Now Reading
5 Rekomendasi Oximeter yang Akurat dan Berkualitas

5 Rekomendasi Oximeter yang Akurat dan Berkualitas

Dhevita Wulandari
Rekomendasi Oximeter - Mommies Daily

Dengan semakin banyak oximeter palsu yang beredar, berikut 5 rekomendasi oximeter yang recommended dan sudah banyak digunakan di masyarakat.

Nama pulse oximeter semakin banyak terdengar dan dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri. Pada akhir Januari 2021 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan terbaru mengenai pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah untuk memiliki oximeter. Hal ini tertulis pada laman resmi WHO dalam panduan berjudul “Covid-19 clinical management: living guidance” yang berisi lima rekomendasi, salah satunya adalah rekomendasi penggunaan alat oximeter nadi di rumah sebagai bagian dari paket perawatan.

Pulse oximeter penting dimiliki oleh pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri untuk mengetahui saturasi oksigen dan mencegah terjadinya happy hypoxia yang dapat membahayakan nyawa. Alat oximeter biasanya berukuran kecil dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak beredar oximeter palsu, untuk menghindari hal ini terjadi pada Mommies berikut rekomendasi oximeter yang akurat dan berkualitas.

Baca juga: Apa Itu Pulse Oximeter dan Cara Menggunakannya

Beurer PO 30

Rekomendasi Oximeter - Mommies Daily

Oximeter dari merek Beurer ini menjadi salah satu yang popular karena selain ukurannya yang kecil, ringan, praktis dibawa untuk mengukur saturasi oksigen, bisa juga digunakan untuk mengukur denyut jantung secara akurat. Saat menggunakan alat ini, denyut nadi akan terlihat secara grafis pada layar dengan 4 tampilan yang tersedia. Sangat cocok digunakan untuk orang dengan penyakit gagal jantung, penyakit paru obstruktif kronik, dan asma bronkial. Cocok juga untuk digunakan jika berolahraga di daerah tinggi karena penting untuk mengetahui kadar oksigen dan detak jantung.  Selain jenis PO 30, Beurer juga memiliki jenis pulse oximeter lainnya seperti PO 35, PO 40, PO 45, PO 60 Bluetooth, dan PO 80 (connect PC).

Serenity Pulse Oximeter SR-PO60

Rekomendasi Oximeter - Mommies Daily

Serenity Pulse Oximeter SR-PO60 merupakan salah satu pengukur oksigen darah multifungsi yang mampu mengukur saturasi oksigen darah dalam tubuh dengan grafik batang, menampilkan denyut nadi, dan sudah memiliki standar keamanan dan kualitas dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pengoperasian produk juga mudah dimengerti dan mudah digunakan dengan hanya satu tombol operasi. Fitur lainnya dari produk ini adalah ringan, portable yang mudah dibawa dan kecil. Produk akan secara otomatis mati dalam 5 detik apabila jari terlepas dari probe. Dapat digunakan pada dewasa dan anak.

Choicemmed Kids MD300C5 Fingertip Pulse Oximeter

Rekomendasi Oximeter - Mommies Daily

Didesain dengan motif kartun dalam tiga warna yaitu hijau, oranye, dan biru untuk mengurasi rasa takut pada anak ketika menggunakan oximeter sehingga mereka dapat aktif bekerja sama ketika pemeriksaan dilakukan dengan staf medis. Tampilan layar 4 arah dengan grafik gelombang dan pulse bar juga dapat diubah sesuai kebutuhan dan selera pengguna. Ukurannnya yang kecil dan desain ringannya tidak akan menyebabkan terlalu banyak tekanan pada jari anak ketika digunakan sehingga cocok untuk anak usia 6 bulan ke atas dengan ketebalan jari 7-15 mm. Bisa juga digunakan untuk orang dewasa dengan jari kelingking. Pada orang dewasa bisa juga menggunakan ChoiceMMed Fingertip Pulse Oximeter MD300C15D. Produk ini sudah mendapat registrasi resmi dari Kemenkes RI.

Onemed Fingertip Pulse Oxymeter Oxy One Yellow

Rekomendasi Oximeter - Mommies Daily

Fingertip Pulse Oxymeter Oxy One Yellow dengan Oxy One yang merupakan alat untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan denyut nadi dengan mudah. Lebih tahan getaran dan goncangan sehingga mampu menghasilkan data yang akurat dengan waktu singkat dengan menjepitkan alat pada ujung jari. Desainnya yang ringan, menarik, dan mungil membuat alat ini praktis untuk dibawa kemanapun. Layarnya sudah tersedia dengan OLED display yang dapat diputar sesuai posisi baca pengguna. Selain itu jika lupa mematikan oximeter, alat ini akan mati secara otomatis dalam 5 detik jika tidak terpasang pada jari. Dapat digunakan pada orang dewasa dan anak.

Contec CMS50I Pulse Oximeter

Untuk pengambilan data saturasi oksigen secara berkala, Contec CMS50I Pulse Oximeter bisa menjadi pilihan yang tepat karena produk ini mempunyai fitur memori yang dapat menyimpan hasil pengecekan saturasi oksigen dan denyut nadi melalui jari. Data yang diperoleh dapat diunggah ke komputer dengan menggunakan kabel atau Bluetooth untuk diperiksa lebih lanjut oleh dokter dan staf medis. Produk ini juga sangat cocok digunakan di rumah, rumah sakit, tempat perawatan kesehatan masyarakat, dan perawatan fisik dalam olahraga. Berbentuk kecil dan ringan, sehingga alat ini praktis digunakan dan mudah dibawa.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top