Pertolongan Pertama Mengatasi Rasa Cemas

Merasakan khawatir itu biasa. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Tetapi ada saat-saat sebagian dari kita merasakan khawatir yang berlebihan.

Kekhawatiran itu muncul bahkan terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu perlu dicemaskan. Jika itu terjadi, hati-hati pada gangguan kecemasan!

cemas

Cemas dan gangguan kecemasan adalah dua hal yang berbeda. Gangguan kvitas sehari-hari. Gangguan ini bisa bertambah parah dan berdampak negatif terhadap kehidupan seseorang jika dibiarkan terus menerus. Bahkan bisa menurunkan kinerja, hingga mengganggu hubungan dengan orang lain.

Beberapa hal di bawah ini bisa memicu cemas:

– Pekerjaan yang terlalu menekan dan stressful
– Genetika
– Efek samping obat-obatan yang dikonsumsi
– Trauma
– Phobia, contohnya agrofobia, sebuah phobia akan ruang yang terlalu ramai
– Beberapa penyakit kronis, seperti jantung atau diabetes
– Gangguan mental
– Kafein

Rasa cemas bisa muncul dalam bentuk apapun. Bisa berupa tangan dingin dan berkeringat, sakit perut, sakit kepala saat hendak melakukan presentasi di depan orang atau ketika harus mengambil sebuah keputusan yang besar. Ini beberapa cara untuk mengatasi cemas. Jika yang terjadi bukan cemas biasa namun sudah merujuk pada gangguan kecemasan, konsultasikan pada psikiater ya!

(Baca: Praktik Self-love untuk Jadi Orangtua yang Lebih Baik)

Bernapas panjang

Tarik napas panjang. Cobalah bernapas dalam 4 hitungan selama total 5 menit. Seiring dengan melambatnya tarikan napas, maka detak jantung juga akan semakin lambat sehingga paling tidak bisa membantu kita lebih tenang.

Nyalakan aromaterapi

Baik dalam bentuk oil yang di-diffuse, dupa yang dibakar, atau lilin aromatherapy. Pilih aroma lavender, chamomile atau cendana yang bersifat menenangkan. Berdasarkan penelitian, aromaterapi dapat membantu mengaktifkan reseptor tertentu di dalam otak, hingga berpotensi untuk mengurangi kecemasan.

Jalan-jalan sedikit lebih jauh atau yoga 15 menit

Seringkali cara terbaik untuk sedikit menurunkan kecemasan adalah menjauh dari situasi yang memicu rasa cemas tersebut. Coba jalan-jalan sedikit, atau lakukan yoga minimal 15 menit untuk mengalihkan fokus sebentar saja supaya pikiran lebih tenang.

Tulis apa yang dicemaskan

Dengan menuangkan apa yang dicemaskan ke atas kertas, bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan kemungkinan besar membuatnya tak terasa terlalu menakutkan.

(Baca: 9 Tanda Kita Terlalu Lama Mengabaikan Kesehatan Mental)


Post Comment