Now Reading
8 Kebiasaan Makan yang Membuat Sistem Imun Melemah

8 Kebiasaan Makan yang Membuat Sistem Imun Melemah

Nutrisi berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, kebiasaan makan yang buruk dapat membuat sistem imun melemah. Berikut beberapa contohnya. 

Menjaga kesehatan sistem imun menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat ini, apalagi kita sedang menghadapi pandemi COVID-19. Menurut beberapa ahli, salah satu cara menjaga sistem kekebalan tubuh adalah dengan menyadari apa yang kita konsumsi. Dengan kata lain, pola makan seseorang memengaruhi sistem imunnya.

Sebagai contoh, nutrisi dapat memengaruhi mikrobioma, fungsi pencernaan, proses inflamasi dan cara kerja sel darah putih yang semuanya berkaitan dengan sistem imun. Sayangnya, belum banyak orang yang menyadari bahwa pola makan memiliki hubungan dengan peningkatan risiko penyakit, alergi, dan gangguan respons imun. Pada akhirnya, mereka cenderung ceroboh dalam memilih jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berikut 8 kebiasaan makan yang membuat sistem imun tubuh melemah:

Mengonsumsi garam berlebihan

Kelebihan natrium sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Namun, sebuah studi terbaru dari University Hospital of Bonn yang dilakukan pada tikus dan manusia, menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Para peneliti menemukan fakta bahwa ketika ginjal menerima terlalu banyak natrium, terjadi efek domino di mana tubuh tidak kuat melawan infeksi bakteri.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari 70% makanan dengan sodium tinggi di Amerika Serikat, merupakan processed foods. Oleh sebab itu, penting untuk membatasi konsumsi makanan berproses seperti makanan kaleng atau frozen pizza.

Terlalu banyak makan manis

Sebuah studi yang dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa terlalu banyak konsumsi gula membuat kemampuan sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan bakteri berkurang.

Bukan berarti Mommies harus menghindari gula sepenuhnya, tetapi penting untuk membatasinya. The American Heart Association merekomendasikan setidaknya jangan mengonsumsi lebih dari enam sendok teh gula per hari untuk wanita, dan sembilan sendok teh untuk pria.

Asupan kafein berlebihan

Kopi dan teh memberikan banyak manfaat kesehatan berkat kandungan antioksidannya. Namun, bagaimana pun juga, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengganggu pola tidur. Pada akhirnya, itu dapat meningkatkan risiko inflamasi dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Agar memiliki fungsi imun yang baik, kurangi konsumsi minuman berkafein. Apalagi yang ditambah dengan gula dan pemanis buatan seperti soda dan minuman berenergi. Jika Mommies minum teh atau kopi, sebaiknya enam jam sebelum terlelap agar tidak mengganggu waktu tidur.

Kurang makan serat

Serat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengubah susunan bakteri usus yang mampu meningkatkan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa asupan serat makanan dan prebiotik yang tinggi bagus untuk fungsi kekebalan tubuh, termasuk perlindungan terhadap virus. Konsumsi serat yang cukup juga membantu tidur lebih nyenyak.

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan makan lebih banyak sayuran, buah, gandum dan kacang-kacangan.

Kurang minum air putih

Di antara semua minuman yang dikonsumsi, air putih justru kurang populer. Padahal, ini merupakan cara paling mudah dan sehat untuk meningkatkan sistem imun serta membuat tubuh tetap sehat dan kuat.

Konsumsi air putih yang cukup, membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga memungkinkan semuanya berfungsi dengan baik. Air putih juga membantu mengeluarkan racun dan mencegahnya menumpuk di dalam tubuh.

Terbiasa makan junk food

Tidak peduli seberapa lezat junk food, ia memiliki beragam dampak negatif bagi kesehatan, termasuk sistem imun. Faktanya, setiap habis makan cheeseburger, tubuh Mommies akan bereaksi seperti habis melahap bakteri jahat. Ini karena junk food dipenuhi dengan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi.

Tidak hanya sistem kekebalan tubuh, terlalu banyak konsumsi junk food juga dapat meningkatkan risiko diabetes, darah tinggi, dan penyakit jantung.

Tidak makan sayuran hijau

Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh - Mommies Daily

Sayuran hijau menyediakan nutrisi penting yang dikenal bagus untuk fungsi kekebalan tubuh, termasuk vitamin A dan C, serta folat. Sayuran hijau juga mengandung senyawa bioaktif yang melepaskan sinyal kimia untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Agar mendapatkan manfaat maksimal, konsumsi sayuran hijau seperti kangkung, sawi, kubis, brokoli, dan sebagainya.

Baca juga: Daftar Makanan yang Dilarang dan Dianjurkan Untuk Mempercepat Pemulihan Covid-19

Terlalu banyak minum alkohol

minum alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan, bahkan dalam jangka pendek, dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh Mommies. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Alcohol Research, terdapat hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dengan sistem imun yang melemah. Efeknya meliputi peningkatan risiko pneumonia, sepsis, pemulihan infeksi yang lebih lambat, hingga sindrom stres pernapasan akut.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa nutrisi memainkan peran penting pada sistem imun kita. Kebiasaan makan yang buruk dapat membahayakan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko terkena virus penyakit. Oleh sebab itu, sebaiknya pertimbangkan dengan baik mana makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi ya, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top