Now Reading
8 Cara Membuat Hampers Lebaran Sendiri, Murah tapi Berkesan

8 Cara Membuat Hampers Lebaran Sendiri, Murah tapi Berkesan

Membuat Hampers Lebaran Sendiri - Mommies Daily

Ingin mencoba membuat hampers Lebaran sendiri demi hemat bujet namun tetap berkesan untuk penerima? Coba 8 cara membuat hampers sendiri berikut ini.

Berencana memberikan hampers Lebaran untuk para kerabat, namun ingin tetap dengan budget hemat? Tenang, Mommies bisa buat sendiri dan mengaturnya sesuai ketersediaan dana, kok. Jangan sampai memaksakan budget yang malah membuat pengeluaran membengkak, lho. Ingat, uang THR pun harus dikelola dengan bijak agar tidak mengganggu cash flow keluarga.

Dengan mengikuti 9 langkah di bawah ini. Selain hemat biaya, keistimewaan membuat hampers sendiri adalah paket yang dikirimkan akan terasa lebih personal.

BACA JUGA: 40 REKOMENDASI HAMPERS LEBARAN MULAI HARGA DI BAWAH 100 RIBU

1. Tentukan Penerima

Langkah awal, kita perlu memilih siapa saja penerimanya. Dengan menentukan penerima maka kita bisa mengetahui seluruh jumlah hampers yang harus dibuat. Tidak hanya itu, kita juga akan lebih mudah menghitung budge. Bahkan ini mempermudah untuk menentukan tema atau isi hampers.

2. Hitung Budget masing-masing Hampers Lebaran

Tentu setelah menentukan jumlah penerima, cara membuat hampers murah selanjutnya menghitung budget. Berapa idealnya menentukan budget untuk hampers dari uang THR?

“Untuk membeli hampers sebaiknya diambil dari THR yang didapat, atau sekitar 10-20% dari budget Lebaran kita, mengingat kita juga akan membagikan angpau dan berbagai kebutuhan lainnya pada saat Lebaran,” kata Andy Nugroho selaku perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, seperti dilansir detikFinance.

Setelah menghitung budget hampers secara keseluruhan maka perlu membaginya dengan jumlah penerima. Mommies bisa membagi budget secara rata atau memang ada beberapa orang terdekat yang ingin dibedakan.

Meski dibedakan, pastikan budget keseluruhan tidak lebih dari 20% seperti saran dari Andy. Ingat, masih ada keperluan lain yang dibutuhkan saat Lebaran.

3. Tentukan Isi Hampers Lebaran

Cara membuat hampers yang murah bisa memilih isi sesuai budget seperti poin di atas. Pilih tema hampers yang bisa bermanfaat untuk penggunanya. Misalnya paket new normal kit seperti hand sanitizer, masker, hingga face shield. Opsi isi seperti hijab, satu set peralatan makan traveling, hingga keperluan memasak juga bisa menjadi alternatif. Atau makanan kering. Manfaatkan promo dari berbagai toko jika membeli dalam jumlah banyak. Kalau memang ingin memberikan hampers kepada sanak-saudara berupa kue kering maka buatlah sendiri di rumah. Selain lebih hemat budget, kue kering buatan sendiri akan terasa lebih spesial dan berkesan.

Selanjutnya, cara memilih kemasan hampers Lebaran bisa Mommies baca di HALAMAN SELANJUTNYA.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top