banner-detik
NEWBORN

Waspadai 8 Tanda Bayi Stres Ini

author

Mommies Daily19 Aug 2021

Waspadai 8 Tanda Bayi Stres Ini

Siapa bilang hanya para ibu yang bisa stres, bayi juga bisa lho, Mommies. Berikut tanda-tanda bayi stres.

Berbicara tentang stres pada bayi, umumnya ada beberapa penyebab. Entah karena faktor lingkungan sekitar maupun kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi.

Beberapa faktor lingkungan dan sekitar penyebab bayi stres, di antaranya: perubahan cuaca yang terlalu drastis dari dingin ke panas, suasana rumah yang terlalu ramai, pergantian pengasuh dalam waktu singkat, dan juga rasa stres yang dialami orangtuanya. Ternyata, saat Mommies menunjukkan wajah tegang--misalnya akibat bertengkar dengan pasangan--bayi akan mengetahui dan akan merasakan stres juga.

BACA JUGA: 10 Kesalahan Orang tua Baru Saat Menidurkan Bayi

Selain itu, kebutuhan dasar yang tak kunjung dipenuhi seperti tidak segera diberi susu saat bayi memintanya juga bisa mengakibatkan bayi stres. Satu hal lagi yang bisa membuat bayi stres adalah rasa sakit dan rasa tak nyaman. Bayi biasanya hanya bisa mengungkapkan rasa sakit dan tak nyamannya dengan cara menangis. Bila kita tak peka dengan alasan bayi menangis, bisa-bisa ia menjadi stres. Untuk itu perlu diketahui tanda-tanda bayi stres, agar kita bisa menanganinya dengan baik dan tidak berlarut-larut.

Berikut 8 tanda bayi stres:

1. Bayi melakukan gerakan yang tak wajar

Saat stres, bayi akan menunjukkan gerakan yang tidak seperti biasanya. Karena belum bisa berbicara, mereka akan protes dengan gerakan tubuhnya juga. Misalnya, kakinya akan menendang-nendang ke segala arah dengan keras atau bayi melengkungkan punggungnya sambil menangis.

2. Rewel dan menangis lebih sering

Ini adalah tanda yang mudah dikenali. Namun, bukan berarti bayi yang menangis selalu mengalami stres. Bila tangisan bayi semakin keras dan sulit ditenangkan, baru Mommies bisa mengira bahwa ia mengalami stres. Segera tenangkan bayi yang mengalami kondisi ini dengan menggendong dan menepuk-nepuk punggungnya secara lembut.

3. Gelisah saat tidur

Saat bayi tidur adalah saat paling tenang, setuju tidak? Namun, tidak demikian dengan bayi yang stres. Ia akan mengalami tidur yang gelisah dan sebentar-sebentar terbangun.

BACA JUGA: Sensory Food Aversion pada Bayi, Bukan Susah Makan Biasa

bakteri baikpada bayi

4. Tidak mau lepas

Bayi yang mengalami stress biasanya tidak mau ditinggal dan cenderung lengket dengan ibunya. Ia pun hanya mau digendong ibunya. Bila ibunya tak telihat, ia akan menangis dan rewel.

5. Perubahan pola tidur

Saat bayi mengalami stres, itu bisa mengubah pola tidurnya. Bayi mungkin terbangun lebih lama dari biasanya.

6. Tidak ada kontak mata

Jika biasanya bayi senang menatap mata kita, saat stres itu tidak akan terjadi. Sebaliknya bayi justru menghindari tatapan Mommies.

BACA JUGA: 5 Masalah Kulit pada Bayi Baru Lahir dan Bayi dengan Kulit Sensitif

bayi

7. Perubahan pola makan

Stres juga bisa menyebabkan pola makan pada bayi berubah. Ada yang jadi lahap hingga terlalu banyak, ada juga yang malah tidak nafsu makan atau menyusu.

8. Tidak ceria

Biasanya jika diajak main, anak akan senang luar biasa. Namun, jika bayi tiba-tiba terlihat ‘dingin’ dan berlangsung cukup lama, bisa jadi itu tanda ia sedang stres.

Itulah 8 tanda bayi stres. Perhatikan dengan baik ya agar ketika bayi stres, Mommies bisa langsung menenangkannya.

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan