Now Reading
Manfaat Calendula untuk Kulit dan Produk Rekomendasinya

Manfaat Calendula untuk Kulit dan Produk Rekomendasinya

RachelKaloh

Calendula, salah satu bahan alami yang cukup sering “nampang” di berbagai produk skincare belakangan ini. Apa, sih, manfaatnya?

Kelopak bunga calendula, percampuran antara bunga marigold dan bunga matahari ini cukup sering digunakan di berbagai jenis produk skincare belakangan ini. Klaimnya pun macam-macam, termasuk memperbaiki kulit yang bermasalah. Sebetulnya, apa saja, sih, manfaat calendula? Yuk, baca dulu yang berikut ini sebelum memilih produk rekomendasi yang kira-kira paling cocok dengan kebutuhan kulit Mommies saat ini. 

Mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan

Dilansir SehatQ.com, minyak calendula ditemukan dapat mengatasi dan mencegah jerawat serta mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak harus yang berbentuk minyak, Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah, krim atau masker wajah pada bagian kulit yang berjerawat setidaknya seminggu sekali. 

Proteksi terhadap sinar matahari

Dari Healthline.com, Journal of Young Pharm pada 2012 melakukan sebuah studi laboratorium dan menemukan bahwa minyak calendula memiliki kandungan SPF sebagai campuran krim. Meski demikian, masih perlu lebih banyak bukti terhadap klaim ini dan sebaiknya kita tidak menggunakan krim atau minyak calendula sebagai produk pengganti sunscreen. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan produk sunscreen yang memiliki kandungan calendula.

Membantu kulit terlihat halus dan bercahaya

Kelopak dan ekstrak calendula dapat membantu kulit agar terlihat halus, bercahaya dan segar. Tidak heran banyak brand skincare yang tidak tanggung-tanggung memasukkan puluhan bahkan ratusan potongan kelopak dari calendula di dalam produknya, karena dipercaya dapat membantu kulit melawan tanda-tanda awal penuaan, termasuk kulit kusam, garis-garis halus dan warna serta tekstur kulit yang tidak merata. 

Rekomendasi Produk Skincare dengan Calendula

Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Wash

Memiliki soap-free formula gel yang creamy yang bila bercampur dengan air akan mengeluarkan busa yang padat. Produk ini aman, bahkan bila digunakan untuk kulit yang sensitif. Terdapat kandungan dua surfaktan berbasis asam amino dan sayuran yang secara efektif membersihkan kulit dengan lembut dan kandungan gliserin yang membantu mengembalikan kelembapan kulit.

The Aubree Botanical Calendula Toner 

Salah satu brand lokal yang dari segi harga, sangat merakyat dan cukup sering digaungkan sebagai produk favorit. Jenis produk ini adalah hydrating toner, yang dapat digunakan dengan cara ditepuk-tepuk langsung ke wajah menggunakan tangan atau diusap dengan menggunakan kapas. Produk ini memiliki fungsi melembapkan kulit setelah dibersihkan dan mempersiapkan kulit agar dapat menyerap produk skincare lainnya secara optimal. Selain mengandung kelopak bunga calendula, ada juga sodium hyaluronate, allantoin, dan sodium PCA yang membuat kulit terasa lebih segar dan kenyal. 

Skinoia Calendula Light Cleansing Oil

Selain ekstrak calendula, produk oil-based yang bisa Mommies jadikan sebagai first cleanser ini juga mengandung apricot oil, almond oil, soybean oil, dan blackcurrant oil. Pemilik kulit sensitif lebih disarankan menggunakan pembersih wajah yang bahan dasar oil. Alasannya, karena produk berbasis oil tidak lagi memerlukan penggunaan kapas yang biasanya mengakibatkan terjadinya gesekan pada wajah, sehingga aman pula bila digunakan saat berjerawat. Selain itu, produk ini juga memberikan kelembapan, tidak menyumbat pori-pori, dan lebih ampuh mengangkat kotoran dan makeup yang waterproof sekalipun. 

Bloomka Sugar Cane + Calendula Exfoliating Face Toner

Brand lokal yang satu ini sedang mengundang perhatian karena banyak mengeluarkan produk skincare berbahan natural tetapi tetap efektif digunakan, dan yang pasti, mendapat banyak review positif. Mommies yang sedang mencari exfoliating toner, bisa coba gunakan produk ini. Kandungan AHA serta bahan dari tumbuh-tumbuhan seperti bilberry, sugar cane, orange, lemon, dan sugar maple, ditambah calendula yang memberikan efek soothing, membuat produk ini aman untuk digunakan setiap hari.

Photo by Aldreen Lozano from Pexels

Baca juga:

5 Produk Skincare Untuk Kulit Berminyak dengan Harga Terjangkau!

5 Skincare dan Makeup Transfer Proof. Nggak Bakal Nempel di Masker.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top