banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Ingin Punya Kehidupan Seks yang Sehat? Begini Caranya!

author

Fannya Gita Alamanda24 May 2021

Ingin Punya Kehidupan Seks yang Sehat? Begini Caranya!

Agar memiliki kehidupan seks yang sehat, ketahui cara menciptakan dan mempertahankannya dengan cara-cara berikut ini.

Jangan biarkan usia pernikahan yang berjalan cukup lama membuat kehidupan seks Anda menjadi tidak sehat. Paham, kesibukan membuat seks mungkin tidak lagi membuatnya berada di dalam daftar prioritas Anda. Namun, dengan cara yang tepat, bisa kok Anda dan pasangan memiliki kehidupan seks yang sehat. Bagaimana caranya?

6 Tanda Kehidupan Seks yang Sehat

Membangun dan mempertahankan kehidupan seks yang sehat dengan pasangan membutuhkan kerjasama dua pihak untuk meluangkan waktu dan tenaga. Nah, ini beberapa tanda bahwa kehidupan seks Anda dan pasangan masih masuk ke dalam kategori sehat:

• Masih menerima kekurangan dan kebiasaan-kebiasaaan ajaib masing-masing

• Masih melakukan kencan berdua di malam hari, senang-senang, dan main-main

• Mencintai satu sama lain

• Masih memiliki ketertarikan secara fisik

• Mampu membangun komunikasi yang produktif dan bermakna

• Punya keinginan untuk menyediakan waktu buat satu sama lain

Strategi Untuk Memiliki Kehidupan Seks yang Sehat

Ngobrol

Komunikasi adalah kunci kehidupan seks yang sehat dan aktif, jadi sering-seringlah ngobrol. Topik obrolan boleh banget hal-hal sepele. Namun ingat juga untuk membahas hal-hal yang lebih dalam untuk benar-benar saling memahami. Berbagi pikiran dan perasaan terdalam secara teratur karena keintiman seksual nggak bisa terjadi dalam satu malam. Komunikasi yang baik memainkan peran kunci dalam membangun dan memelihara kepuasan perkawinan.

Berbagi harapan dan keinginan

Terbuka tentang hasrat seksual masing-masing. Jujur tentang apa yang diinginkan namun jangan bersikap kritis terhadap pasangan. Cukup sampaikan yang Anda inginkan di kamar tidur dan apa yang membuat Anda merasa nyaman.

Buatlah rencana

Anda perlu menyempatkan waktu untuk bercinta. Ini penting. Anda bisa tetap membuat seks yang direncanakan sama menariknya dengan seks spontan. Lakukan dengan cara-cara berikut ini:

- Atur suasana hati. Jika ingin bercinta di malam hari, mulailah curi-curi melakukan foreplay di pagi hari.

- Kirimkan sinyal-sinyal sepanjang hari. Seperti catatan di post-it, e-mail, SMS, telepon, video call, gesture nakal, cium pipi atau remas bokong jika kondisi memungkinkan.

Lakukan seks lebih sering

Berikut beberapa ide supaya Anda bisa lebih sering bercinta:

- Berpegangan tangan dan tunjukkan kasih sayang.

- Luangkan waktu untuk tindakan intim. Seperti pelukan yang lama, ciuman sekilas di ujung bibir, pijatan lembut di tangan atau kaki akan membantu Anda berdua terhubung, membangun keintiman, dan memberi sinyal kepada pasangan bahwa Anda ingin bercinta.

- Rencanakan malam kencan dan kegiatan baru lainnya bersama-sama dan terbuka untuk mencoba hal baru.

Rawat diri Anda

Kehidupan seks yang sehat bersinggungan dengan kesehatan fisik, emosional, dan mental. Orang yang bahagia, sehat, dan punya citra tubuh positif cenderung lebih bersemangat. Rutinlah berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, Penelitian membuktikan bahwa satu kali berolahraga dapat bantu membuat seks lebih menyenangkan, merangsang gairah jangka pendek dan jangka panjang pada wanita.

Pelajari apa yang disukai pasangan Anda

Penting untuk memahami ekspektasi, keinginan, kesukaan dan ketidaksukaan pasangan –tidak hanya dalam hal posisi bercintaa- tetapi apa yang mereka butuhkan untuk merasa dicintai dan dihargai. Kita semua mengekspresikan dan merasakan cinta secara berbeda dan memahami perbedaan tersebut memainkan peran besar dalam menjaga keintiman dalam pernikahan.

Jangan membanding-bandingkan

Membandingkan kehidupan seks Anda dan pasangan dengan kehidupan seks orang lain tidaklah berguna.

Cari bantuan saat dibutuhkan

Jika memang ada kendala atau masalah dalam urusan ranjang, jangan sungkan mencari bantuan dari ahlinya.

- Bicaralah dengan dokter. Jika masalah medis seperti disfungsi ereksi atau kekeringan pada vagina mengganggu kehidupan seks Anda.

- Ikut konseling. Konseling pernikahan (juga disebut terapi pasangan) sangat efektif membuka jalur komunikasi Anda dan pasangan untuk kembali punya kehidupan seks yang seru.

- Hubungi terapis seks. Jangan salah paham. Terapi seks adalah bentuk terapi bicara, bukan terapi langsung, yang berguna untuk membantu individu dan pasangan mengatasi masalah seksual.

Photo by Dainis Graveris on Unsplash

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan