Now Reading
Waspadai 12 Tanda Awal Alzheimer

Waspadai 12 Tanda Awal Alzheimer

Cermati 12 tanda awal Alzheimer ini dan jika Anda dapati beberapa tanda dialami baik oleh Anda atau orang tua tercinta, jangan abaikan.

Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan yang lambat dalam memori, kemampuan berpikir, dan bernalar seseorang. Gejalanya seringkali muncul secara perlahan. Biasanya dimulai ketika seseorang mengalami kesulitan mengingat hal-hal yang baru saja terjadi atau sulit memilih kata-kata untuk diucapkan. Tanda umumnya adalah menanyakan hal yang sama berulang kali. Seiring waktu, kondisi ini bisa memburuk. Mereka yang mengalami tahap akhir Alzheimer biasanya tidak boleh hidup sendirian.

Baca juga: Belajar Memahami Penyakit Alzheimer dari Still Alice

Photo by WJ on Unsplash

Apa saja 12 tanda awal Alzheimer?

1. Menanyakan hal yang sama berulang-ulang dalam kurun waktu yang tidak lama
Berapa kali Anda dengar orang tua Anda bertanya, “Hari apa hari ini?” Setelah Anda jawab, 2 jam kemudian dia akan bertanya lagi, dan lagi, dan lagi.

2. Lupa sudah minum obat atau belum
Untuk beberapa saat, dia sendiri akan menganggap itu hal yang manusiawi, sesekali lupa. Tapi kemudian ‘lupa’ itu mulai menjadi rutinitas dan Anda juga lihat ia mulai meragukan ingatannya sendiri.

3. Membeli barang-barang yang sama, setiap hari
Dua hari lalu, belanja wortel 6 batang, untuk persediaan 3 hari. Kemarin beli lagi 6 batang, hari ini beli lagi jumlah yang sama. Dan itu terjadi setiap hari padahal hari-hari berikutnya jenis sayur mayur yang Anda butuhkan sudah berbeda.

4. Minta bantuan mencatat pengeluaran dan untuk apa
Sebelumnya, nggak pernah kesulitan mencatat jumlah uang yang dikeluarkan dan untuk apa. Tapi belakangan, mulai sering minta bantuan karena tidak mampu mengingat berapa jumlah uang yang sudah dikeluarkan dan untuk apa aja.

5. Terjadi perubahan yang tidak sesuai dengan karakteristiknya
Orang tua Anda adalah orang yang apik. Rumah atau kamarnya selalu bersih dan rapi, ada atau tidak ada ART. Tapi semakin ke sini, Anda menyadari, debu menumpuk, banyak benda ada di tempat yang tidak seharusnya, rumah atau kamarnya jadi berantakan dan kotor tanpa ia sadari.

6. Salah meletakkan barang-barang yang sering ia gunakan
Ini memang salah satu tanda yang sulit untuk mengidentifikasi Alzheimer karena kita semua sering salah atau lupa meletakkan barang kan? Tapi tanda bahaya bisa dikenali ketika orang tua Anda mulai bersikeras bahwa orang lain lah yang telah memindahkan atau ‘mencuri’ barang-barang yang ‘hilang’ itu dan kemudian benda-benda itu Anda temukan di tempat yang tidak semestinya.

Baca juga:

Penyakit Alzheimer: Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Menanganinya

7. Kesulitan mengikuti cerita dan mengingat karakter-karakter di acara televisi
Ini bisa diawali ketika orang tua Anda mulai sering menanyakan “Siapa itu?“ setiap kali ada pergantian adegan di satu epidose sinetron yang sama. Atau dia mulai tidak bisa membedakan atau malah salah mengenali karakter-karakter di sinetron atau serial drama favoritnya.

8. Menanyakan nominal uang
Sebagai bendahara teladan, tentu nggak masalah mencatat pemasukan dan pengeluaran dan mengenali nilai uang. Tapi akhir-akhir ini semakin kesulitan membuat catatan, sering menanyakan nilai uang yang sedang dipegang, dan tidak bisa menghitung.

9. Salah mengingat kejadian atau cerita
Pernah terjadi nggak, orang tua Anda menanyakan kabar seorang kerabat dekat karena merasa sudah lama nggak dengar kabar tentangnya, padahal baruuu kemarin sang kerabat datang berkunjung? Atau ia cerita mengalami sesuatu padahal Anda yakin pasti, 100%, kisah itu bukan dialami oleh orang tua Anda melainkan tetangga sebelah rumah.

Ketika Anda ingatkan bukan itu yang terjadi, responnya bisa 2: pertama, dia akan bilang, “O iya, ya. Mama/ Papa inget sekarang” tapi dari matanya, Anda tahu dia sama sekali tidak ingat; kedua, dia akan kekeuh sumekeuh dirinya benar.

10. Bersikap kasar
Tanda lain yang perlu diamati adalah ketika orangtua jadi begitu gampang berkata kasar. Semakin lama semakin sering, tanpa ia sadari, terutama saat ia idak senang hati.

11. Tersandung dan jatuh
Untuk meminimalkannya dan menghindarkan orang tua Anda mengalami cedera belikan alat bantu jalan untuk lansia dan sebisa mungkin dampingi kemanapun ia pergi.

12. Kebingungan di tempat yang biasa dikunjungi
Mengajak orang tua Anda berbelanja bulanan ke super market langganan nggak pernah jadi masalah sampai suatu ketika Anda dapati orang tua Anda tampak kebingungan seolah dia nggak tahu sedang berada di mana. Jika terjadi beberapa kali meskipun di beberapa kesempatan berbeda, upayakan selalu ada yang menemaninya.

Apa yang bisa Anda lakukan
Jika Anda melihat tanda-tanda Alzheimer dalam diri Anda atau orang tercinta, segera temui dokter. Dokter dapat memberi tahu Anda gejala- gejala dan perawatan yang bisa dipilih. Ada cara baru yang dapat membantu deteksi dini Alzheimer, salah satunya adalah dengan melakukan tes darah untuk menentukan ada atau tidak adanya protein yang mungkin menunjukkan adanya plak terkait Alzheimer di otak.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Demensia

Photo by Andreea Popa on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top