banner-detik
PARENTING & KIDS

Karakter Orang Tua Berdasarkan Zodiak

author

Sisca Christina30 Jul 2021

Karakter Orang Tua Berdasarkan Zodiak

Cara orang tua mengasuh anak nggak lepas dari karakter pribadi masing-masing orang tua. Seperti apa karakter Anda sebagai orang tua berdasarkan zodiak?

Kita pasti ingin bisa mengasuh anak dengan cara dan prinsip-prinsip pola asuh yang ideal. Sayangnya, nggak ada sekolah untuk mengajarkan seseorang menjadi orang tua yang baik. Namun, zalau kita paham betul seperti apa karakter kita sebagai orang tua, kita jadi bisa memelajari cara memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan gaya pengasuhan kita terhadap anak. Menurut life coach, pembimbing spiritual, dan astrolog Linda Furiate, zodiak Anda akan memengaruhi cara Anda menjadi orang tua. Yuk, cek, seperti apa karakter Anda sebagai orang tua berdasarkan zodiak, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Berikut Karakter Orang Tua Berdasarkan Zodiak

Aries

Seorang Aries sangat antusias untuk memiliki anak dan menjadi orang tua. Aries dapat menjadi panutan yang baik bagi anak-anak karena memiliki keterampilan kepemimpinan yang alami. Aries juga tipe orang tua yang senang untuk terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan anaknya. Sayangnya, Aries lemah dalam hal kesabaran. Cenderung mudah emosi ketika menemukan kesulitan saat mengasuh anak. Aries sering berharap ketangkasannya dalam segala sesuatu dapat segera dimiliki oleh anak-anaknya.

Taurus

Tipe orang tua yang menjunjung tinggi kenyamanan. Orang tua Taurus akan berusaha menciptakan lingkungan dan gaya hidup yang ideal untuk anak mereka. Orang tua Taurus akan mengajari anak nilai harga diri dan melakukan hal yang benar. Sayangnya, terkadang ini bisa jadi kebablasan dan terlalu banyak memanjakan anak. Orang tua Taurus harus berhati-hati dalam memenuhi setiap keinginan anak.

Gemini

Gemini adalah individu yang suka belajar dan punya rasa ingin tahu yang besar. Saat menjadi orang tua, prioritas utama untuk anak mereka adalah pendidikan. Mereka sering membacakan untuk anak. Sesuai karakternya yang suka bersosialisasi, orang tua Gemini menganggap penting bagi anak-anaknya untuk pintar bersosialisasi. Mereka akan mendorong anak untuk main bersama sepupu, kerabat dekat, dan teman sekolah mereka untuk belajar dan tumbuh. Karena sangat peduli dengan pendidikan dan pengajaran, orang tua Gemini tanpa sadar terlalu banyak memberi instruksi dan perintah kepada anak.

Cancer

Bagi Cancer, keluarga dan kehidupan rumah tangga adalah yang terpenting. Mereka akan berupaya untuk menciptakan suasana yang hangat, penuh kasih, dan suportif bagi anak-anak. Orang tua Cancer suka merencanakan dan menyiapkan makanan keluarga sebagai cara berbagi waktu berkualitas dengan anak-anak. Namun, Cancer mungkin cenderung terlalu melimpahi anak-anak dengan cinta, yang pada akhirnya membuat mereka menjadi orang tua yang terlalu protektif. Ini bisa membuat anak memberontak.

Leo

Orang tua Leo memiliki sifat menyenangkan dan suka bermain. Leo menyukai energi seorang anak dan mungkin menginginkan memiliki anak lebih dari dua. Leo menikmati hidup dan selalu mencoba untuk melihat sisi baik dari kehidupan itu, itulah sebabnya mereka berhubungan sangat baik dengan anak-anak. Leo bisa menyesuaikan diri dengan anak-anak, dan mereka senang berbagi waktu dengan anak. Aktivitas favorit orang tua Leo adalah berlibur atau jalan-jalan di akhir pekan bersama anak mereka.

Baca juga: 4 Gaya Pengasuhan dan Dampaknya pada Anak

Virgo

Virgo memiliki keseimbangan logika dan hati yang baik, praktis tetapi sensitif, dan ini bisa menjadikan mereka orang tua yang ideal. Mereka bisa mendisiplinkan anak dengan adil dan memenuhi kebutuhan emosi anak mereka. Tapi, Virgo harus berhati-hati karena cenderung menginginkan kesempurnaan. Mereka harus waspada dalam menetapkan standar yang sangat tinggi untuk anak mereka. Orang tua Virgo mungkin ingin mengatur kebiasaan sehari-hari anak.

Libra

Libra dipercaya sebagai zodiak terbaik dalam mengelola hubungan. Jadi, mereka cenderung menjadi pasangan yang baik dalam urusan mengasuh anak. Orang tua Libra memahami dinamika keluarga dengan baik dan mampu menyelesaikan sebagian besar perselisihan keluarga dengan relatif mudah. Seorang Libra lebih suka menggunakan kata-kata baik untuk berbicara dengan anak daripada menggunakan kemarahan atau otoritas. Tapi, orang tua Libra juga perlu waspada karena cenderung permisif. Kadang mereka bisa terlalu lemah dan membiarkan anak memanfaatkannya. Jangan sampai ini terjadi, ya mommies.

Scorpio

Seringkali, Scorpio mengharapkan anak-anak mereka memiliki kualitas yang sama. Ini salah satu tanda bahwa orang tua Scorpio punya karakter cinta yang keras. Mereka mengajari anak untuk menjadi kuat dan membela apa yang mereka yakini. Ini memang penting, namun harus ada batasnya. Scorpio harus pula mengasah kepekaan anak, jika tidak, mereka dapat membuat anak-anak mereka kewalahan.

Sagitarius

Baginya, hidup adalah bersenang-senang. Mereka suka bepergian dan mengalami hal-hal baru. Semangat itu mereka tularkan kepada anak mereka. Mereka akan mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi keinginan mereka sendiri. Ini baik, namun, anak-anak juga memerlukan stabilitas. Anak-anak memerlukan sistem untuk membantu mereka melakukan berbagai hal, dan di sinilah kelemahan orang tua Sagitarius. Anak bisa merasa bahwa mereka tidak memiliki landasan kokoh, padahal ini penting untuk tumbuh kembang mereka.

Capricorn

Capricorn termasuk orang tua yang punya karakter strict. Mereka mendambakan kesuksesan dan prestasi dan ingin anak-anak mereka berjuang untuk menjadi unggul. Prinsipnya, disiplin dalam pengasuhan anak harus ditegakkan. Ada anak yang merespons baik pengasuhan semacam ini, sebab mereka jadi terinspirasi untuk mencapai kesuksesan besar. Tetapi jika anak tidak cukup kuat untuk memenuhi harapan orang tuanya, akan retak di bawah tekanan. Alih-alih menjadi sukses, kontrol dan disiplin yang kuat dari orang tua Capricorn dapat mengintimidasi anak. Hal ini dapat menimbulkan rasa takut dalam diri anak untuk tidak ingin tumbuh dewasa dan bertanggung jawab sendiri. Jika Anda merasa memiliki karakter seperti ini, belum terlambat untuk berubah.

Aquarius

Aquarius termasuk pribadi yang tertutup, termasuk kepada anak-anak mereka sendiri. Mereka kurang terbuka dengan perasaaan mereka termasuk berbagi cinta dengan anak. Ini dapat membuat ikatan orangtua dan anak menjadi lemah. Aquarius ingin anak-anaknya mampu mandiri dan cepat dewasa. Penting bagi orang tua Aquarius untuk memahami bahwa bonding dengan anak-anak adalah salah satu aspek penting untuk tumbuh kembang anak, termasuk mengembangkan kemandirian.

Pisces

Dikenal sangat berempati, Pisces secara alami menyesuaikan diri dengan perasaan anak-anak mereka. Pisces berbakat dalam merawat anak-anak dan bisa menjadi orang tua yang baik. Kelemahannya, kalau sudah marah, Pisces bisa meledak melebihi apa yang anak-anak bayangkan. Orang tua Pisces berpotensi bereaksi berlebihan terhadap kesulitan sehari-hari dan ikut campur dalam kehidupan anak ketika anak mungkin belajar lebih banyak dari memecahkan masalah mereka sendiri.

PAGES:

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS