Now Reading
7 Kandungan Skincare Viral di 2021. Sudah Coba Belum?

7 Kandungan Skincare Viral di 2021. Sudah Coba Belum?

Dhevita Wulandari

Kandungan skincare viral di 2021 ini juga memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kulit wajah, lho! Ada yang sudah pernah Mommies coba?

Kesadaran menggunakan skincare sehari-hari sudah semakin tinggi di kalangan masyarakat. Mulai dari remaja hingga orang dewasa, baik perempuan juga laki-laki. Didukung dengan penggunaan media sosial yang banyak menginfokan tentang jenis-jenis skincare beserta kandungannya yang bagus hingga viral, sehingga banyak menarik orang untuk ikut mencoba.

Kandungan skincare yang semakin tren di 2021 ini punya banyak manfaat seperti melembapkan wajah, mencerahkan wajah, meredakan jerawat, dan masih banyak lagi.

Apa saja kandungan skincare viral 2021 ini? Yuk cek dan pelajari lebih lanjut supaya bisa mendapatkan sesuai kebutuhan kulit wajah.

1. Niacinamide

Kandungan Skincare Viral 2021 - Mommies Daily

Pasti banyak yang tidak asing dengan kandungan skincare yang satu ini. Niacinamide juga dikenal sebagai nicotinamide adalah zat turunan dari vitamin B3 (niacin). Dilansir dari Healthline, niacinamide dapat melembapkan kulit dan membantu mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengurangi kemerahan pada wajah, serta mengatasi jerawat dan bekasnya.

Niacinamide juga aman digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan kulit kering. Namun jika punya alergi, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit agar tidak menimbulkan efek samping ketika penggunaannya. Jika digunakan berbarengan dengan kandungan lain, niacinamide tidak boleh digabung dengan skincare yang memiliki AHA dan BHA karena sama-sama bersifat asam sehingga dapat mengurangi manfaat dan efektivitas masing-masing.

2. Centella Asiatica

Kandungan Skincare Viral 2021 - Mommies Daily

Ternyata centella asiatica juga ada di Indonesia, namun lebih dikenal dengan nama daun pegagan. Dikenal juga dengan sebutan cica, centella asiatica semakin banyak diperbincangkan dan digunakan karena mempunya manfaat yang sangat baik untuk kulit. Manfaatnya antara lain untuk menyembuhkan luka, anti-aging, mencegah kerusakan pada kulit, dan bisa untuk mengurangi stretch mark.

Umumnya centella asiatica dapat digunakan pada semua jenis kulit. Tapi tetap harus memerhatikan jenis kulit yang dimiliki. Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan produk centella asiatica yang berbentuk pelembap atau serum. Lalu jika memiliki kulit berminyak, disarankan menggunakan produk centella asiatica yang ringan seperti face mist, serum, dan masker.

3. Mugwort

Setelah awalnya ramai karena produk Korea, mugwort sekarang sudah banyak ditemukan pada produk lokal. Kandungan skincare dengan mugwort menjadi viral dan banyak digunakan karena memiliki kandungan vitamin C yang kaya dan baik untuk mencerahkan kulit. Mugwort juga kaya akan mineral dan ampuh mengatasi permasalahan kulit sensitif, kering, dan berjerawat. Kandungan mugwort umumnya bisa ditemukan dalam bentuk masker wajah.

4. Bakuchiol

Kandungan Skincare Viral 2021 - Mommies Daily

Bakuchiol adalah kandungan skincare yang memiliki manfaat dan fungsi yang hampir sama dengan retinol. Bedanya, bakuchiol terbuat dari bahan alami dari esktrak tanaman babchi, sedangkan retinol terbuat dari bahan sintetis hasil pemisahan beta-karoten. Penggunaan bakuchiol bisa mengurangi keriput dan garis halus di wajah, dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat wajah terlihat awet muda, dan memiliki sifat antioksidan.

Bakuchiol bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Penggunaan pada pagi hari disarankan untuk mengaplikasin sunscreen setelahnya. Bakuchiol juga aman digunakan untuk semua jenis kulit dan ibu hamil, sehingga menjadi alternatif yang lebih aman dibandingkan retinol.

Baca juga: Rekomendasi Serum Bakuchiol Untuk yang Tidak Bisa Pakai Retinol

5. Alpha Arbutin

Kandungan Skincare Viral 2021 - Mommies Daily

Alpha arbutin adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk mencerahkan kulit dan merupakan zat turunan dari hydroquinone yang efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit. Selain itu alpha arbutin juga dapat memudarkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Cocok digunakan pada kulit kering, kusam, dan normal tanpa jerawat. Dapat digunakan pada pagi hari dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan sunscreen setelahnya, serta dapat juga digunakan pada malam hari.

Baca juga: 5 Serum Lokal yang Mengandung Alpha Arbutin Untuk Samarkan Noda Gelap

6. Moringa

Kandungan Skincare Viral 2021 - Mommies Daily

Mungkin jarang terdengar, tetapi moringa menjadi salah satu kandungan dalam skincare yang mempunya manfaat baik bagi kesehatan kulit. Moringa atau biasa dikenal dengan daun kelor adalah daun atau bunga yang memiliki antioksidan dari vitamin E dan vitamin A yang dapat memperbaiki sel kulit wajah yang rusak akibat radikal bebas, mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, serta melembapkan dan melindungi kulit wajah. Kandungan vitamin E didalamnya juga mampu mengatasi permasalahan kulit kering.

7. Artichoke

Artichoke adalah jenis tanaman atau tunas bunga dari kelompok thistle yang dipanen sebelum bunga mekar. Artichoke mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta berbagai macam mineral. Sebelum dijadikan bahan skincare, ternyata artichoke sudah sejak lama dikonsumsi sebagai bahan makanan yang kaya antioksidan. Pada kulit, artichoke berfungsi membantu mengatasi kulit berjerawat, mencegah stres pada kulit, menyamarkan pori-pori, dan membantu menjaga elastisitas kulit wajah.

Photo by Christine Siracusa on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top