Now Reading
Mengenal Positive Mental Health dan Bagaimana Cara Menerapkannya

Mengenal Positive Mental Health dan Bagaimana Cara Menerapkannya

sehat dan bahagia

Positive mental health dibutuhkan agar Mommies sehat lahir dan batin. Namun, apa itu positive mental health dan bagaimana kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Kesehatan mental memengaruhi setiap orang dan kegiatan sehari-hari kita. Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Orang-orang dengan gangguan mental, akan kesulitan menjalani hidupnya sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Untuk menjaga kesehatan mental tetap sehat, Mommies bisa menerapkan positive mental health. Penting untuk mendorong kesehatan mental yang positif—dimulai dari setiap individu, hingga akhirnya berkembang ke komunitas dan sistem yang lebih besar.

Mari berkenalan lebih lanjut dengan positive mental health atau kesehatan mental yang positif.

Pengertian

World Health Organization (WHO), mendefinisikan kesehatan mental yang positif sebagai sebuah kondisi di mana setiap orang mampu untuk:

  • Menyadari potensi yang dimilikinya
  • Beraktivitas dengan produktif
  • Menghadapi stres dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan kontribusi positif di lingkungan sekitarnya

Kesejahteraan mental dan psikologis meliputi cara kita memahami diri sendiri serta kemampuan menghadapi situasi eksternal. Perlu diingat bahwa kesehatan mental yang positif, bukan hanya bebas dari gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Menjadi sehat secara mental, terutama dengan karakterisitik positif, adalah merasa memiliki tujuan dan kepuasan dalam hidup. Mommies harus mampu memelihara hubungan dengan diri sendiri dan orang lain serta dapat berpartisipasi dalam kehidupan secara maksimal.

Ciri positive mental health lainnya meliputi:

  • Merasakan emosi positif seperti kebahagiaan, optimisme, cinta, welas asih, dan suka cita.
  • Memiliki tujuan hidup
  • Percaya diri dalam menghadapi situasi apa pun
  • Menghindari menyalahkan diri sendiri
  • Menghargai diri sendiri

Mengapa memiliki kesehatan mental yang positif sangat penting?

Kesehatan mental yang positif memungkinkan kita untuk menikmati semua aktivitas yang dilakukan dalam hidup. Meski begitu, ingat ya Mommies, bukan berarti kita tidak boleh sedih dan mengalami momen-momen emosional. Hanya saja, jika memiliki positive mental health, Mommies lebih mudah bangkit dari situasi yang kurang menyenangkan tersebut. Banyak juga orang yang menyebutnya dengan ketahanan mental (mental resilience).

Memiliki ketahanan mental juga berarti setiap individu mampu mengatasi kesulitan, trauma, dan stres, dengan lebih baik.

Cara mendapatkan kesehatan mental yang positif

Mommies bisa melakukan beberapa cara ini:

1. Jaga kesehatan fisik

Memang, kita sedang membicarakan kesehatan pikiran, tetapi mental dan tubuh kita sangat berkaitan. Sulit mencapai kesejahteraan mental jika fisik juga tidak dirawat dengan baik. Sebagai contoh, Mommies akan sulit merasa nyaman jika kurang makan atau belum mandi.

Saat merawat diri sendiri, pastikan Mommies:

  • Mengonsumsi makanan bergizi yang meliputu protein, karbohidrat, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat.
  • Bersihkan tubuh dan lingkungan sekitar, seperti mandi, mencuci pakaian, serta merapikan rumah secara teratur.
  • Minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi
  • Hindari stimulan seperti kafein dan alkohol yang dapat memengaruhi mood
  • Hindari kebiasaan berbahaya seperti merokok dan minum alkohol berlebihan
  • Tidur cukup. Para ahli merekomendasikan tidur sekitar delapan jam setiap malamnya.

2. Atur waktu untuk terhubung dengan orang lain

Manusia merupakan makhluk sosial. Bahkan, introvert sekalipun menemukan kenyamanan saat berbincang dengan orang-orang yang sepemikiran dengannya. Terhubung dengan orang lain memang lebih baik dilakukan dengan tatap muka. Namun, panggilan telepon atau video juga bisa membantu jika tidak mungkin untuk bertemu.

Berbincang dengan teman atau anggota keluarga memberikan Mommies kesempatan untuk mengungkapkan kekhawatiran yang mungkin membebani selama ini.

3. Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Ketika melakukan aktivitas fisik, otak melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki suasana hati dan memberi Mommies energi. Olahraga teratur juga dapat membantu Mommies tidur lebih nyenyak dan merasa lebih menyatu dengan diri sendiri.

Tidak harus melakukan olahraga berat ya, Mommies. Berjalan kaki di sekitar rumah atau berkebun dapat memberikan aktivitas fisik yang baik.

4. Gunakan kalimat positif dalam kehidupan sehari-hari

Ada hubungan antara menggunakan kata-kata positif dengan kesehatan mental. Ketika tidak merasa baik, mudah sekali terjerumus ke dalam self-talk yang negatif. Lakukan hal-hal berikut untuk menghalau pikiran negatif:

  • Sadari dan kenali pikiran negatif Mommies serta seberapa sering itu terjadi. Saat sudah menyadari polanya, Mommies jadi lebih terbiasa mengatasinya.
  • Terkadang pikiran negatif bahkan tidak berdasarkan kenyataan. Pahami bahwa apa yang kita pikirkan belum tentu akan terjadi.
  • Imbangi pikiran negatif dengan yang positif.
  • Pikirkan skenario lain dari sisi yang lebih positif.
  • Tulis semua pikiran yang mengganggu dan iringi dengan hal-hal yang disukai dari diri sendiri.
  • Be kind to yourself.

Perlu waktu untuk mulai membingkai ulang pola pikir negatif menjadi sikap mental yang lebih positif. Oleh sebab itu, bersabarlah dengan diri sendiri ya, Mommies. Teruslah berjalan dan syukuri setiap kemajuan yang terjadi.

Sumber: CBHS Health

BACA JUGA:

Drama Korea yang Mengangkat Tentang Kesehatan Mental

Kenapa Kesehatan Mental Begitu Penting untuk Jadi Orangtua yang Lebih Baik

9 Tanda Kita Terlalu Lama Mengabaikan Kesehatan Mental

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top