Tarif Bulanan Panti Jompo dan Rusun Khusus Lansia dari yang Biasa Hingga Ekslusif Tahun 2021

Berikut rekomendasi lengkap dengan tarif bulanan panti jompo dan rusun khusus lansia, mulai dari yang biasa hingga eksklusif tahun 2021.

Ada beberapa orang yang tertarik tinggal di panti jompo atau hunian khusus lansia saat tua nanti. Ini karena mereka merasa hidup di sana lebih teratur, aktif, dan bisa bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

Kami memberikan beberapa rekomendasi panti jompo dan hunian lansia ekslusif—mulai dari fasilitas hingga biayanya. Semoga bisa jadi pertimbangan ya, Mommies.

Berikut rekomendasi lengkap dengan tarif bulanan panti jompo dan rusun khusus Lansia

1. Sasana Tresna Wredha (STW) RIA Pembangunan

STW RIA Pembangunan merupakan rusun khusus lansia yang berada di Cibubur. Dibuka pertama kali pada 1984, tempat tinggal khusus lansia ini bisa dibilang memiliki kamar yang cukup banyak dan fasilitas yang lengkap. Para calon penghuni bisa memilih jenis kamar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi—mulai dari reguler hingga VVIP. Bagi lansia yang memiliki masalah kesehatan dan membutuhkan bantuan (lansia tidak mandiri), akan disediakan layanan dan perawatan khusus.

Selain fasilitas kamar dan makan, para lansia juga akan mendapatkan layanan lain—mulai dari olahraga (senam, berjemur setiap pagi, alat fitness), kesehatan (dokter dan perawat 24 jam, psikiater), pengisian waktu luang dan hiburan, hingga spiritual (pengajian dan kebaktian).

Alamat: Jl. Pusdika, RT 08/RW 007, Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur 13720

Telepon: (021) 87753203

Biaya per bulan: 4-8 juta (tergantung jenis kamar dan pelayanan: reguler, VIP, VVIP, lansia tidak mandiri)

2. Panti Jompo Karya Kasih

Panti Jompo Karya Kasih memiliki visi untuk memberikan layanan kesehatan terbaik untuk para lansia yang ada di sana. Oleh sebab itu, mereka mengedepankan peningkatan gizi serta aktivitas olahraga. Namun, tidak hanya kesehatan fisik, panti jompo ini juga mengedepankan mental dan spiritual penghuni.

Dengan biaya yang cukup terjangkau, para lansia nantinya akan mendapatkan kebutuhan pokok yang memadai. Seperti kamar dengan kebutuhan dasar dan makan 3x sehari beserta snack. Ada juga kegiatan luang lainnya yang membuat penghuni merasa nyaman.

Alamat: Jl. Kramat Kwitang I A No.10, RT05/RW 004, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat 10420

Telepon:  (021) 3901705

Situs web: https://charitypediaid.org/listing/panti-werdha-karya-kasih/

Uang pangkal: 3,5 juta

Biaya per bulan: 1,5 juta

3. Rukun Senior Living (RSL)

Rukun Senior Living merupakan hunian eksklusif untuk lansia. Berada di wilayah Sentul, lingkungannya memberikan kesan sejuk dan alami. Kompleks dikelilingi dengan pohon-pohon palem, gazebo, serta danau buatan.

Tersedia beberapa hunian dan tingkat pelayanan yang disesuaikan dengan para penghuni. Tipe apartemen di sarana resort memiliki pilihan beragam mulai dari Ideal Suite, Deluxe Suite hingga Supreme Suite. Biaya yang dikenakan sudah meliputi beberapa program kegiatan, monitor kesehatan dan konsultasi dokter, makanan dan camilan, layanan kebersihan dan laundry, serta fasilitas lainnya.

Alamat: Kawasan Darmawan Park, Jalan Babakan Madang 99, Sentul Selatan, Bogor 16810

Telepon: (021) 87951525

Situs web: https://rukunseniorliving.com/

Biaya per bulan: 19.5-32,4 juta (single), 27-45 juta (couple)

BACA JUGA: Negara Ramah Lansia, Negara yang Seperti Apa?

4. 247 Wulan Healthcare

Sumber foto: freepik.com/rawpixel.com

247 Wulan Healthcare didirikan karena ingin menjaga kualitas hidup para lansia yang memerlukan perawatan jangka panjang (long term care) maupun sehari-hari. Di sini, tersedia tempat perawatan yang nyaman dengan kamar ber-AC. Selain itu, ada perawat yang bertugas selama 24 jam serta perlengkapan medis yang sesuai dengan standar.

Para lansia akan memiliki jadwal kegiatan harian serta pemeriksaan kesehatan secara berkala (di luar kasus emergency). Kebutuhan makan dan kebersihan juga sudah diatur dengan baik. Calon penghuni bisa memilih kamar sesuai dengan keinginan—apakah 4 orang dalam satu kamar, berdua atau sendiri.

Alamat: Komplek Perumahan Taman Bougenville. Jalan Aster 3, Blok B1, No.7, Caman Raya, Jatibening.Bekasi 17412

Telepon: 081210909002

Situs web: www.247wulanhealthcare.com

Biaya administrasi: 2 juta

Deposito:  7-14 juta (tergantung jenis kamar)

Biaya per bulan:  7-14 juta (tergantung jenis kamar)

5. Panti Wredha Salam Sejahtera

Panti wredha Salam Sejahtera dilengkapi memiliki kamar yang bisa ditempati sendiri. Selain kamar, para penghuni juga akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang tersedia seperti ruang serbaguna, perpustakaan, ruang ibadah dan taman yang asri. Jika memiliki masalah kesehatan, lansia juga dapat mengunjungi klinik yang tersedia di panti (di luar jadwal pemeriksaan kesehatan rutin).

Untuk nutrisi, penghuni akan mendapatkan makan 3 kali sehari, snack 2 kali dan tambahan buah 2 kali sehari. Untuk mengisi waktu luang, tersedia beberapa kegiatan seperti senam kebugaran, karaoke, kelas menjahit, melukis, dan yang lainnya.

Alamat: Jalan Raya Pajajaran No. 38B, Bantarjati, Bogor Utara, RT 03/RW 005, Bantarjati,  Jawa Barat 16153

Telepon: (0251) 8385929

Biaya per bulan: 3,5 juta

6. Panti Wredha Wisma Mulia

Sumber foto: freepik.com/freepik

Panti yang berada di bawah binaan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) ini memiliki kamar yang dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, pakaian dan kamar mandi. Desain bangunannya disesuaikan dengan kebutuhan para lansia. Sebagai contoh, agar para lansia lebih mudah berjalan, dipasang tiang-tiang besi di sepanjang koridor.

Para penghuni bisa berkumpul bersama di aula, ruang makan, atau taman. Mereka dapat saling mengobrol dan bersosialisasi di sana agar tidak merasa kesepian. Agar lansia tetap aktif dan tidak bosan, panti werdha Wisma Mulia juga menyediakan beberapa kegiatan seperti merajut, menggambar, dan

Alamat: Jalan Hadiah No.14-16 RT 005/03, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11460

Telepon: (021) 5683603

Situs web: https://ybdw-kowani.or.id/

Biaya administrasi (uang pangkal): 4 juta

Biaya per bulan: 2 juta

7. Graha Wredha AUSSI

Panti ini berada dikelilingi suasana yang asri. Ada beberapa kamar yang tersedia mulai standar, VIP, hingga VVIP. Masing-masing kamar dilengkapi tempat tidur, lemari, meja rias, kamar mandi dengan air panas dan dingin. Untuk kamar standar menggunakan exhaust fan, sementara VIP dan VVIP dilengkapi AC.

Tersedia salon, ruang makan, ruang serbaguna, taman, serta klinik yang dapat digunakan bersama-sama. Kegiatan untuk mengisi waktu luang meliputi melukis, membuat origami, bermain angklung,paduan suara, bermain musik, senam, dan yoga.

Alamat: Jalan Bandung No 25, Bukit Cinere Indah
Telepon: (021) 754 0864, 754 1017, 754 0579

Situs web: http://grahawerdhaaussi.blogspot.com/

Biaya per bulan: 5,5 juta-20 juta (tergantung jenis kamar)

Itulah beberapa rekomendasi panti jompo yang bisa menjadi pilihan. Untuk keterangan lebih lanjut, Mommies bisa menghubungi kontak yang tertera. Beberapa panti jompo juga tidak menerima penghuni baru selama masa pandemi. Oleh sebab itu, penting untuk menghubungi mereka dulu ya, Mommies!

BACA JUGA: Begini Pilihan Kegiatan Pensiun Para Mama Millenials

Photo by Raychan on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top