Now Reading
5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Anak Terkena Ulat Bulu

5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Anak Terkena Ulat Bulu

dewdew
terkena ulat bulu

Jangan keburu panik dulu ketika anak terkena ulat bulu. Lakukan 5 langkah berikut ini supaya anak terhindar dari iritasi dan infeksi.

Ketika mommies tahu anak terkena ulat bulu, jangan panik dulu. Salah penanganan malah bisa berakibat iritasi dan infeksi. Yang harus jadi perhatian mommies adalah ulat bulu merupakan jenis serangga yang memiliki rambut halus di seluruh tubuhnya. Rambut halus itulah yang mengandung zat kimia beracun. Ketika zat kimia itu bersentuhan dengan satu atau lebih bagian tubuh manusia, misalnya kulit atau mata, kemudian menyebabkan iritasi dan reaksi alergi.

Efek yang muncul gara-gara ulat bulu bisa beragam. Kulit anak mommies mungkin akan muncul ruam, bentol, atau bercak kemerahan. Bisa jadi juga kulit terasa gatal, perih, dan bengkak. Supaya nggak berkepanjangan, dan meringankan gejala, lakukan beberapa langkah penanganan terkena ulat bulu berikut ini:

Lepaskan ulat bulu yang menempel dengan alat

Kalau mommies melihat ulat bulu menempel pada kulit anak, segera lepaskan ulat bulu tersebut namun hindari menggunakan tangan atau bagian tubuh lainnya. Akan lebih aman kalau melepaskan ulat tersebut menggunakan tisu, sapu tangan, atau penjepit. Pokoknya jangan pakai tangan telanjang, ya. 

Hilangkan rambut halus

Seperti yang sudah disampaikan di awal, rambut halus pada ulat bululah yang dapat menimbulkan iritasi dan reaksi alergi. Jadi hilangkan rambut halus ulat menggunakan penjepit atau isolasi (duct tape). Usahakan seluruh rambut ulat bulu terangkat tanpa sisa di kulit. 

Baca juga: Pertolongan Pertama Mengatasi Rasa Cemas

Bersihkan bagian tubuh yang terpapar ulat bulu

Setelah ulat bulu dan rambut halusnya diangkat, mommies harus segera membersihkan bagian tubuh anak yang terkena ulat bulu. Gunakan air mengalir, cuci dengan sabun (pilih sabun berbahan kimia lembut agar tidak menyebabkan iritasi kulit.), lalu keringkan. 

Kompres dingin bagian tubuh yang terkena ulat bulu

Ketika anak mengeluh kulitnya gatal, perih, atau kemerahan, mommies bisa mencoba mengompres bagian kulit tersebut dengan handuk dingin sekitar 10-15 menit. Tidak usah lama-lama, ya.

Bila perlu konsumsi obat alergi

Jika anak mengalami rasa gatal yang amat sangat akibat terkena ulat bulu segera konsultasi pada dokter. Dokter umum biasanya akan meresepkan obat anti alergi atau  obat antihistamin untuk meringankan gejala alergi yang dialami. Beri pengertian pada anak untuk tidak menggaruk bagian tubuh yang gatal, karena bisa menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi.

Pada dasarnya mommies tidak perlu terlalu khawatir, karena reaksi alergi atau iritasi akibat anak terkena ulat bulu akan membaik dalam waktu sekitar 1–2 hari. Tapi kalau reaksi alergi membahayakan jiwa, seperti misalnya anak jadi sesak nafas, bibir dan lidah bengkak, detak jantung tidak teratur, segera ke instalasi gawat darurat, ya, supaya anak segera mendapatkan pertolongan yang tepat.  

Photo by Krysten Merriman on Unsplash

Baca juga: Kapan Pengangkatan Rahim Perlu Dilakukan?

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top