyebab gusi bengkak pada anak:

  • Pertumbuhan gigi anak. Baik gigi susu maupun gigi tetap, ketika tumbuh biasanya menimbulkan gusi bengkak yang mendatangkan sensasi tidak nyaman di mulut.
  • Radang gusi (gingivitis). Biasanya disebabkan oleh kondisi kebersihan mulut yang buruk, akibat jarang sikat gigi dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan asam. Bila tidak terobati dengan tepat, dapat berkembang menjadi infeksi gusi (periodontis).
  • Abses gigi, yang ditandai dengan timbulnya benjolan berisi nanah akibat infeksi bakteri. Hal ini bisa terjadi juga ketika anak malas menyikat gigi atau ketika teknik membersihkan mulut dan giginya tidak sesuai anjuran.

Baca juga: INFOGRAFIK: Ketahui Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Pertolongan Pertama Saat Gusi Bengkak

Yang bisa dilakukan ketika anak mengalami gusi bengkak adalah:

Kumur air garam

Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang menempel di sela-sela gigi. Air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut. Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, minta anak untuk menggunakannya sebagai obat kumur. 

Kompres dingin

Rasa sakit pada gusi juga bisa dibantu dengan cara menggunakan kompres dingin. Bisa berupa es batu yang dibungkus menggunakan handuk, atau menggunakan kompres anak yang sebelumnya disimpan di lemari pendingin. Tempelkan di pipi anak selama kurang lebih 20 menit, supaya sakitnya berkurang.

Menggunakan obat yang tepat

Bila penggunaan obat alami di atas tidak bisa memberikan rasa nyaman pada anak, Mommies bisa menggunakan obat yang tepat dan ideal. Hampir sama dengan pengobatan pada sariawan, menurut dr. Herwanto, Sp.A dari RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta, obat sariawan yang ideal harus efektif bekerja cepat, aman jika tertelan, nyaman (tidak mengiritasi mukosa), rasa bisa ditoleransi oleh anak, dan praktis (mudah diaplikasikan).

Pilihan obat yang mudah dicari:

  • Aloclair Plus

Bisa didapat di apotek terdekat atau online. Tersedia dalam bentuk mouthwash, gel, dan spray. Aman dan cukup ampuh digunakan karena mengandung bahan-bahan seperti aloevera, sodium hyaluronate, glycyrrhetinic acid, dan polyvinylpyrrolidone (PVP). Rasa bisa ditolerir anak.

  • Betadine Mouthwash and Gargle

Bisa didapat di minimarket terdekat. Rasanya memang sedikit tidak nyaman bila digunakan untuk berkumur oleh anak. Untuk mengobati gusi bengkak, gunakan kasa steril yang dipotong dan dilipat kecil, teteskan Betadine Mouthwash and Gargle, lalu kompres dengan lembut gusi anak selama 1-2 menit. Pastikan tangan Mommies sudah benar-benar bersih, ya!

Baca juga: Penyebab dan Pilihan Obat Sariawan pada Bayi dan Anak

Image by jcomp – www.freepik.com

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top