banner-detik
LIFESTYLE

20 Ide Hidangan Lebaran dan Kue Kering Anti Mainstream

author

dewdew01 May 2021

20 Ide Hidangan Lebaran dan Kue Kering Anti Mainstream

Berikut ini ide hidangan lebaran dan kue kering yang nggak biasa dihidangkan saat Lebaran. Namun begitu tetap enak, kok, dan memberikan kesan tersendiri.

Ada yang bosan dengan hidangan Lebaran berbahan utama lontong dan santan? Berikut ini ide hidangan Lebaran dan kue kering anti mainstream yang bisa mommies pertimbangkan. Nggak kalah enak, kok. Bahkan bisa jadi hidangan tradisi Lebaran ke depan khas keluarga mommies. Kalau saya, sih, rutin menghidangkan sop seafood atau sate padang dengan lidah. Kue keringnya juga chocolate chip cookies. Karena kalau di rumah mertua pasti rendang, sambal goreng, nastar dan kastangel sudah banyak tersedia.

Ayam Bakar Madu

Foto: Detikfood

Lupakan rendang, opor, dan sambal ati, ayam bakar madu juga bisa disajikan saat Hari Raya. Perpaduan bumbu lengkuas, gula merah, dan madu menghasilkan rasa yang unik yaitu rasa manis dan gurih. 

Sate Padang Lidah

Foto: Detikfood

Sate padang identik dengan daging dan lidah sapi. Nah, kali ini bagaimana kalau menghidangkan Sate Padang Lidah dengan kuah kental khas? Duh, duh, belum Lebaran sudah terbit air liur, nih.

Ayam Kodok

ide hidangan lebaran dan kue kering

(Foto: Cookpad)

Bukan, ini bukan ayam yang dicampur sama daging kodok. Tapi karena saat disajikan bentuk ayam jadi lebar seperti kodok. Bikinnya gampang sebenarnya, tapi kalau lagi segan, bisa pesan. 

Nasi Biryani

ide hidangan lebaran dan kue kering

Foto: Detikfood

Buat mommies yang tetap bertahan mau ada nasi, meski nggak mau pakai lontong atau ketupat, nasi Biryani bisa jadi pilihan. Tambah daging kambing hmmm...enak!

Mie Kangkung

Foto: Detik

Hidangan ini juga segar, lho, mommies. Biasanya mi kangkung berkuah kental dan disajikan dengan kangkung, bakso dan jamur. Hidangan ini adalah hidangan khas Betawi.

Baca juga: 5 Resep Sahur Praktis dan Sederhana

Image: Freepik

Sup Seafood Asam Pedas

Segar banget, deh, sup seafood ini. Pembuatannya juga nggak susah. Pas buat mommies yang ingin hidangan Lebaran serba cepat. Menyiapkan bumbunya nggak sampai setengah jam. Lalu tinggal cemplung-cemplung saja bakso udang, bakso ikan, kepiting, potongan ikan kakap, hingga otak-otak. 

Rawon

Foto: Detik

Nggak ingin menghidangkan rendang tapi masih ingin mengonsumsi daging sapi? Rawon juga bisa jadi alternatif hidangan untuk Hari Raya, mommies. Sama-sama dari daging sapi, bedanya yang ini lebih segar. 

Sate Lilit Bali

Foto: Pinterest Cookpad

Siapa bilang hidangan khas Bali nggak bisa jadi hidangan Hari Raya? Sate Lilit yang biasanya menggunakan daging ikan ini pas banget disajikan untuk makan bersama di Hari Raya Idul Fitri, kok. Cocok lagi buat anak-anak. 

JJajangmyeon

Foto: Asian Food Network

Yang lagi suka Korea, siapa bilang nggak boleh menghidangkan ramyeon khas Korea yang bersaus kedelai hitam ini. Tambahkan daging saikoro, hmmm...nggak bakal ada yang nolak pasti. 

Sop Buntut

Foto: DetikFood

Mau sop buntut plus iga, atau pun sop buntut goreng, sama-sama enak dan pasti bakal jadi favorit keluarga di Hari Raya.

Baca juga: Rekomendasi Frozen Food Penolong di Bulan Puasa

Bola-Bola Cokelat

hidan

Foto: Multicultural Table

Biarkan nastar dan kastengel buat yang dewasa, bola-bola cokelat pasti bakal jadi favorit anak-anak di rumah.

Green Tea Almond

Foto: Cookpad

Bahan utamanya biasanya bubuk teh hijau yang akan memberikan warna hijau alami dan aroma teh yang segar. Plus ditambah kacang almond yang crunchy, yum!

Hidangan Lebaran: Kue Kacang Jadul

Foto: Cookpad

Kalau makan kue ini, jadi ingat kue di rumah nenek, ya? Pasti selalu ada kue kacang ini. Walau rasanya tak sefenomenal kastengel atau nastar, tetap memberikan rasa manis nostalgia. 

Telur Gabus

Foto: Pinterest Cookpad

Ini merupakan kue atau snack tanpa oven yang bisa disajikan di dalam toples selama hari Raya. Hati-hati nggak berhenti tangan masuk ke dalam toples. 

Hidangan Lebaran: Stik Bawang

Stik bawang adalah salah satu camilan klasik yang dimasak dengan cara digoreng.  Sebenarnya mirip pangsit goreng, tapi bentuknya lebih kecil dan bisa sekali hap.

Kuker Semprit

ide hidangan lebaran dan kue kering

Foto: Detikfood

Kuker ini walau rasanya garing dan renyah, bahan-bahannya juga sederhana. Paling gampang, deh, kalau disuruh bikin kuker Semprit ini. 

Kuker Brownies Kering

Bentuknya seperti pie mini, di tengahnya adonan brownies yang dipanggang. Rasanya, hmmm…

Butter Cookies

Foto: Browneyedbaker

Cara membuatnya, pun, mudah. Nggak sempat bikin? Don’t worry mommies, yang jual banyak banget. 

Kue Bangkit

Foto: Wikipedia

Kuker ini sebenarnya kue kering khas Riau. Sekali masuk mulut, nggak perlu dikunyah bisa langsung lumer di dalam. 

Keciput

Foto: Detikfood

Kuker yang satu ini mirip banget dengan onde-onde, bedanya yang ini ukurannya mini dan lebih kering dari onde-onde tanpa isi. 

Kue Tambang

Kue Tambang disebut juga dengan kue untir-untir karena saat proses pembuatannya, adonan dipilin dan dipelintir seperti tali tambang. Pas banget jadi teman nonton acara Lebaran di TV. 

Baca juga: 10 Online Shop Buat Beli Baju Lebaran

 

PAGES:

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan