Now Reading
7 Ciri Fisik Anak Obesitas

7 Ciri Fisik Anak Obesitas

Dhevita Wulandari

Apakah anak Mommies di rumah memiliki berat badan normal atau jangan-jangan obesitas? Cek 7 ciri fisik anak alami obesitas berikut ini.

Obesitas pada anak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Berbagai faktor penyebab anak alami obesitas, mulai dari keturunan hingga pola makan yang tidak sehat harus menjadi perhatian lebih dari para orang tua agar nantinya tidak menjadi pemicu berbagai penyakit serius yang bisa timbul dan memengaruhi masa depan anak.

Pada zaman modern ini masih banyak orang tua yang sulit membedakan anak cukup gizi dan yang obesitas. Dalam sebuah studi leh para peneliti yang diterbitkan dalam Childhood Obesity, lebih dari 96 persen orang tua dari anak prasekolah yang memiliki kelebihan berat badan dan 78 persen orang tua dari anak prasekolah yang obesitas menganggap anak mereka memiliki ukuran tubuh yang sudah sesuai dan ‘tepat’.

Cara paling tepat untuk mengetahui kondisi anak yang obesitas tentu saja memeriksakan anak ke dokter. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) para dokter anak akan menghitung dan merencanakan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada anak-anak setiap tahun dari mulai usia 2 tahun ke atas. IMT yang tinggi tidak selalu menjadi pertanda anak obesitas, tetapi paling tidak cara ini dapat menjadi skrining awal untuk pemeriksaan obesitas pada anak.

Baca juga: Aktivitas Fisik pada Anak dan Remaja Untuk Cegah Obesitas

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), butuh pemeriksaan khusus untuk menentukan anak terkena obesitas atau tidak. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran antropometri, dan deteksi dini adanya risiko penyakit dengan pemeriksaan penunjang lanjutan oleh tim dokter.

Selain dengan memeriksakan anak ke dokter, obesitas pada anak sebenarnya mudah dikenali secara fisik karena mempunya ciri yang khas. Berdasarkan buku Anak Obesitas: Dampak pada Kesehatan dan Perkembangan yang ditulis oleh dr. Rendi Aji Prihaningtyas, dkk, ada 7 ciri fisik anak yang mengalami obesitas seperti berikut:

1. Kepala dan wajah
Wajah terlihat bulat, pipi tembam, dan dagu bertumpuk atau rangkap.

2. Leher
Leher anak yang obesitas ketika dalam pemeriksaan fisik relatif pendek dan berlipat-lipat.

3. Dada
Secara fisik anak obesitas akan memiliki dada yang tampak membusung. Pada anak laki-laki, payudara akan sedikit membesar.

Untuk ciri fisik lainnya Mommies bisa baca di HALAMAN SELANJUTNYA, ya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top