Now Reading
5 Cara Silaturahmi Lebaran di Masa Pandemi

5 Cara Silaturahmi Lebaran di Masa Pandemi

Rahmasari Muhammad

Tahun ini masih tidak bisa mudik. Kira-kira, bagaimana cara silaturahmi di masa pandemi? Cek di sini. Nomor 3 seru, lho!

Tak terasa (atau terasa nih Mommies? Hehe..) bulan Ramadhan sudah memasuki minggu ketiga, dan satu minggu lagi kita akan merayakan Lebaran, sementara kita masih berada di kondisi pandemi. Pemerintah juga sudah mengumumkan larangan mudik Lebaran dan sebaiknya kita tidak berkumpul dulu ya, untuk menurunkan risiko terpapar virus dan memutus mata rantai virus Covid-19.

Duh..lalu bagaimana ya menyiasati keadaan ini, agar kita tetap bisa bersilaturahmi dengan sahabat, kerabat dan saudara tanpa bertemu langsung?

Baca juga: 20 Ide Makanan Lebaran dan Kue Kering Anti Mainstream

Yuk kita coba beberapa cara bersilaturahmi di masa pandemi berikut ini.

1. Silaturahmi Virtual / Daring

Karena di era pandemi semua bisa (dan harus) dilakukan secara virtual, maka silaturahmi juga bisa dibuat virtual dong! Bikin silaturahmi virtual lebih seru dengan memakai dress code, dan kirim-kirim makanan sebelumnya, pastikan jangan yang cepat basi. Waktu silaturahmi daring, kita bisa pakai baju kompak dengan warna atau model tertentu, dan makan makanan yang sama. Jadi seperti berada di tempat yang sama deh! Bisa juga ditambah performance seru-seruan misalnya nyanyi plus hadiah asyik, contohnya Best Dresscode, Best Performance atau Doorprize. Nah, hadiahnya bisa voucher belanja atau hampers keren yang diperlukan oleh semua orang.

2. Tukeran Kado Online

Yuk, manfaatkan momen Lebaran untuk tukeran kado online! Caranya gimana? Gampang, tentukan budget, lalu data jumlah orang yang mau ikutan, dan masing-masing orang mendapat pasangan untuk bertukar kado. Selanjutnya? Kado bisa dikirim dari rumah masing-masing, atau kalau mau lebih mudah, beli aja di market place atau toko online, lalu langsung kirim ke pasangan yang sudah ditentukan sebelumnya!
Buka kadonya sama-sama pas sesi ketemuan online ya, biar lebih seru! Jangan lupa foto-foto yang banyak dan posting di sosmed masing-masing..dijamin bikin ngiri yang lain deh Mommies! Hehe…

3. Drive Tru Keliling

Nah ini cara asyik lainnya, mirip konsepnya dengan drive tru resto cepat saji, tapi ini tujuannya bersilaturahmi. Caranya? Keliling ke rumah sahabat atau saudara tapi kita tetap berada di mobil dan ketemunya lewat jendela mobil dengan tetap bermasker dan menjaga jarak. Agar lebih bermakna, kita bisa menyiapkan hampers cantik atau makanan untuk diberikan kepada orang-orang yang kita kunjungi. Jangan lupa janjian dulu dengan pemilik rumah ya, untuk memastikan mereka berada di rumah. Bagian penting lainnya tentunya foto-foto bareng untuk mengabadikan momen berharga silaturahmi drive tru ini!

4. Kirim-kirim Hampers

Mengirimkan hampers adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan perhatian dan sebagai tanda pengingat bagi orang-orang tersayang. Jenis dan isinya tentunya bisa disesuaikan dengan si penerima, mulai dari makanan dan minuman, alat sholat, perlengkapan rumah, atau barang favorit si penerima. Mommies bisa membuat sendiri hampers dan card cantiknya agar lebih personal, atau memesannya. Jika ingin memesan dari orang lain, pesan dari sekarang ya, untuk menghindari penuhnya ekspedisi dan pesanan-pesanan lain, juga memastikan hampersnya sampai tepat waktu.

Baca juga: 8 Cara Membuat Hampers Lebaran Sendiri yang Murah Namun Berkesan

5. Sesi Foto Virtual

Sesi foto virtual atau virtual photoshoot kini sedang jadi tren, sejak pandemi. Pada dasarnya sesi foto virtual ini adalah teknik foto biasa, namun yang membedakannya, objek foto dan fotografernya berada di tempat yang berbeda. Untuk melakukan sesi foto virtual ini, objek foto dan fotografer harus melakukan video call atau sesi zoom bersama-sama. Nah, kalau Mommies berminat membuat sesi foto virtual bersama sahabat atau saudara, hubungi saja fotografer yang bisa melakukannya, lalu arrange sesi zoom atau video call bersama dengan memakai dress code tema atau warna tertentu. Jangan lupa berdandan cantik!

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top