Now Reading
9 Penyebab Daun Tanaman Hias Menguning. Apa Saja?

9 Penyebab Daun Tanaman Hias Menguning. Apa Saja?

Dhevita Wulandari
Penyebab Daun Tanaman Menguning - Mommies Daily

Merasa sudah merawat dengan baik, tetapi tetap daun tanaman hias menguning? Mungkin karena salah satu dari sembilan penyebab ini.

Selain sebagai hobi, adanya tanaman hias dapat membantu memperindah tampilan rumah dan menjadikan sirkulasi udara menjadi lebih baik. Warnanya yang hijau membuat suasana lebih segar sehingga baik juga untuk kesehatan dan ketenangan pikiran.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bagus Untuk Sirkulasi Udara

Namun apa yang terjadi jika warna daun hijau yang menyegarkan tersebut berubah menguning padahal sudah dirawat dengan baik? Menguningnya daun pada tanaman menunjukkan adanya masalah yang terjadi pada tanaman tersebut. Dikaitkan dengan klorosis yang merupakan gejala akibat daun kekurangan klorofil yang diproduksi oleh daun. Pigmen ini sendiri penting untuk fotosintesis dan memberi warna hijau pada daun.

Kathleen Miller, seorang master gardener mengatakan bahwa ada beberapa alasan daun mengalami klorosis. Tetapi, daun yang menguning juga bisa disebabkan oleh hama dan penyakit.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu Agar Rumah Lebih Bersih

The Spruce, Miller merincikan beberapa penyebab daun tanaman hias menguning seperti berikut ini.

1. Kurang cahaya

Semua tanaman sangat membutuhkan cahaya untuk melakukan proses fotosintesis. Sehingga apabila cahaya dari sinar matahari tidak cukup, maka daun pada tanaman akan terlihat memudar warnanya. Cari tahu terlebih dulu daun tanaman hias yang menguning tersebut sebenarnya membutuhkan jenis cahaya yang seperti apa. Apakah membutuhkan cahaya dari sinar matahari secara penuh atau hanya dapat menolerir secara partial atau sebagian saja.

Untuk tanaman pot, cara mengatasinya lebih mudah. Tinggal pindahkan tanaman pot ke tempat yang memiliki atau bisa dimasuki cahaya yang lebih cerah. Jika ada pohon atau semak yang menaungi tanaman yang menguning, bisa segera diatasi dengan memangkasnya. Tetapi, apabila ada dinding atau bangunan sehingga tanaman tertutupi dan tidak mendapatkan cukup cahaya, cara terbaiknya adalah dengan memindahkannya ke lokasi yang lebih cerah dan disinari matahari.

2. Kekurangan air

Salah satu penyebab daun tanaman hias menguning adalah karena kekurangan air. Hari-hari yang panas di luar ruangan dapat menyebabkan tanaman kehilangkan banyak kelembapan melalui daunnya dibandingkan yang bisa diserap akar, sehingga membuat daun menjadi kuning. Untuk mengatasinya, cobalah siram tanaman secara perlahan dan dalam. Ulangi langkah ini seperlunya agar kondisi tanah pada tanaman tetap lembap.

3. Kelebihan air

Bukan hanya karena kekurangan air, kelebihan air juga bisa mengakibatkan daun menguning. Tanah dengan drainase yang buruk seperti tanah liat dapat menjadi padat dan tergenang air saat hujan, hal ini juga dapat mengakibatkan matinya oksigen. Dengan lingkungan seperti ini, akar tanaman tidak bisa bernapas atau rusak bahkan padat, sehingga menyebabkan daun dan batang menguning dan berubah coklat.

Sehingga, sebaiknya usahakan untuk tidak menanam tanaman di tempat dengan drainase yang buruk atau lebih baik mengubah tanah terlebih dulu sebelum menanam.

Baca juga: Penyebab Tanaman Mendadak Layu dan Cara Mengatasinya

Untuk penyebab daun tanaman menguning lainnya dapat dibaca di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Mommies.

Photo by Lavi Perchik on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top