Now Reading
Menjaga Kesehatan Mental Generasi Sandwich, Apa Saja yang Perlu Dilakukan? Nomor Dua Paling Penting!

Menjaga Kesehatan Mental Generasi Sandwich, Apa Saja yang Perlu Dilakukan? Nomor Dua Paling Penting!

generasi sandwich

Menjadi penopang dua generasi terkadang menguras tenaga dan mental generasi sandwich. Apa saja yang harus dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga?

Dalam beberapa tahun terakhir, makin banyak orang yang mengeluhkan tanggung jawabnya sebagai generasi sandwich. Dorothy Miller, profesor dari Universitas Kentucky, pertama kali memperkenalkan konsep generasi sandwich pada 1981. Menurutnya, generasi sandwich adalah orang dewasa yang menanggung hidup anak–anaknya, tetapi secara bersamaan juga harus menghidupi orang tuanya.

Sebuah survei kesehatan mental di Inggris pada 2000, menunjukkan bahwa hanya 41-45% generasi sandwich usia 45-54 tahun yang memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Sekitar 55-59% di antaranya mengalami stres, insomnia, depresi dan kecemasan.

Survei di Amerika Serikat tahun 2007 juga menunjukkan bahwa generasi sandwich berusia 35 – 54 tahun, mengalami tingkat stres lebih tinggi karena dituntut untuk menyeimbangkan peran dalam perawatan anak dan juga orangtua. Hampir 40 persen wanita generasi sandwich melaporkan tingkat stres yang ekstrem.

“Generasi sandwich memang memiliki tantangannya tersendiri. Dan pada beberapa kasus, itu dapat menurunkan kesejahteraan mentalnya,” ungkap Putu Widiastiti Giri, M.Psi, psikolog pendidikan dan pengurus Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Bali.

mertua dan menantu

Menurut perempuan yang kerap disapa Asti ini, ada faktor-faktor internal dan eksternal yang meningkatkan risiko generasi sandwich mengalami masalah mental. Faktor internalnya meliputi:

  • Dorongan untuk menerapkan nilai take and give dalam keluarga yang tersosialisasi sejak kecil di mana salah satunya adalah membalas budi orang tua yang telah membesarkan anak.
  • Kurangnya literasi keuangan sejak dini sehingga kurang siap saat berkeluarga.
  • Rendahnya kemampuan menyampaikan pemikiran atau keinginan sehingga cenderung berkeluh kesah dalam diam.
  • Mengalami kesulitan beradaptasi, terutama ketika beralih dari satu peran ke peran lainnya–seperti peran sebagai anak dan orang tua.

Sementara untuk faktor eksternal, lebih sering dikaitkan dengan persepsi tentang tuntutan lingkungan sekitar. Tuntutannya tidak hanya berupa uang, tetapi juga peran sebagai ‘anak yang baik’.

Selain itu, menurut dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ, dokter spesialis kedokteran jiwa RS Pondok Indah, tantangan menjadi generasi sandwich di masa pandemi COVID-19 semakin meningkat. Sebab, kebutuhan untuk merawat kesehatan anak dan orangtua  juga semakin besar. Padahal di saat yang bersamaan, individu tersebut juga harus tetap menjaga imunitas dirinya sendiri.

Pada akhirnya, penopang dua generasi ini lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan mental, antara lain:

  • burnout (kelelahan fisik dan mental)
  • gangguan tidur (banyak tidur atau kurang tidur)
  • perasaan bersalah
  • merasa khawatir terus-menerus
  • hilang minat terhadap aktivitas yang sebelumnya disenangi
  • ansietas (kecemasan)
  • depresi

Kondisi mental tersebut juga bisa memengaruhi kesehatan fisik, seperti:

  • kadar hormon stres yang lebih tinggi,
  • lebih sering izin sakit dari pekerjaan kantor karena terinfeksi penyakit menular,
  • respon imunitas yang lebih rendah terhadap influenza,
  • penyembuhan luka yang lebih lambat,
  • tingkat obesitas lebih tinggi
  • risiko penurunan kesehatan mental yang lebih tinggi

Menurut Asti, permasalahan utama dari terganggunya kesehatan mental generasi sandwich ini adalah kualitas hidup yang menurun. Namun, hal yang membedakan keparahannya adalah bagaimana seseorang mencari solusi dan kemudian mempraktikan hal tersebut.

“Makin cepat seseorang mencari dan mempraktikkan solusinya, makin cepat juga orang tersebut selamat dari tantangan generasi sandwich sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup bersama keluarga,” tutur Asti.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental generasi sandwich? Yuk, lihat di halaman selanjutnya, Mommies.

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top